Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Ukuran Thumbnail Youtube

3 min read

Apa itu Thumbnail Youtube

Thumbnail Youtube adalah salah satu faktor yang membuat video Youtube dilihat banyak orang. Karena itu, membuat dan meng-upload thumbnail Youtube harus dilakukan dengan benar, salah satunya adalah mengerti dengan benar ukuran thumbnail Youtube yang tepat sesuai aturan.

Persaingan menjadi Youtuber memang tidak mudah, ada jutaan orang yang upload video setiap hari berharap mendapatkan traffic yang tinggi. Persaingan yang sengit ini tidak boleh membuatmu lupa dari detail kecil, yang mana termasuk vital, yaitu Thumbnail Youtube.

Apa itu Thumbnail Youtube?

Apa itu Thumbnail Youtube

Apa sih sebenarnya pengertian dari thumbnail Youtube? Youtuber harus tahu apa itu thumbnail Youtube, karena bisa menjadi faktor penyebab bertambahnya viewer dan subscriber. Thumbnail yang menarik dan bikin penasaran memang memiliki peluang di-klik lebih besar.

Jadi, thumbnail adalah gambar kecil di Youtube yang bisa di-klik, yang akan mengarahkan pengguna ke halaman putar video. Selain di homepage Youtube, kamu juga bisa menemukan thumbnail Youtube di halaman video (jika membua Youtube di mode default) atau di akhir video (suggestion).

Ada dua Thumbnail Youtube yang bisa kamu pilih ketika ingin upload vidoe ke Yotube, yaitu :

  • Default Thumbnail, yaitu 3 thumbnail yang diambilkan dari video secara otomatis ketika kamu selesai upload video ke Youtube.
  • Custom Thumbnail, yaitu thumbnail yang kamu buat sendiri sesuai keinginan dan kreativitas menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop dan semacamnya.

Namun tahukah kamu fungsi sesungguhnya dari thumbnail Youtube? Ada banyak, beberapa di antaranya adalah :

  • Layaknya sebuah cover sebuah buka, thumbnail bisa memberikan gambaran sekilas tentang isi dari video yang kamu upload ke Youtube. Teks di dalam thumbnail juga sangat informatif, meskipun sedikit tetap membuat calon viewer penasaran.
  • Thumbnail bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian calon viewer, jadi thumbnail yang menarik memiliki peluang lebih besar untuk dilihat oleh pengunjung daripada tumbnail yang biasa saja.
  • Thumbnail bisa menjadi impresi pertama yang dipikirkan pengunjung tentang video yang kamu upload, jika bentuknya menarik dan bikin penasaran, mereka tidak ragu untuk menonton video hingga akhir.
  • Thumbnail juga bisa meningkatkan conversion rate, utamanya ketika dibagikan ke platform lain seperti media sosial, website dan lain sebagainya. Jadi, ketika thumbnail yang kamu buat sangat menarik, maka akan efektif untuk mendapatkan traffic maupun views dari platform lain.

Ukuran Thumbnail Youtube

Ukuran Thumbnail Youtube

Jadi, berapa ukuran thumbnail Youtube yang tepat? Seperti yang disinggung di atas, kamu harus membuat thumbnail sesuai aturan yang ditetapkan oleh Youtube. Sesuai rekomendasi Youtube Studio App Center, ukuran thumbnail Youtube yang tepat adalah :

  • Resolusi gambar yang disarankan adalah 1280 x 720, dengan lebar minimal 640 pixels.
  • Format gambar yang dibolehkan ada 4, yaitu PNG, BMP, GIF dan JPG.
  • Maksimal ukuran gambar gambar thumbnail yang dibolehkan adalah 2 MB.
  • Aspek rasio gambar yang dibolehkan adalah 16:9.

Berikut kami jelaskan secara singkat cara membuat ukuran gambar thumbnail Youtube sederhana menggunakan Canva. Disarankan untuk menggunakan PC agar lebih mudah dan fleksibel, caranya adalah :

  • Buka browser dan masuk ke Canva, yang beralamatkan di https://www.canva.com/.
  • Selanjutnya Sign Up untuk mendaftar atau Log In jika sudah memiliki akun.
  • Jika sudah, sekarang ketikkan Youtube thumbnail di kolom pencarian Canva.
  • Setelah muncul hasilnya, klik Youtube Thumbnail. Ukurannya sudah sesuai dengan Youtube Studio App Center, yaitu 1280 x 720, jadi kamu tidak perlu mengaturnya secara manual.
  • Setelah masuk ke menu edit Canva, silakan edit thumbnail sesuai selara, kamu juga bisa menggunakan template yang disediakan oleh Canva.
  • Jangan lupa untuk menambahkan teks, edit background, menambahkan foto dan lain sebagainya.
  • Jika hasil edit sudah pas, kamu bisa download hasilnya dalam format PNG, JPG, GIF maupun BMP agar diterima oleh Youtube.
  • Selesai, sekarang kamu tinggal upload thumbnail tersebut bersamaan dengan videonya.

Selain Canva, tool lain yang bisa kamu gunakan adalah :

  • PicMonkey
  • Crello
  • Placeit
  • Snappa
  • Adobe Spark
  • PixTeller

Tips Membuat Thumbnail Youtube

Tips Membuat Thumbnail Youtube

1. Pahami Aturan Youtube

Pahami Aturan Youtube

Sebelum membuat thumbnail Youtube, kamu harus paham aturan yang dibuat oleh Pedoman Komunitas Youtube. Di sana kamu bisa menemukan sumber terpercaya tentang aturan thumbnail, mulai dari ukuran panjang dan lebar, ukuran gambar, format gambar dan lain sebagainya.

Jangan membuat thumbnail yang mengandung gambar atau teks terlarang, di antaranya adalah :

  • Hate speech
  • Hoax
  • Pornografi
  • Kekerasan
  • Narkoba dan hal-hal terlarang lainnya.

Jika thumbnail yang kamu buat mengandung salah satu dari hal di atas, Youtube akan monolaknya bahkan menghapusnya.

2. Gunakan Foto Pribadi

Ketika kamu ingin membuat thumbnail Youtube, usahakan menggunakan foto probadi alias milikmu sendiri. Jangan menggunakan foto orang lain, karena bisa menyalahi hak cipta (copy rigth), yang akan mengganggu usahamu untuk mendapatkan adsense.

Hindari juga meniru thumbnail milik orang lain, karena kamu bisa disangka plagiator. Youtube memang tidak akan menghapusnya, namun viewer pemilik thumbnail yang kamu tiru akan melaporkannya sehingga video kamu bisa di-take down.

3. Gambar Harus Jelas

Thumbnail Youtube yang dibuat juga harus jelas, entah dari gambar maupun teks di dalamnya. Usahakan menggunakan gambar dengan resolusi yang baik, jadi ketika di-upload, resolusinya tidak berubah menjadi jelek.

Jangan lupa untuk memadukan gambar dan teks di thumbnail dengan grafis, yang bisa diambil dari video. Hal ini akan membuat thumbnail lebih menarik dan profesional, sehingga banyak pengunjung Youtube yang akan menontonnya.

4. Berikan Teks Judul di Thumbnail

Jangan hanya membuat thumbnail berisi gambar yang polos, kamu juga harus menambahkan teks agar thumbnail lebih komunikatif. Buat teks yang semenarik (sedikit mengandung click bait juga tidak masalah) sehingga orang pada penasaran untuk membukanya.

Selain menarik, teks juga harus mengandung keyword yang sedang populer dan dicari banyak orang. Seperti Google, Youtube juga memiliki menu pencarian, jadi ketika keyword yang kamu gunakan pas, peluang video berada di urutan atas di hasil pencarian juga besar.

5. Gunakan Font yang Simple

Terakhir, kamu bisa menggunakan font yang simple dan tidak berlebihan, banyak orang lebih menyukainya daripada font yang aneh dan rumit. Font yang simple juga mencerminkan kedewasaan, jadi orang akan percaya dengan isi video di pandangan pertama.

Selain itu, jika kamu telah menggunakan satu font, maka usahakan untuk terus konsisten menggunakan font tersebut setiap kali membuat thumbnail Youtube. Jadi, sebelumnya kamu bisa riset terlebih dahulu untuk menemukan font yang tepat.

Ukuran thumbnail Youtube sudah diatur di Pedoman Komunitas Youtube, jadi kamu harus menaatinya agar thumbnail yang kamu buat diterima. Ingat untuk selalu kreatif ketika membuat thumbnail dan mengindari hal terlarang, agar video dilihat banyak pengunjung dan menjadi subscriber.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *