Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Upload File di Google Drive

3 min read

Cara Upload File di Google Drive

Cara Upload File di Google Drive – Google Drive bisa dikatakan sebagai salah satu platform penyimpanan berbasis cloud terbaik dan populer saat ini. Dengan menggunakan Google Drive, maka pengguna bisa menyimpan file secara langsung dari perangkat mereka. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa dengan mudah mengakses file serta membagikan file tersebut ke orang lain secara langsung.

Nah, Google Drive sendiri bisa diakses oleh beberapa platform device yang berbeda, mulai dari Windows, Mac, iOS serta Android. Banyaknya dukungan yang disediakan tentu memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna untuk mengakses platform penyimpanan ini. Hanya saja, bagaimana cara upload file di Google Drive tersebut?

Untuk menyimpan file di Google Drive, memang Anda harus melakukan upload file ke platform tersebut. Nah, setelah proses upload selesai, nantinya file akan tersimpan di platform Google Drive dengan aman. Anda bisa membuka file tersebut kapan saja, bahkan menghapusnya jika dirasa tidak diperlukan lagi.

Sebenarnya, langkah untuk upload file di Google Drive cukup mudah. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang langkah-langkah tersebut yang bisa diterapkan via HP ataupun PC. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Cara upload file di Google Drive Dengan Mudah Untuk Pemula

Secara umum, upload file di Google Drive untuk proses penyimpanan cenderung sangat mudah untuk dilakukan. Namun, untuk Anda yang mungkin sebelumnya belum pernah melakukan penyimpanan, berikut akan dibahas beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan ketika upload file di Google Drive baik dengan HP ataupun PC.

1. Cara Upload File di Google Drive Lewat HP

Cara Upload File di Google Drive Lewat HP

Untuk Anda yang ingin menyimpan file yang ada di HP ke Google Drive, poin ini penting untuk Anda. Sebagaimana disinggung di awal, Google Drive bisa dimanfaatkan sebagai penyimpanan berbasis cloud baik untuk pengguna Android, iPhone ataupun Windows Phone.

Nah, untuk menyimpan file di Google Drive menggunakan smartphone, ada beberapa langkah sederhana yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Buka aplikasi Google Drive yang ada di HP Anda. Secara default, sebenarnya aplikasi Google Drive sudah tersedia. Namun, jika Anda belum memilikinya, instal terlebih dahulu Google Drive yang tersedia di Google Play atau App Store
  • Pilih ikon menu pada aplikasi Google Drive
  • Pilih akun Google yang tersedia atau masuk ke akun Google yang digunakan. Jika akun Google belum terhubung, maka masuk ke akun Google terlebih dahulu
  • Setelah proses login selesai, pilih ikon tanda tambah yang terdapat pada interface Google Drive
  • Setelah itu, pilih menu upload yang muncul di layar HP Anda
  • Cari dan pilih file yang ingin Anda upload di Google Drive
  • Tunggu proses upload hingga selesai
  • Secara otomatis, file sudah tersimpan di Google Drive
  • Jika Anda ingin melakukan sharing pada file tersebut, klik titik tiga yang ada di bagian Google Drive dan pilih manage people and link
  • Kemudian klik link file yang akan dibagikan tersebut
  • Copy link dan share ke kontak yang Anda inginkan
  • Selesai.

Sekilas, proses upload file di Google Drive menggunakan HP tergolong cukup simple dan sangat mudah. Hanya saja, pastikan jika HP Anda memiliki jaringan yang stabil agar proses upload cenderung lebih cepat, terutama untuk upload file dengan ukuran yang cukup besar. Juga, usahakan untuk senantiasa menggunakan aplikasi Google Drive versi terbaru untuk performa yang lebih baik.

2. Cara Upload File di Google Drive Lewat PC/Laptop

Cara Upload File di Google Drive Lewat PC atau Laptop

Selain upload file di Google Drive menggunakan HP, Anda juga bisa menggunakan PC atau Laptop untuk perangkat yang berbeda. Cara ini cocok terutama untuk Anda yang memang cenderung menggunakan Google Drive untuk menyimpan file pekerjaan atau cenderung lebih sering mengoperasikan laptop daripada HP.

Tentu, cara upload file di Google Drive menggunakan PC atau Laptop cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya. Untuk memudahkan, cek detail langkah upload di bawah ini:

  • Hidupkan PC atau Laptop yang Anda gunakan dan hubungkan dengan jaringan internet
  • Selanjutnya, buka browser pada perangkat yang Anda gunakan dan kunjungi link dari Google Drive
  • Setelah halaman Google Drive terbuka, Anda akan mendapatkan dua opsi di bagian layar. Pilih opsi Go to Google Drive yang ada di sebelah atas
  • Kemudian, login ke akun Google Drive yang Anda gunakan. Dalam hal ini, Anda perlu memasukkan alamat email atau nomor telepon yang Anda gunakan. Klik next atau selanjutnya
  • System akan mendeteksi alamat akun yang Anda masukkan
  • Isi password pada akun Google yang Anda tuliskan tadi dan klik tombol sign in atau masuk
  • Jika halaman Google Drive sesuai akun Anda sudah terbuka, klik opsi new yang terletak di bagian kiri atas layar laptop atau PC
  • Pilih opsi file upload yang ada di dalamnya
  • Selanjutnya, cari serta pilih file yang Anda ingin upload ke akun Google Drive tersebut
  • Apabila file tersebut sudah ditemukan, pilih open
  • Secara otomatis, sistem Google Drive akan memproses file tersebut. Tunggu proses upload hingga selesai
  • Jika proses upload sudah selesai, file akan tersimpan secara otomatis di akun Google Drive Anda. Untuk melakukan share link, klik kanan pada file yang tersimpan dan pilih opsi dapatkan link
  • Salin link dari file tersebut dan bagikan URL file ke orang-orang yang Anda inginkan
  • Selesai.

Dengan beberapa langkah di atas, Anda bisa upload beragam jenis file ke Google Drive secara mudah dan gratis. Selain itu, Anda juga bisa membagikan URL file ke orang lain di mana nantinya mereka bisa mengunduh file tersebut menggunakan URL melalui device yang mereka gunakan.

Keunggulan Google Drive Untuk Platform Penyimpanan

Google Drive sebenarnya hanya satu dari beberapa platform penyimpanan berbasis cloud yang tersedia dan bisa digunakan. Namun, dibandingkan dengan platform penyimpanan lainnya, Google Drive memiliki beberapa keunggulan yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda menggunakannya.

Salah satu keunggulan dari Google Drive adalah kemudahan dalam sinkronisasi, terlebih untuk Anda yang menggunakan akun Gmail. Ya, akun Gmail bisa ditautkan ke akun Google Drive dengan sangat mudah. Artinya, Anda tidak perlu membuat akun baru untuk menyimpan file di Google Drive.

Selain itu, keunggulan lain dari platform penyimpanan ini adalah kapasitas memori yang ditawarkan cukup besar. Untuk opsi akun gratis, masing-masing pengguna akan mendapatkan kapasitas memori sekitar 15 GB. Kapasitas ini cenderung lebih banyak dibandingkan dengan platform penyimpanan sejenis lainnya.

Tentu, Google Drive menyediakan pilihan akun premium yang berbayar. Dengan menggunakan akun premium ini, pengguna bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan Google Drive yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai cara upload file di Google Drive dengan dua device yang berbeda serta keunggulan platform penyimpanan ini. Sekarang, Anda bisa langsung menyimpan file di Google Drive dengan mudah dan membagikannya sesuai keperluan. Semoga bermanfaat.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *