Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Ukuran Kartu ATM

2 min read

Ukuran Kartu ATM

Ukuran Kartu ATM – ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan salah satu alat pembayaran yang sangat multifungsi dan mudah digunakan dalam kegiatan bertransaksi.

ATM ada banyak jenisnya, tergantung Bank yang mengelola. Meski begitu, secara umum ukuran standar kartu ATM yang digunakan di Indonesia tetaplah sama.

Mengetahui ukuran ATM mungkin tidak terlalu bermanfaat bagi masyarakat umum. Namun bagi pihak terkait, seperti pembuat kartu ATM atau pegawai bank, informasi seperti ini bisa jadi sangat penting.

Ukuran Kartu ATM Dalam MM dan CM

Ukuran Kartu ATM Dalam MM dan CM

Kebanyakan orang hanya tahu apa tujuan dan manfaat kartu ATM. Namun, sedikit orang yang mengenal spesifikasi dari kartu ATM yang mereka gunakan, baik itu material hingga ukuran ATM sesuai standar.

Mungkin pembahasan yang satu ini dirasa tidak terlalu penting, tapi informasi berikut bisa menambah wawasan jika sewaktu-waktu kamu mengalami masalah terkait hal ini.

Berikut detail ukuran kartu ATM dalam MM dan CM:

Jenis ATM Ukuran
Panjang ATM dalam MM 85.60 MM
Lebar ATM dalam MM 53.98 MM
Panjang ATM dalam CM 8.56 CM
Lebar ATM dalam CM 5.39 CM
Sudut Tumpul Radius 2.88 – 3.48 MM

Tabel ukuran di atas mengikuti standar ISO dengan format ID-1.

Meskipun di beberapa negara menggunakan ukuran ATM yang sedikit berbeda, namun di Indonesia tetap menggunakan format ID-1 untuk ukuran ATM maupun KTP.

Jadi, jangan heran jika ukuran standar dari kedua jenis kartu tersebut sama.

Ukuran Kartu ATM Standar Internasional

Ukuran Kartu ATM Standar Internasional

Setelah mengetahui ukuran dalam mm dan cm, selanjutnya kita akan membahas ukuran ATM sesuai standar internasional.

Ukuran standar di Indonesia tentu saja berbeda dengan berbagai negara lainnya. Selain peraturan perbankan masing-masing negara berbeda, ada juga organisasi internasional yang mengatur ukuran berbagai macam benda termasuk kartu.

Meski begitu, ada beberapa ukuran standar kartu ATM internasional yang bisa dijadikan patokan untuk semua negara termasuk Indonesia. Inilah ukuran kartu ATM dari berbagai Bank di belahan dunia:

  1. ATM ID-000, ukuran kartu ATM paling kecil yaitu sekitar 2.5 x 1.5 cm.
  2. ATM ID-1, ukuran kartu ATM yang sering digunakan di beberapa negara Asia, yakni berkisar 8.56 x 5.4 cm.
  3. ATM ID-2, ukuran kartu debit yang berada di posisi tengah-tengah dengan detail 10.5 x 7.4 cm.
  4. ATM ID-3, ukuran kartu ATM standar internasional yaitu 12.5 x 8.8 cm.

Meski ukurannya berbeda-beda, namun ciri fisik yang ada dalam kartu ATM hampir sama antara satu dengan yang lainnya. Mulai dari nomor kartu, kode bank, dan tulisan yang dicetak timbul.

Cara Mengatur Ukuran ATM pada Komputer

Cara Mengatur Ukuran ATM pada Komputer

Terkadang seseorang butuh melakukan fotokopi kartu ATM untuk beberapa kebutuhan seperti kelengkapan data dan berkas.

Tapi kenyataannya, kartu ATM tidak boleh difotokopi karena ada chip yang tersimpan di dalamnya. Jika dipaksa untuk di fotokopi, justru bisa membuatnya rusak.

Satu-satunya cara paling efektif untuk memfotokopi tanpa merusak kartu ATM yaitu dengan memfoto kartu tersebut lalu mengeditnya melalui komputer secara manual.

Untuk itu, kamu harus tahu cara mengatur ukuran ATM pada komputer seperti berikut:

  1. Pertama, foto kartu ATM menggunakan kamera ponsel dengan posisi yang tegak. Pastikan jika gambar dan tulisan terlihat jelas, serta tampilannya tidak miring.
  2. Pindahkan foto dari ponsel ke komputer. Kamu bisa kirim lewat bluetooth atau melalui sambungan kabel USB.
  3. Cari folder foto yang tadi dikirim. Klik kanan pilih Copy, dan Paste pada halaman Microsoft Word.
  4. Setelah gambar terbuka, selanjutnya klik kanan pada gambar tersebut dan pilih menu Size and Position yang berada nomor 2 dari bawah.
  5. Pada menu ini kamu akan menemukan kolom Lock Aspect Ratio dan Relative to Original Picture Size. Hilangkan centang pada kolom lock aspect ratio saja.
  6. Selanjutnya, kamu bisa atur lebar pada kolom Width dan tinggi di kolom Height. Ukuran kartu ATM sesuai standar yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  7. Terakhir klik OK. Gambar ATM siap di print dengan warna hitam putih agar terlihat seperti hasil fotokopi.

Ukuran kartu ATM, baik itu dalam CM, MM, ataupun dalam pixel, semuanya bisa kamu ketahui dari informasi di atas. Ukuran standar tersebut sudah digunakan sejak lama, jadi kamu tinggal sesuaikan saja dengan lembaga atau Bank yang membuatnya.

Baca juga: Ukuran ID Card

Tak hanya ATM, sim card, kartu nama, bahkan name tag juga memiliki ukuran standar yang tidak jauh berbeda. Kamu bisa cari informasinya di internet atau melalui website ini.

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *