Beranda » Desain » Ukuran Foto » Ukuran Foto 5R

Ukuran Foto 5R

Ada beragam ukuran foto yang biasa dipakai dalam percetakan, salah satunya adalah ukuran foto 5R. Ukuran foto tersebut lebih besar dibandingkan dengan 3R dan 4R. Karena ukurannya yang lebih besar, foto dengan ukuran ini cocok untuk pajangan dinding atau meja.

Untuk memperindah tampilan foto dan melindunginya agar tetap awet, kamu memerlukan bingkai atau frame. Karena ukuran bingkai biasanya dinyatakan dalam cm (centimeter), kamu perlu mengetahui ukuran kertas foto 5R.

Ukuran Foto 5R dalam Satuan MM, CM, dan Inchi

Ukuran Foto 5R

Berapa cm panjang dan lebar foto dengan ukuran 5R? Lihat tabel di bawah ini supaya kamu lebih mudah memahaminya.

SatuanWidth (lebar)Height (tinggi)
MM127 mm178 mm
CM12,7 cm17,8 cm
Inci5 inci7 inci

Beberapa ukuran bingkai atau frame yang dijual di pasaran ditulis dalam mm (milimeter) dan inch. Oleh sebab itu, tabel di atas juga menginformasikan padanan ukuran dengan satuan lainnya.

Penggunaan Foto dengan Ukuran 5R

Penggunaan Foto dengan Ukuran 5R

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa foto dengan ukuran 5R biasa dipakai untuk hiasan dinding dan pajangan di meja.

Foto dengan ukuran 5R memang sangat jarang dijumpai pada album foto karena terlalu besar. Namun ukuran ini ideal jika dipakai untuk hiasan dinding dan meja. Gambar bisa terlihat dengan jelas meski dilihat dari jarak yang agak jauh.

Ukuran 5R masih termasuk belum terlalu besar untuk sejenis hiasan dinding. Foto dengan ukuran tersebut lebih cocok dipajang di ruangan berukuran kecil agar dinding tidak tampak terlalu penuh. Kamu dapat memajang beberapa frame 5R sekaligus untuk satu dinding.

Tips Membeli Bingkai untuk Foto Ukuran 5R

1. Ukuran Bingkai Foto 5R yang Sesuai

Ukuran Bingkai Foto 5R yang Sesuai

Ukuran adalah hal paling krusial dan wajib diperhatikan dalam pemilihan frame. Supaya tidak salah pilih, sebainya catat ukuran 5R foto seperti yang sudah dijelaskan di atas. Cocokkan ukuran tersebut dengan bingkai-bingkai yang ada di toko.

Tidak ada salahnya jika kamu memilih ukuran bingkai yang sedikit lebih besar dibandingkan ukuran foto. Misalnya kamu lebihkan beberapa cm dari ukuran asli. Hal ini dilakukan untuk mencegah foto terlipat ketika dimasukkan ke bingkai.

2. Material Bingkai

Material Bingkai

Tak cuma ukuran, material atau bahan pembuat bingkai juga tak boleh luput dari perhatianmu. Ada dua jenis material bingkai yang beredar di pasaran, yaitu kayu dan plastik.

Bingkai plastik lebih cocok untuk foto-foto yang sifatnya non formal atau lebih santai. Contohnya foto ketika wisata, acara ulang tahun, dan foto ketika berkumpul bersama teman atau pasangan.

Sementara bingkai kayu lebih dikhususkan untuk foto-foto formal atau resmi. Contohnya foto resmi keluarga, foto wisuda, dan foto pernikahan.

Perhatikan juga ruangan yang akan kamu gunakan untuk menempatkan foto tersebut. Contohnya ruangan dengan konsep minimalis akan lebih cocok jika dipadukan dengan frame foto berbahan plastik.

3. Pilih Warna yang Tepat

Pilih Warna yang Tepat

Warna menjadi faktor yang paling sering dilupakan ketika memilih bingkai foto. Padahal warna juga memegang peran penting untuk menciptakan keselarasan dengan foto. Usahakan memilih warna bingkai yang sesuai dengan tema foto.

Pastikan bahwa warna bingkai tidak menjadi point of interest. Jadi, pilihlah bingkai yang netral saja sehingga orang akan tetap fokus melihat foto di dalam bingkai tersebut.

Bingkai atau frame foto tak hanya berperan melindungi foto dari kerusakan. Bingkai foto memiliki peran yang besar juga dalam menciptakan nuansa di sebuah ruangan. Oleh sebab itu, sesuaikan juga warna bingkai foto dengan warna-warna ornamen di ruangan agar tampak harmonis.

Memilih frame untuk ukuran foto 5R memang harus lebih teliti. Pasalnya, ukuran tersebut termasuk cukup besar. Jadi, kamu wajib memperhatikan setiap detailnya agar tidak “merusak” foto atau nuansa ruangan.

Leave a Comment