Beranda » Desain » Ukuran Foto » Ukuran Foto 8R

Ukuran Foto 8R

Kunci mencetak foto yang sesuai keinginan adalah mengetahui ukurannya. Dengan memasukkan ukuran yang tepat, maka kamu tidak akan kecewa dengan hasilnya. Termasuk ketika hendak mencetak ukuran foto 8R yang biasa digunakan untuk pajangan foto di dinding.

Pada dasarnya, foto berukuran 8R cukup ideal untuk memajang momen berkesan karena tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Mungkin kamu akan sedikit kebingungan saat pertama kali akan mencetak foto dengan ukuran ini. Tidak perlu khawatir, ulasan mengenai foto berukuran 8R di bawah ini akan membantu.

Ukuran Foto 8R dalam Berbagai Satuan dan Tabel

Ukuran Foto 8R

Tidak sulit jika ingin mengatur ukuran foto menjadi 8R. Kamu tinggal memahami cara konversi ukuran tersebut ke satuan ukuran lainnya. Ukuran 8R pada foto bisa diubah ke satuan populer lainnya misalnya mm, cm, dan inci.

Dengan mengetahui ukuran foto yang tepat, tidak akan sulit untuk kamu mencetak foto ukuran 8R. Dengan demikian, kamu bisa mencetak foto sendiri untuk dijadikan pajangan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak konversi foto berukuran 8R ke satuan lainnya berikut ini.

Ukuran fotommcminci
8R203 x 25420.3 x 25.48 x 10

1. Ukuran Foto 8R dalam MM

Pada dasarnya, kamu bisa mengkonversi foto berukuran 8R ini ke satuan mm dengan mudah. Adapun foto ukuran 8R dalam satuan mm adalah 203 x 254 mm. Artinya, foto yang hendak dicetak memiliki panjang 254 mm dan lebarnya 203 mm.

2. Ukuran Foto 8R dalam CM

Berapa cm foto berukuran 8R jika dikonversikan? Nah, foto berukuran 8R jika diubah menjadi cm adalah sebesar 20.3 x 25.4 cm. Itu berarti panjang foto tersebut adalah 25.4 cm dan lebar 20.3 cm.

3. Ukuran Foto 8R dalam Inci

Jika diubah menjadi satuan inci, foto berukuran 8R akan menjadi 9 x 10 ini. Adapun panjang foto tersebut adalah 10 inci, sedangkan lebarnya sebesar 8 inci.

Cara Membuat Ukuran Foto 8R di Photoshop

Cara Membuat Ukuran Foto 8R di Photoshop

Mungkin kamu sudah mengetahui jika Photoshop menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengedit foto. Tak terkecuali saat penggunanya hendak mengatur foto ukuran 8R atau ukuran lainnya sesuai kebutuhan. Meski ada juga pengguna lain yang mengubah ukuran foto di Word.

Tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu menjadi seorang expert Photoshop untuk melakukan hal ini. Pada dasarnya, tools yang dibutuhkan untuk mengatur ukuran foto relatif mudah digunakan siapa saja. Jangan lupa pula untuk menyiapkan ukuran kertas foto 8R yang berkualitas.

Nah, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka software Photoshop yang sudah terinstall di PC/laptop. Apabila kamu belum memilikinya, silahkan download terlebih dahulu software Photoshop disini.

Jika sudah berhasil menginstallnya, simak langkah-langkah mencetak foto berukuran 8R ini di Photoshop.

  • Mengaktifkan Crop Tool

Setelah tampilan utama Photoshop terbuka, kamu akan mendapati berbagai tools di dalamnya. Nah, opsi yang perlu dipilih adalah Crop Tool. Tidak hanya melalui ikon, pengguna juga bisa mengaktifkan Crop Tool dengan menekan shortcut huruf C di keyboard.

  • Menentukan Width (Lebar) & Height (Tinggi) Foto

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan resolusi foto, yaitu lebar dan tingginya. Pada ulasan kali ini, ukuran foto yang diperlukan adalah 8R. Maka silahkan masukkan ukuran 20.3 pada kolom width dan 25.4 pada kolok height.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menentukan resolusi foto agar hasilnya tidak buram. Untuk foto berukuran 8R, resolusi yang disarankan adalah 750 piksel.

  • Memangkas Gambar (Crop)

Setelah menentukan lebar dan tinggi foto, selanjutnya adalah melakukan crop. Pada bagian ini, kamu harus menggunakan tools untuk memangkas gambar dengan baik. Cara melakukan crop yang baik adalah dengan klik pada foto lalu tahan dan geser ke arah berlawanan.

Setelah itu, klik Enter untuk mengakhiri proses crop ini. Gunakan tools ini dengan baik agar kamu bisa mendapatkan ukuran foto yang sesuai ya.

  • Menyimpan Foto

Setelah mengatur ukuran foto sesuai kebutuhan, maka sebaiknya langsung simpan foto agar pengaturan yang sudah dilakukan tidak hilang. Untuk menyimpan foto yang sudah di edit di Photoshop, caranya sangat mudah.

Kamu tinggal klik menu File lalu pilih New. Selanjutnya, akan ditampilkan tab New Photoshop lalu pilih opsi Custom.

  • Beri Nama File

Agar file yang disimpan lebih mudah dikenali, sebaiknya beri nama file tersebut pada kotak dialog Name. Pastikan untuk menyisipkan nama “8R” agar lebih mudah jika hendak menggunakan file foto tersebut.

Selanjutnya, isi kolom yang ditampilkan sesuai standar foto berukuran 8R. Terutama pada kolom width, height, dan resolution yang tidak boleh dikosongkan. Kamu bebas menggunakan satuan manapun baik cm maupun inci.

Namun, tetap pastikan ukuran yang dimasukkan sudah sesuai dengan menggunakan patokan konversi yang sudah disebutkan di atas ya.

  • Klik Save Preset

Jika kolom-kolom ukuran sudah diisi dengan angka yang sesuai, langkah selanjutnya tinggal menyimpannya dengan klik Save Preset.  Kotak dialog Preset Name akan ditampilkan, isikan kolom yang disediakan dengan ukuran foto yang dibuat  yaitu 8R.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kini kamu sudah memiliki foto berukuran 8R menggunakan software Photoshop. Untuk membuka file tersebut, tinggal buka aplikasi Photoshop lalu pilih menu File.

Setelah itu, klik New jika ingin memulai mencetak foto. Sedangkan jika ingin melihat hasil pembuatan foto 8R sebelumnya, tinggal klik Preset.

Lihat Juga Ukuran Lainnya :

Membuat ukuran foto 8R memang tergolong mudah jika kamu mengetahui konversi yang tepat sesuai satuan ukur lainnya. Jika sudah mengetahui nilai konversinya, maka tinggal dimasukkan saja pada kolon yang disediakan di aplikasi Photoshop.

Leave a Comment