Beranda » PC » Tutorial » Kursor Laptop Tidak Bergerak

Kursor Laptop Tidak Bergerak

Kursor laptop tidak bergerak merupakan salah satu masalah klasik yang banyak dialami para pengguna laptop. Masalah ini bisa dipicu oleh berbagai hal yang mungkin kita anggap sepele, seperti mouse tidak terpasang dengan benar atau tidak sengaja menonaktifkan fitur touchpad di laptop.

Kursor sendiri adalah bagian paling penting di laptop. Tanpa adanya kursor, kamu tentu akan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan apapun di laptop karena kursor atau pointer tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu mengetahui cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak. Agar jika suatu saat terjadi hal semacam ini, kamu tahu hal apa yang harus dilakukan.

Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak

Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak

Sebelum kita lanjut ke cara mengatasinya, terlebih dahulu kalian harus tahu apa yang menjadi penyebab kursor pada komputer atau laptop tidak mau bergerak.

Ada berbagai alasan mengapa kursor tidak bergerak secara tiba-tiba. Dan yang pasti, semua penyebabnya berkaitan dengan touchpad atau mouse yang digunakan. Berikut beberapa penyebab nya:

  • Mencabut mouse terlalu kasar
  • Touchpad terkena pukulan atau benturan dengan keras
  • Mouse atau touchpad dinonaktifkan
  • Touchpad dalam keadaan kotor
  • Mouse tidak tersambung dengan benar ke PC
  • Driver touchpad hilang
  • Terjadi kesalahan dalam pengaturan touchpad
  • Hardware touchpad atau mouse mengalami kerusakan.

Nah, setelah mengetahui berbagai penyebab mengapa kursor laptop tidak bergerak, sekarang mari simak cara mengatasi kursor laptop yang tidak mau bergerak ini. Berikut ulasannya:

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

1. Aktifkan Touchpad yang Disable

Aktifkan Touchpad yang Disable

Umumnya, beberapa laptop sudah dilengkapi dengan tombol khusus untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Biasanya, touchpad tidak berfungsi bukan karena rusak, tapi bisa saja kamu tanpa sengaja menekan tombol tersebut sehingga fungsinya dinonaktifkan.

Nah, untuk mengatasi masalah ini coba perhatikan tombol F1-F12 di keyboard kamu dan cari tombol yang memiliki icon bergambar touchpad.

Jika sudah ketemu, kamu bisa menekan kombinasi kunci Fn + tombol tersebut untuk mengaktifkan kembali touchpad yang freeze. Misalnya, Fn + F5 atau Fn +F7 tergantung dimana tombol touchpad berada.

2. Cek Pengaturan Mouse

Jika cara diatas masih gagal, kamu bisa coba mengatasi kursor laptop yang tidak bergerak dengan cek pengaturan mouse di control panel. Cara kedua ini memang lebih panjang, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka menu pencarian yang ada di Start, lalu ketik “Control Panel”.
  • Jika sudah masuk ke Control Panel, silahkan klik menu Hardware and Sound.
  • Selanjutnya, klik Mouse di bagian menu Devices and Printers.

Cek Pengaturan Mouse

  • Pilih tab Device Setting kemudian klik Enable. Jangan lupa Apply pengaturan tersebut dan klik OK untuk menyelesaikannya.
  • Selesai, sekarang mouse atau kursor di komputer kamu bisa bergerak dan berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Hapus Perangkat Lunak Mouse

Banyak orang memasang perangkat lunak bawaan mouse di laptop atau komputer untuk tujuan tertentu. Sayangnya, software tersebut bisa menyebabkan kursor eror dan menolak bekerja dengan baik. Untuk itu, sebaiknya hapus software mouse bawaan, lalu restart laptop.

Cara menghapus software mouse pada Windows 7 dan 8 cukup mudah. Pertama tekan logo Windows + R di keyboard secara bersamaan, lalu ketik “devmgmt.msc” dan klik OK. Cari menu Mice and other Pointing Device, lalu klik software yang terinstall. Klik kanan software tersebut dan Uninstall.

Sedangkan untuk Windows 10, kamu bisa menghapus software mouse melalui Control Panel. Buka Control Panel di PC, lalu pilih software yang ingin dihapus dengan cara klik kanan dan Uninstall.

4. Install Driver Touchpad Resmi

Install Driver Touchpad Resmi

Jika kamu menginstall ulang laptop, sudah pasti semua driver di dalam laptop akan hilang. Kemungkinan besar inilah hal yang menyebabkan kursor tidak berfungsi dengan normal.

Untuk itu, kunjungi situs produsen laptop dan cari instalasi driver touchpad yang sesuai. Biasanya, produsen laptop akan menyediakan unduhan driver gratis untuk mengurangi resiko eror. Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi driver pihak ketiga seperti Driver Easy.

5. Perbaiki Laptop

Jika semua metode di atas tidak berfungsi, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membawa laptop ke tukang servis agar segera diperbaiki oleh ahlinya.

Nantinya, pihak servis akan membantumu menemukan penyebab utama kerusakan dan menentukan apakah perangkat dapat diperbaiki atau harus diganti. Berikut beberapa faktor kenapa kursor laptop tidak bergerak:

  • Kabel Putus: Biasanya kursor bermasalah dikarenakan kabel mouse terputus. Sehingga tidak ada konektivitas antara mouse/touchpad dengan komputer yang digunakan.
  • Lampu Mati: Lampu merah menandakan sensor pada mouse. Jadi jika lampu tersebut mati, maka kursor tidak bisa digerakkan lagi.
  • Touchpad Rusak: Jika touchpad rusak, maka satu-satunya jalan harus diganti. Sangat jarang orang dapat mereparasi touchpad, lebih baik ganti touchpad sesuai jenis dan tipe laptop yang digunakan.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki kursor laptop yang tidak mau bergerak. Jika cara-cara di atas masih gagal, memang pilihan terbaik adalah membawa laptop ke tukang servis agar bisa diatasi oleh ahlinya.

Demikian tutorial yang dapat kami sampaikan, semoga informasi kali ini bermanfaat dan bisa menyelesaikan permasalahan kalian ya.

Leave a Comment