Beranda » PC » Tutorial » Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer

Sharing printer adalah cara untuk menghubungkan satu printer ke beberapa komputer yang masih berada dalam satu jaringan. Mungkin kamu sudah sering melihat implementasi dari sharing printer, entah itu di kantor, warnet, atau tempat foto copy.

Sharing printer tentu punya banyak manfaat, salah satunya untuk menghemat pengeluaran. Dengan melakukan sharing printer, setiap komputer tidak harus memiliki satu printer karena bisa digunakan bersama. Selain itu juga lebih hemat waktu karena kamu tidak perlu bolak-balik untuk mencetak dokumen.

Cara sharing printer sebenarnya sangat mudah dan cepat. Beberapa orang biasanya memilih cara sharing printer ke komputer lain melalui WiFi dan LAN. Nah, kalau kamu mencari cara sharing printer di windows, maka kamu berada di artikel yang tepat. Langsung saja, simak selengkapnya berikut.

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10

Pada dasarnya, cara sharing printer di windows 7, windows 8, maupun windows 10 sama saja hanya berbeda pada tampilannya. Secara alur dan langkah-langkahnya pun sama.

Berikut cara sharing printer di windows dengan mudah dan cepat.

  • Buka Control Panel dengan cara tekan tombol Windows + R kemudian ketik “control panel” lalu klik OK atau Enter.

Cara sharing printer 1

  • Setelah jendela Control Panel terbuka, pilih menu Network and Internet untuk mengaktifkan File and printer sharing.

Cara sharing printer 2

  • Selanjutnya pada menu Network and Internet, klik Network and Sharing Center.

Cara sharing printer 3

  • Lalu pilih Change advanced sharing setting.

Cara sharing printer 4

  • Untuk sharing file maupun printer, kamu harus mengaktifkan fitur Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Dengan mengaktifkan kedua fitur tersebut, komputer lain dapat mengakses file atau printer yang telah kamu sharing.

Cara sharing printer 5

  • Langkah selanjutnya ini merupakan opsional (boleh dilakukan atau tidak). Jika PC kamu diberi password login, pasti siapapun yang ingin mengakses printer yang telah di share harus memasukan password terlebih dahulu. Nah, jika tidak ingin ribet sangat disarankan untuk menonaktifkan password dengan buka menu All Networks.

Cara sharing printer 6

  • Pilih opsi Turn off password protected sharing. Dengan begini PC lain tidak perlu memasukkan password login. Jangan lupa klik Save Changes.

Cara sharing printer 7

  • Setelah mengaktifkan fitur File and printer sharing. Selanjutnya kamu bisa sharing printer. Buka kembali Control Panel, lalu lihat pada kategori Hardware and Sound dan pilih View Devices and Printers.

Cara sharing printer 8

  • Lalu, klik kanan pada salah satu printer yang ingin di sharing dan pilih Printer properties. Kita gunakan printer tipe Epson L360 Series sebagai contoh.

Cara sharing printer 9

  • Klik tab Sharing kemudian centang opsi Share this Printer. Kamu bisa memberi nama printernya agar mudah dikenali. Terakhir klik OK.

Cara Sharing Printer menggunakan HomeGroup

Sudah coba cara di atas tapi tidak berhasil? Tenang, kamu bisa coba alternatif lain yaitu menggunakan fitur HomeGroup yang tersedia untuk pengguna Windows 7 ke atas.

Fitur HomeGroup sendiri bisa dimanfaatkan untuk sharing file atau printer ke komputer lain yang masih berada dalam satu jaringan yang sama (WiFi).

Berikut ini cara sharing printer lewat WiFi menggunakan HomeGroup.

  • Buka Control Panel di laptop, dengan cara tekan Windows + R lalu ketik “control panel” kemudian Enter.
  • Pilih opsi Choose homegroup and sharing options.
  • Sebelum membuat HomeGroup, kamu harus mengubah profil jaringan menjadi Private terlebih dahulu. Caranya, pilih Change network location lalu klik YES untuk menjadikan profil jaringan sebagai Private.
  • Selanjutnya, pilih Create a homegroup dan klik Next.

Cara Sharing Printer menggunakan HomeGroup 1

  • Pilih file yang akan dishare. Pastikan kamu pilih opsi Shared di kolom Printers & Devices, lalu klik Next.
  • Nantinya akan muncul password HomeGroup yang telah dibuat. Jadi setiap komputer yang ingin terhubung ke HomeGroup harus memasukan password terlebih dahulu. Terakhir, klik Finish.

Cara Sharing Printer menggunakan HomeGroup 2

  • Selanjutnya kita beralih ke komputer lain yang ingin bergabung dengan HomeGroup yang telah dibuat.
  • Pertama, buka menu HomeGroup di Control Panel. Jika HomeGroup yang sudah dibuat tidak muncul, kamu bisa pilih Start the HomeGroup troubleshooter.
  • Klik Next dan tunggu hingga prosesnya selesai. Nah, nantinya akan muncul HomeGroup yang dibuat oleh komputer sebelumnya, klik Join Now.

Cara Sharing Printer menggunakan HomeGroup 3

  • Klik Next dan Next terus sampai kamu berada di tahap untuk memasukan password. Masukan password dengan benar, setelah itu klik Next dan terakhir pilih Finish.

Nah, sekarang kedua komputer sudah bergabung di HomeGroup sehingga bisa mengakses file yang disharing termasuk printernya. Jangan lupa, pastikan printer dalam keadaan Ready sebelum digunakan untuk mencetak dokumen.

Cara Mengakses Printer yang Telah Disharing

Nah, jika tadi kita sudah belajar cara sharing printer ke komputer lain, selanjutnya kamu harus tahu cara mengakses printer yang telah dibagikan oleh orang lain.

Berikut ini cara mengakses printer yang telah disharing.

  • Pertama, pastikan jika kamu sudah mengaktifkan fitur “Turn on network discovery” dan “Turn on file and printer sharing” di Control Panel. Lalu pilih Save Changes.

Cara Mengakses Printer yang sudah Dishare 1

  • Untuk mengakses printer yang telah dishare, kamu bisa lakukan melalui File Explorer. Tekan Windows + E untuk membukanya lalu pilih Network. Nanti akan muncul nama perangkat komputer yang terhubung dengan printer.

Cara Mengakses Printer yang sudah Dishare 2

  • Contohnya seperti DESKTOP-VQNT1C9 di atas. Klik untuk melihat apa saja yang telah disharing oleh komputer tersebut. Jika muncul printer, klik kanan lalu pilih Connect. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai ya.

Cara Mengakses Printer yang sudah Dishare 3

  • Sekarang kamu sudah bisa mengakses dan menggunakan printer yang telah disharing untuk mencetak dokumen. Jangan lupa, pastikan kamu memilih printer yang statusnya Ready.

Cara Mengakses Printer yang sudah Dishare 4

Nah, itulah cara sharing printer sekaligus cara mengakses printer yang telah dishare oleh komputer lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan temukan hal-hal menarik seputar teknologi hanya di teknolagi.com ya!

Leave a Comment