Beranda » Aplikasi » 10 Rekomendasi Software Presentasi Terbaik, Selain Powerpoint !

10 Rekomendasi Software Presentasi Terbaik, Selain Powerpoint !

Presentasi yang sukses biasanya didukung oleh software presentasi berkualitas. Kalau kamu biasa membuat presentasi menggunakan alat sejuta umat alias PowerPoint, kamu perlu sedikit keluar dari zona nyaman. Ada banyak banget software yang bisa kamu pakai buat bikin presentasi yang menarik, lho.

Masing-masing aplikasi buat presentasi yang bakal kamu lihat di bawah ini punya keunggulannya sendiri. Sudah waktunya kamu move on dan beralih ke salah satu dari sepuluh rekomendasi aplikasi presentasi berikut ini:

10 Aplikasi untuk Presentasi Terbaik Selain PowerPoint

Presentasi bisnis, kuliah, dan sekolah, akan jadi lebih menarik jika dibuat menggunakan alat yang terbaik.

Jadi, pastikan kamu mencoba aplikasi presentasi online atau software presentasi offline selain PowerPoint, yang akan sangat menunjang penyampaian hasil risetmu.

1. Visme

Visme

Segala sesuatu yang kamu perlukan buat bikin presentasi yang menarik ada di Visme. Aplikasi ini menyediakan visualisasi data, infografis, resume, laporan, dan demo produk serta berbagai template.

Tampilan backgroundnya mempunyai kualitas HD. Layout yang tersedia pun terlihat sangat profesional.

Nggak cuma itu, ada jutaan gambar yang bisa kamu dapatkan gratis, ribuan ikon vektor dan alat grafik, serta ratusan font berbeda yang pastinya akan membuat presentasimu terlihat makin mantap.

Visme juga adalah alat yang cocok untuk menciptakan konten visual dengan audio, animasi, dan interaktivitas penuh.

Langsung saja jelajahi semua fitur dan keunggulan Visme dengan membuat presentasimu lewat link ini:

Setelah membuat presentasimu di situs web Visme, kamu bisa langsung membagikan hasil presentasinya secara online dan mendownload hasil presentasinya ke PC kamu.

2. Academic Presenter

Academic Presenter

Seperti halnya PowerPoint, Academic Presenter bisa digunakan untuk membuat presentasi secara offline.

Salah satu keunggulan Academic Presenter adalah fitur khusus yang disediakan untuk membuat grafik menarik, sehingga bisa kamu pakai untuk presentasi di kantor.

Hasil presentasi yang kamu kerjakan menggunakan Academic Presenter juga bisa kamu bagikan secara online.

Tinggal kamu pilih saja cara membagikannya, bisa via email, blog, atau cara lainnya. Nah, untuk download software ini kamu tinggal ke situs web resminya saja atau klik salah satu link ini:

3. Prezi

Prezi

Bikin presentasi nonlinear jadi makin gampang berkat Prezi. Prezi sendiri adalah software presentasi berbasis cloud yang memungkinkanmu untuk melihat serta mengedit presentasi lewat perangkat apapun. Hasil presentasi yang kamu buat di Prezi akan langsung disimpan di Cloud.

Tapi kamu juga bisa menggunakan Prezi secara offline, buat menghemat kuota.

Alat ini menghadirkan alat untuk mengedit gambar yang lumayan canggih. Tidak hanya untuk mahasiswa, Prezi juga bisa dipakai oleh pembicara, dosen, bahkan staff kantor.

Dengan bantuan Prezi, presentasimu akan tampil lebih menarik dengan template baru yang keren, animasi zoom out dan zoom in, serta berbagai animasi lain yang luar biasa.

Kamu bisa bikin presentasinya secara online atau download aplikasinya lewat link di bawah ini:

4. Haiku Deck

Haiku Deck

Seperti Prezi, Haiku Deck juga berbasis cloud dan banyak dijadikan alternative, baik untuk PowerPoint maupun untuk Prezi.

Haiku Deck menyediakan berbagai template yang terbagi dalam 27 jenis yang berbeda. Ada 35 juta foto yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan kualitas presentasimu.

Kamu bisa melihat lalu mengedit masing-masing slide di Haiku Deck dengan mudah.

Presentasi yang dibuat menggunakan Haiku Deck juga bisa diekspor ke PDF, Keynote, dan PowerPoint dengan lebih mudah. Haiku Deck juga menawarkan visual yang cukup kuat.

Sayangnya, pilihan kustomisasi yang dimiliki oleh Haiku Deck masih terbatas. Selain itu, setelah habis masa free trial kamu harus berlangganan untuk bisa menggunakan Haiku Deck. Biayanya berlangganannya hanya 5 dollar saja per bulan.

Langsung bikin presentasimu di situs berikut ini:

5. Emaze

Emaze

Kalau kamu lagi nyari software presentasi video, pencarianmu berakhir di sini. Emaze merupakan alat presentasi yang sangat sederhana dan menggunakan HTML5.

Kamu bisa menjalankannya di browser apapun dan perangkat apapun. Emaze bisa membantumu membuat presentasi secara kilat.

Emaze juga menyediakan tampilan yang profesional, baik dalam wujud template 2D maupun 3D.

Presentasi yang kamu hasilkan menggunakan Emaze bisa kamu akses secara online karena Emaze juga berbasis cloud, seperti kedua pilihan alternatif PowerPoint yang sebelumnya.

Buat bikin presentasinya, langsung saja ke situs web resmi Emaze ya, atau klik saja link di bawah ini:

6. Keynote

Keynote

Kalau Windows punya PowerPoint, Apple punya Keynote. Keynote adalah software yang sangat bisa diandalkan dan sangat diharapkan oleh para pengguna perangkat Apple.

Keynote hadir dengan tampilan yang intuitif, canggih, serta cerdas. App ini juga hadir dengan berbagai fitur pendukung yang ampuh.

Kamu bisa menambahkan refleksi, membuat grafik yang interaktif, serta melengkapi tiap gambar dengan frame.

Sebanyak 30 lebih efek sinematik tersedia di software presentasi keren ini untuk kamu gunakan pada objek dan teks yang sudah Keynote sediakan sebelumnya.

Melihat serta mengedit presentasi di perangkat iPad atau iPhone menjadi jauh lebih nyaman berkat adanya Keynote.

Sayangnya, untuk menikmati Keynote di perangkat iOS lain kamu perlu membayar 19,99 dolar. Kalau kamu memakainya di Mac kamu nggak perlu bayar apapun.

Lebih baik pasang Keynote di komputer atau laptop Mac saja daripada bayar. Kamu bisa download Keynote langsung di App Store atau lewat klik yang ada di bawah ini:

7. LibreOffice

LibreOffice

Aplikasi untuk presentasi yang satu ini juga bisa kamu pakai untuk bikin presentasi yang unik dan keren secara online.

Ada banyak tools dan fitur unik yang akan kamu temukan di LibreOffice, sehingga kamu nggak bakal bosen waktu bikin presentasi tugas sekolah atau presentasi kantor.

LibreOffice juga sangat rajin menambahkan upgrade ke aplikasi ini, jadi kamu akan selalu mendapati berbagai fitur baru yang sangat menarik.

Misalnya, salah satu fitur terbaru aplikasi ini adalah hadirnya kemampuan ekspor baru yaitu kamu bisa mengekspor presentasi buatanmu ke bentuk ePUB.

Contoh lainnya adalah adanya fitur Spreadsheets yang ditambahkan ke aplikasi online ini.

Sekarang presentasimu bisa jadi lebih berwarna berkat LibreOffice yang kaya fitur. Kalau kamu tertarik untuk download aplikasi ini, kamu bisa langsung ke situs web di bawah untuk download softwarenya:

Jangan lupa pilih software yang cocok sama komputer kamu, ya. Versi terbaru LibreOffice, yaitu versi 7.1.0 tersedia buat Windows, baik yang 64-bit maupun yang 32-bit, Mac OS 64-bit, Linux 64-bit baik versi rpm maupun deb.

Kalau komputermu kurang mumpuni, kamu bisa download versi yang lebih lawasnya.

8. Slides

Slides

Software presentasi terbaik berikutnya adalah Slides yang juga berbasis cloud. Slides menawarkan interface yang mudah untuk kamu gunakan.

Aplikasi ini merupakan sebuah editor untuk membuat presentasimu tampak lebih indah dengan menambahkan background pada presentasi.

Dengan menggunakan Slides kamu juga bisa menggunakan banyak tema dan desain.

App ini juga bisa mempermudah kamu untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan satu tim dalam menyampaikan presentasi yang persuasif.

Hasil presentasi yang dibuat dengan menggunakan Slides bisa digunakan diakses dari berbagai jenis perangkat. Slides sangat cocok buat kamu yang masih baru dalam hal presentasi.

Selain berbasis cloud, Slides juga bisa kamu akses secara offline. Untuk menggunakan Slides kamu bisa langsung ke situ ini:

Kalau kamu butuh aplikasi gratis, Slides tampaknya bukan pilihan yang tepat.

Slides mewajibkan setiap pengguna untuk membayar biaya langganan sebesar 6 dolar setiap bulannya. Kalau kamu nggak selalu bikin presentasi setiap hari, jauh lebih baik mencari software presentasi lain yang bisa diperoleh gratis.

9. Slidedog

Slidedog

Sejauh ini bisa dikatakan bahwa Slidedog adalah pilihan paling sempurna.

Software ini adalah solusi buat kamu yang harus sering berpindah dari slide presentasi ke pemutar video, PDF, dan website ketika sedang menyampaikan presentasi kepada banyak orang.

Berpindah dari satu software ke software lain tentu akan menyimpangkan perhatian para audiens dan tentu membuyarkan fokus mereka.

Akibatnya poin penting yang mau kamu sampaikan pun meleset dari target. Beruntung, Slidedog sebagai software untuk presentasi multimedia hadir untuk menolong.

App ini bisa memungkinkan kamu untuk menggabungkan slide presentasi dari PowerPoint dengan slide presentasi dari Prezi, file PDF, halaman web, dan bahkan klip video.

Jadi, kamu bisa beralih ke banyak jenis file berbeda tanpa membubarkan fokus hadirin. Download software ini langsung dari situs webnya:

Slidedog bisa diunduh gratis, tapi pastikan PCmu memenuhi syarat, ya. Syarat minimum untuk app ini antara lain adalah Windows 7, prosesor dengan kecepatan 2.33 GHz, chipset Intel GMA 950, RAM 2GB, dan 1GB ruang yang tersedia di PCmu. Kamu juga bisa download Slidedog di Play Store dan App Store.

10. Zoho Show

Zoho Show

Buat kamu yang suka segala sesuatu yang berbau tradisional, gunakan Zoho Show. Meskipun punya desain tradisional, aplikasi ini berbasis online.

Sebagai software online terpercaya, alat ini bisa membantumu menciptakan dan mengakses presentasi, baik dari browser atau dari perangkat lain.

Pastikan perangkat yang akan kamu gunakan untuk membuat atau mengakses presentasi tersebut tersambung dengan internet.

Zoho Show mengizinkanmu untuk menambahkan transisi dan animasi yang eye-catching pada presentasi yang kamu buat.

Selain itu, kamu pun bisa mengimpor file dengan berbagai format yang berbeda, seperti .sxi, .odp, .ppsx, .pps, .pptx, dan .ppt ke Zoho Show dengan mudah.

Kamu pun bisa berkolaborasi dengan anggota tim dan bahkan audience bisa menuliskan komentar pada hasil presentasi buatanmu menggunakan app ini.

Kamu tinggal klik link di atas untuk mulai membuat presentasi yang lebih menarik.

Semua presentasi yang mengandung infografik dan animasi bisa kamu unduh dan buka dengan PowerPoint. Jadi, kamu nggak perlu khawatir apakah presentasimu bisa disampaikan dengan lancar atau tidak.

Dari sepuluh software presentasi di atas, mana yang mau kamu coba lebih dulu?

Kalau membuat presentasi adalah sebagian dari hidupmu, kamu mungkin perlu berlangganan untuk bisa terus membuat presentasi terbaik. Tapi kalau kamu jarang membuat presentasi, cobalah aplikasi gratis terlebih dahulu.

Kalau presentasi yang akan kamu sampaikan melibatkan tim, pastikan kamu diskusi dulu ya sama semua anggota tim. Setelahnya pilih software yang bisa digunakan oleh tim biar presentasi kamu jadi lebih hidup dan menarik.

Leave a Comment