Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Ukuran ID Card

2 min read

Ukuran ID Card

Ukuran ID Card – ID Card adalah kartu tanda pengenal yang berfungsi untuk menunjukkan identitas seseorang. Dalam ID Card biasanya berisi nama, nomor identitas, status atau jabatan, dan hal-hal lain tergantung penggunaannya.

Karena fungsi utamanya sebagai tanda pengenal, ID card biasanya dipakai untuk beberapa kepentingan seperti berikut.

  • Kartu identitas dari status kewarganegaraan (KTP, SIM, paspor)
  • Kartu kredit dan debit
  • Status dan jabatan di suatu perusahaan
  • Name tag kepanitiaan atau organisasi
  • Membership gym, game center, atau pusat perbelanjaan
  • Kartu pers, dll.

Mengingat fungsinya yang cukup penting, tentu ID Card tidak boleh dibuat sembarangan. Ada ukuran-ukuran standar yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan, bahan pembuatan ID Card juga harus tebal, kaku, dan kedap air.

Membahas soal ukuran ID Card, berikut standar ukuran ID Card beserta klasifikasi penggunaan ID Card di kehidupan sehari-hari.

Standar Ukuran ID Card

Standar Ukuran ID Card

Standar ukuran ID Card memang bermacam-macam. Semuanya tergantung fungsi dan tujuan untuk apa ID card tersebut digunakan.

Secara umum, ID Card memiliki banyak jenis seperti KTP, eKTP, kartu pengenal PNS, kartu pelajar, kartu nama pribadi, kartu panitia, name tag, dan lainnya.

Nah sebagai referensi, berikut ukuran standar ID Card beserta penggunaannya yang telah kami rangkum dalam bentuk tabel.

Penggunaan ID Card Ukuran Dalam MM Ukuran Dalam CM
Name Tag & Kartu Panitia 105 x 74 mm10.5 x 7.4 cm
Kartu nama pribadi, kartu pelajar, kartu nama perusahaan 90 x 53 mm9 x 5.3 cm
KTP, KTP Elektronik, ATM, kartu debit, & kartu pengenal PNS85.6 x 53.98 mm (Standar ISO)8,56 x 5,39 cm

Klasifikasi Penggunaan ID Card dan Name Tag

Klasifikasi Penggunaan ID Card dan Name Tag

 

Banyak orang beranggapan semua ID Card sama. Padahal, ID Card dan Name Tag memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai fungsi dan penggunaanya.

Ketebalan dan dimensi yang dimiliki ID Card juga tidak semua sama. Misalnya saja ukuran ID Card karyawan atau panitia dalam suatu acara tentu berbeda dengan ID Card resmi dari pemerintah seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Jika diklasifikasikan berdasarkan kertas yang digunakan, maka ID Card dan Name Tag dibedakan menjadi beberapa ukuran seperti berikut:

1. Ukuran Kertas ID Card B1

Ukuran kertas ID Card B1 tergolong kecil dengan detail 10.2 x 6.5 cm. Jenis kertas yang satu ini banyak digunakan untuk mencetak ID card panitia dalam sebuah event yang biasanya dikaitkan dengan tali lanyard.

2. Ukuran Kertas ID Card B2

Selanjutnya adalah ukuran kertas ID Card B2 yang memiliki detail 12.6 x 7.9 cm. Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, ukuran kertas ini juga sering digunakan sebagai ID card panitia.

Hanya saja, kertas B2 menawarkan detail tulisan dan gambar yang lebih jelas karena ukurannya sedikit lebih besar.

3. Ukuran Kertas ID Card B3

ID Card B3 lebih sering digunakan pada event atau acara yang eksklusif seperti acara besar di sebuah perusahaan atau kartu karyawan yang bekerja. Kertas B3 sendiri memiliki ukuran 12.6 x 9.5 cm.

4. Ukuran Kertas ID Card B4

Hanya berbeda pada bagian panjangnya, ukuran spesifik kertas ID card B4 adalah 13.5 x 9.5 cm. Sedangkan ukuran plastik yang dipakai untuk melindungi ID card tersebut adalah 15 x 10.5 cm.

5. Ukuran Kertas ID Card A1

Setelah membahas ukuran kertas ID card seri B, selanjutnya kita beralih ke seri A. Kertas ID card A1 sendiri memiliki ukuran 10 x 6.8 cm.

Jenis kertas ini sering dipakai dalam bentuk landscape atau mendatar. Sehingga ID card A1 lebih dimanfaatkan sebagai kartu pengenal yang disimpan, bukan dipajang sebagai atribut seperti ID card yang potrait.

6. Ukuran Kertas ID Card A2

Tak jauh berbeda dengan ID card A1, ukuran kertas A2 memiliki panjang dan lebar 10.6 x 8.2 cm. Pemanfaatannya pun sama, yaitu sebagai kartu pengenal dalam bentuk mendatar.

Cara Menerapkan Ukuran Standar ID Card dan Name Tag

Cara Menerapkan Ukuran Standar ID Card dan Name Tag

Nah, kalau kamu ingin membuat ID Card atau Name Tag sendiri menggunakan ukuran-ukuran di atas, ada beberapa cara yang harus diterapkan. Berikut diantaranya:

1. Membuat Desain

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat ID card adalah menentukan desainnya terlebih dahulu. Mulai dari font, warna, dan foto, semuanya harus dipersiapkan.

Dalam membuat ID card atau Name tag, ada banyak aplikasi dan software gratis yang bisa kamu manfaatkan, seperti Photoshop, Canva, maupun Coreldraw.

2. Sisipkan Foto

Pilih foto formal dengan ukuran dan kualitas yang baik. Usahakan untuk memilih foto dengan resolusi yang tinggi agar hasilnya tidak buram atau pecah saat dicetak nanti.

Setelah foto dipilih, selanjutnya kamu bisa langsung menyisipkan foto pada aplikasi desain yang digunakan.

3. Sesuaikan Ukuran

Tentukan ukuran ID Card sesuai jenis dan keinginan. Kamu bisa mengubah ukurannya melalui fitur atau pengaturan yang ada di aplikasi.

Nah, kalau kamu ingin mencetak ID card dengan jumlah yang banyak dalam satu kertas, lebih baik sesuaikan desain yang sudah jadi menggunakan Microsoft Word. Caranya seperti berikut:

  • Copy desain ID Card yang sudah jadi pada halaman word.
  • Klik kanan dan pilih opsi Size. Setelah itu, tentukan ukuran yang diinginkan lalu tekan OK.

Nah, setelah mengetahui ukuran ID Card secara umum, selanjutnya kamu bisa membuat ID Card sendiri menggunakan aplikasi desain yang ada. Salah satunya adalah Photoshop. Di Photoshop, kamu bisa membuat desain ID Card sesuai keinginan.

Yup, cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya!

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Ukuran X Banner

Pras
2 min read

Ukuran Kartu ATM

Pras
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *