Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Upgrade Android

3 min read

Cara Upgrade Android

Kamu mungkin penasaran gimana rasanya pakai smartphone android yang OS-nya sudah versi terbaru, yaitu android Q. Kalau belum sanggup beli smartphone dengan OS android terbaru, kamu bisa coba cara upgrade android di bawah ini untuk mencicipi fitur-fitur terbaru android.

Ada banyak cara untuk mengupgrade versi OS smartphone androidmu. Misalnya, kamu bisa pakai cara Root, OTA, atau lewat PC. Dari antara sekian banyak cara upgrade versi android yang ada, 3 cara itu adalah yang paling umum dan paling gampang untuk kamu coba.

1. Cara Upgrade Android Via Root

Cara Upgrade Android

Sebelum kamu pilih cara yang pertama ini, kamu perlu tahu dulu apa saja resikonya. Resiko paling utama adalah batalnya garansi smartphone android yang kamu pakai. Sekali root, kamu tidak bisa mengklaim garansi smartphone kamu, jadi pastikan kamu sudah matang dengan keputusan ini.

Jangan lupa backup dulu data-data di androidmu, agar nantinya bisa kamu kembalikan ke smartphone android yang sudah di-root. Rooting di setiap smartphone android tentu berbeda-beda, tetapi di bawah ini adalah cara yang paling umum untuk upgrade OS android yang bisa kamu coba.

  1. Cari dulu di internet software root yang ingin kamu pakai di androidmu. Kamu bisa pakai laptop untuk mencari software root yang paling cocok dengan model smartphone androidmu.
  2. Download softwarenya lalu ikuti petunjuk yang dimunculkan di layar. Setelah itu, install software untuk root di laptop atau komputer kamu.
  3. Sambungkan smartphone android ke komputer dengan menggunakan USB cable bawaan asli dari penyedia smartphonemu.
  4. Jalankan software rooting di laptop atau komputer kamu lalu lakukan proses rooting. Tinggal ikuti saja petunjuk yang muncul di layar untuk memulai dan menyelesaikan proses rooting android.
  5. Kalau software yang kamu instal ternyata tidak memunculkan tutorial apa-apa, kamu bisa searching instruksi rooting untuk smartphone android yang kamu pakai.
  6. Jika proses rooting sudah selesai, kamu tinggal restart smartphone androidmu. Sekarang cara upgrade android sudah berhasil dan smartphone android mu sudah menjalankan OS yang terbaru.

Kalau kamu tidak ingin kehilangan garansi yang masih berlaku, kamu bisa skip cara pertama ini. Ada 2 cara lain yang bisa kamu coba untuk menaikkan versi android smartphone kamu. Cara upgrade android yang kedua di bawah ini justru jauh lebih gampang daripada upgrade android via root.

2. Cara Upgrade Android Via OTA

Cara yang kedua ini adalah cara yang paling simpel tapi paling recommended untuk kalian yang bener-bener ingin meng-upgrade android ke versi paling baru. Cara ini adalah dengan memanfaatkan WiFi, atau over the air (OTA).

Pastikan jaringan WiFinya kuat dan tidak putus-putus, agar proses download software OS androidnya bisa berlangsung dengan lancar dan cepat. Sehingga kamu pun bisa segera merasakan menggunakan smartphone dengan OS android paling baru.

  • Sambungkan smartphone android kamu ke jaringan WiFi yang kuat. Kenapa harus pakai WiFi? Karena kamu akan mengunduh sistem operasi android yang ukurannya besar, jadi lebih bagus pakai WiFi agar cepat selesai.
  • Buka menu Pengaturan atau Settings di smartphone android kamu. Logo menu ini mirip-mirip kok di smartphone Samsung dan smartphone merk lainnya.
  • Cari opsi Tentang Perangkat/About Phone. Karena letak menu yang satu ini berbeda-beda di tiap smartphone, kamu bisa scroll sampai ketemu.
  • Setelah bagian About Phone terbuka, kamu tinggal klik di bagian System Firmware Update atau Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update. Tergantung apa istilahnya di smartphone android kamu sendiri.

Cara Upgrade Android Via OTA

  • Klik di bagian Periksa Pembaruan atau Check for Updates, tergantung bahasa yang kamu pakai. Secara otomatis, smartphone android kamu akan langsung mencari upgrade android kalau memang tersedia.
  • Jika update sudah tersedia, akan muncul tombol Update yang bisa kamu klik untuk mengupgrade versi android di smartphone kamu ke versi terbaru.
  • Pilih Install untuk memulai proses pengunduhan versi OS terbaru. Setelah software berhasil di download, langsung saja mulai proses instalasi atau pemasangan.
  • Tunggu sampai proses pemasangan atau instalasi ini selesai. Setelah itu, smartphone android kamu akan restart secara otomatis.

Setelah proses restart, seharusnya smartphone android kamu sudah bisa dipakai dengan sistem operasi paling baru. Kalau cara ini kurang memuaskan, kamu bisa coba cara terakhir di bawah ini, yang sama amannya dengan cara kedua.

3. Cara Upgrade Android Via PC

Cara upgrade android yang terakhir ini lebih ribet daripada cara yang kedua, tapi tidak seribet cara pertama. Selain itu, cara ini juga lebih aman karena memakai software untuk upgrade versi android dari penyedia smartphone kamu. Jadi, dijamin tidak akan membatalkan garansi.

  • Buka situs web resmi merk smartphone yang kamu pakai di web browser laptop atau komputer. Cari Halaman Dukungan atau Support atau Download.
  • Kamu mungkin perlu mengisi informasi yang berkaitan dengan smartphone androidmu, atau mendaftarkan smartphone kamu untuk bisa mendapatkan akses ke update OS yang terbaru.

Cara Upgrade Android Via PC

  • Download lalu instal software yang bernama Device Management. Fungsi dan nama software itu mungkin berbeda tergantung merk smartphone apa yang kamu pakai. Misalnya di Motorola namanya MDM sedangkan di Samsung namanya Kies.
  • Di situs web merk smartphone kamu, cari pembaruan atau update yang tersedia. File itu bisa didownload serta dipasang di smartphonemu dengan bantuan device management yang tadi sudah kamu download.

Cara Upgrade Android Via PC 2

  • Sambungkan smartphone android kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB resmi atau bawaannya.
  • Jalankan software yang bernama device management. Cari perintah pembaruan atau update yang biasanya terletak di menu dropdown atau tab di sebelah atas jendela device management.
  • Klik perintah update untuk mulai memproses upgrade android 10. Setelah itu kamu tinggal ikuti saja petunjuk yang muncul di layar sampai proses update bener-bener selesai.

Cara upgrade android yang terakhir ini jauh lebih recommended daripada cara pertama. Karena OS android terbaru yang kamu install di androidmu berasal dari situs web resmi penyedia smartphone yang kamu pakai, bukan dari sembarang sumber di internet.

Tapi tetep saja, cara yang paling aman untuk mendapatkan updatean OS android adalah dengan menggunakan OTA. Untuk itu, pertimbangkan untuk menggunakan cara yang kedua dulu.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *