Beranda » PC » Tutorial » Cara Screenshot di Laptop & PC

Cara Screenshot di Laptop & PC

Fitur screenshot, baik di smartphone maupun di PC, mempunyai peranan penting. Dengan fitur inilah kamu bisa membagikan tampilan gambar atau game di layar perangkat kepada orang lain. Bagaimana cara screenshot di laptop yang paling praktis dan mudah?

Para pengguna PC dan laptop Windows bisa menggunakan beberapa cara untuk melakukan screenshot.

Kamu bisa menggunakan cara yang paling mudah yaitu tanpa aplikasi tambahan sama sekali. Atau kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan Windows atau aplikasi dari pihak ketiga.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

 

Bagian mana dari layar laptop yang mau kamu screenshot? Cara melakukan screenshot untuk jendela yang aktif, sebagian layar laptop, dan seluruh layar laptop berbeda-beda.

Dengan mengetahui cara termudah untuk screenshot kamu tidak perlu mengedit hasilnya dulu sebelum mengirimkannya.

1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtSc)

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tombol yang sudah disiapkan oleh Windows.

Cara ini bisa kamu gunakan kalau ingin mengambil screenshot seluruh bagian layar laptop. Kamu bisa menerapkan cara ini di laptop Windows 7 dan berbagai versi Windows lainnya.

  • Buka jendela tertentu yang ingin kamu screenshot dan pastikan jendela tersebut dalam mode full screen atau memenuhi layar laptop kamu.
  • Cari dan tekan tombol PrtSc atau Print Screen di keyboard laptop, letaknya berbeda-beda tergantung merk laptop yang kamu gunakan.
  • Jalankan aplikasi Paint bawaan Windows di laptop kamu lalu paste screenshot yang kamu ambil, caranya tekan tombol Control bersama dengan tombol V di keyboard.
  • Tekan tombol Control dan tombol S di keyboard atau klik tab File di bagian atas layar lalu klik Save As.
  • Kamu bisa memilih format gambar yang kamu inginkan, format gambar yang paling sering digunakan adalah JPG atau PNG.
  • Pilih lokasi penyimpanan file dan berikan nama file lalu klik di tombol Save.

Kalau kamu membuka 2 jendela dan membaginya dengan cara split screen di layar laptop kamu, ada cara lain untuk melakukan screenshot.

2. Menggunakan Tombol Alt + Prtscn

Misalnya, kamu menjalankan program Microsoft Word bersebelahan dengan Google Chrome dan kamu ingin mengambil screenshot jendela Wordnya saja, kamu bisa menggunakan cara screenshot di laptop yang kedua ini. berikut adalah cara screenshoot di laptop menggunakan tombol Alt + Prtscn

  • Pilih salah satu tampilan layar yang ingin kamu screenshot. Misalnya kalau mau screenshot jendela Microsoft Word, klik jendela Word.
  • Tekan tombol Alt di keyboard Bersama dengan tombol Print Screen.
  • Jalankan aplikasi Paint kemudian pastekan hasil screenshot dengan menekan tombol Ctrl dan tombol V
  • Simpan hasil gambar dalam format yang kamu inginkan, di lokasi yang kamu pilih.

Dengan menggunakan cara ini, hasil screenshot hanya akan berupa halaman atau jendela yang kamu pilih. Halaman lain yang terbuka di sampingnya dan taskbar tidak akan ikut terfoto.

Tampilan hasil screenshot yang satu ini lebih fokus ke jendela yang terbuka daripada cara screenshot yang pertama.

3. Menggunakan Tombol Windows Key + Prtscn

Sebenarnya, kedua cara sebelumnya masih termasuk ribet karena hasil screenshot di laptop Asus maupun laptop lain harus di paste dulu ke aplikasi Paint lalu disimpan.

Ada cara yang lebih praktis untuk digunakan kalau kamu mau langsung menyimpan hasil screenshot tanpa melalui aplikasi Paint.

  • Buka jendela yang akan di screenshot. Pastikan jendela aplikasi tersebut terbuka dalam mode full screen karena cara ini akan menangkap seluruh bagian layar laptop, termasuk taskbar dan app lain yang mungkin terbuka di samping jendela tersebut.
  • Tekan tombol Windows bersama dengan tombol Print Screen, layar kamu akan berkedip menandakan bahwa screenshot berhasil dilakukan.
  • Kalau ini adalah pertama kalinya kamu melakukan screenshot dengan cara yang ketiga ini, Windows akan membuat folder Screenshots otomatis yang bisa kamu temukan di File ExplorerThis PCPictures.

Tidak usah repot membuka aplikasi Paint dan mempaste hasil screenshotnya. Dengan mengakses folder Screenshots, kamu bisa langsung mengganti nama file foto hasil screenshot sesuai keinginan. Kamu juga langsung mengirimkannya ke orang lain.

4. Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S

Cara berikutnya bisa dilakukan di laptop Acer dan merk lain yang sudah dilengkapi dengan Windows 10 versi baru.

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Snip & Sketch. Windows menawarkan fitur Snip & Sketch ini sebagai pengganti Snipping Tool. Ikuti langkah di bawah ini.

  • Buka jendela aplikasi yang akan kamu screenshot.
  • Jalankan fitur Snip & Sketch dengan cara menekan tombol Windows dengan tombol Shift dan tombol S secara bersamaan.
  • Pilih area tertentu dari jendela tersebut yang mau kamu screenshot, jadi kamu bisa memilih untuk screenshot seluruh jendela aplikasi atau bagian tertentu saja.
  • Pop up jendela Snip & Sketch akan muncul. Kamu bisa melakukan pengeditan terhadap hasil screenshot langsung dari jendela pop up ini.
  • Setelah selesai mengedit hasil screenshot, klik logo Save dan simpan hasil screenshot tersebut di lokasi yang kamu inginkan.

Sayangnya, kalau kamu belum menggunakan Windows 10, kamu belum bisa menggunakan cara yang satu ini.

Hanya laptop dan PC Lenovo dan merk lain dengan Windows 10 yang sudah dilengkapi fitur Snip & Sketch yang bisa melakukan cara ini.

5. Menggunakan Tombol Windows + Volume Turun

Device Microsoft Surface punya fitur screenshot yang mirip dengan smartphone atau tablet Android. Fitur ini juga sudah dicoba dan bisa dilakukan di perangkat Windows hybrid yaitu netbook yang layarnya bisa dilepas dan digunakan sebagai tablet dengan menggunakan touch screen.

Cara screenshot di laptop ini juga sangat mudah, persis sama dengan screenshot di smartphone serta tablet Android. Kamu hanya perlu menahan logo Windows yang terletak di bagian bawah layar perangkat Windows.

Kemudian tekan tombol volume down yang ada di samping atau belakang tablet Windows. Hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder This PC – Pictures – Screenshots.

6. Menggunakan Game Bar

Seperti Snip & Sketch, Game Bar juga merupakan fitur yang Windows tambahkan ke versi Windows 10.

Game Bar menyediakan berbagai fitur seperti screenshot game yang sedang kamu mainkan hingga record game sehingga bisa kamu upload ke media sosial dengan mudah.

Untuk menggunakan fitur Game Bar, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti di PC atau laptop Windows 10 kamu, yaitu:

  • Buka jendela yang mau kamu screenshot, bisa jendela game maupun jendela aplikasi lain seperti web browser atau Microsoft Word.
  • Tekan tombol Windows bersama dengan tombol G di keyboard untuk membuka fitur Game Bar dan melihat menu tindakan yang ditawarkan.
  • Klik ikon kamera yang merupakan ikon untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar. Langkah yang lebih cepat adalah menekan tombol Windows, tombol Alt, dan tombol Print Screen bersama-sama untuk langsung mengambil screenshot.

Hasil screenshot dan screen record dari fitur Game Bar ini akan otomatis tersimpan di folder Video yang ada di This PC laptop Windows kamu. Buka folder Captures dalam folder Videos untuk melihat hasil screenshot. Kalau hasilnya kurang sesuai dengan harapan kamu bisa ulangi langkah di atas.

7. Menggunakan Snipping Tool

Pengguna PC dan laptop Windows versi lawas seperti Windows 8, Windows 7, dan versi sebelumnya bisa menggunakan Snipping Tool untuk melakukan screenshot.

Fungsi aplikasi ini hampir sama dengan Snip & Sketch, yaitu mengambil tangkapan layar sebagian atau seluruh bagian layar laptop.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan fitur bawaan Snipping Tool dari Windows.

  • Buka jendela atau halaman yang ingin kamu screenshot terlebih dulu. Pastikan jendela tersebut dalam mode full screen dan memenuhi seluruh layar laptop atau PC.
  • Buka aplikasi Snipping Tool dengan mencari app ini dari kolom pencarian PC Windows kamu.
  • Klik New yang ada di bagian pojok kiri atas jendela Snipping Tool untuk membuat screenshot baru.
  • Pilih area di layar laptop untuk di screenshot. Hasil screenshot akan langsung ditampilkan di jendela Snipping Tool. Kamu bisa mengedit gambar tersebut secara langsung sebelum menyimpannya.
  • Setelah selesai melakukan pengeditan, klik menu File yang ada di pojok kiri atas jendela Snipping Tool lalu pilih menu Save As. Pilih lokasi untuk menyimpan hasil screenshot menggunakan aplikasi Snipping Tool.

Cara screenshot di laptop ini paling cocok digunakan kalau kamu sering membuat tutorial dan hanya ingin mengambil tangkapan layar dari dialog box berukuran kecil.

Fitur pengeditannya juga langsung bisa digunakan untuk menambahkan tulisan, tanda panah, menghapus sedikit bagian, dan lain-lain.

8. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga – LightShot

LightShot merupakan aplikasi tambahan yang fungsinya mirip dengan Snipping Tool. Aplikasi ini bisa digunakan di PC dan laptop Windows secara gratis.

Tapi kamu harus mendownloadnya terlebih dulu. Ukurannya juga tidak besar sehingga tidak akan mempengaruhi performa PC yang kamu gunakan.

Keunggulan aplikasi ini adalah hasil screenshot yang ukurannya pas, fitur yang mudah digunakan, dan pilihan mode screenshot yang beragam.

Kamu bisa mengambil screenshot dengan mode layar penuh, mode Windows, dan bebas sesuai selera.

Berikut adalah cara screenshoot di laptop menggunakan LightShot :

  • Download aplikasi LightShot yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. LightShot tersedia untuk PC Windows dan Mac OS.
  • Install aplikasinya di laptop atau PC kamu untuk bisa menggunakannya.
  • Tekan tombol Print Screen hingga tampilan layar PC kamu berubah menjadi agak redup.
  • Pilih semua atau sebagian dari layar yang akan kamu screenshot.
  • Kamu bisa langsung melakukan pengeditan pada hasil screenshot kalau diperlukan.
  • Setelah selesai mengedit, klik logo Save dan simpan hasil screenshot yang telah diedit di lokasi yang kamu inginkan.

Cara screenshot di laptop Mac OS dengan menggunakan aplikasi LightShot kurang lebih sama dengan cara di atas. Selain cara-cara diatas, kamu juga bisa mengambil screenshot secara langsung dari jendela web browser, terutama Mozilla Firefox. Tidak dibutuhkan aplikasi tambahan tertentu.

Kamu hanya perlu klik kanan di jendela Mozilla Firefox kemudian klik pilihan Buat Tangkapan Layar.

Akan muncul pilihan untuk menyimpan seluruh halaman tersebut atau menyimpan hanya yang tampak di layar laptop kamu. Setelah memilih kamu bisa tekan tombol Unduh untuk menyimpan hasilnya.

Leave a Comment