Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Root Android

4 min read

Cara Root Android

Ada orang yang tidak mau root smartphone androidnya karena takut kehilangan garasi. Tapi ada juga orang yang justru suka rooting android karena ada banyak kelebihan di balik proses ini. Cara root android pun sekarang jauh lebih gampang berkat adanya aplikasi-aplikasi rooting yang bisa kamu coba.

Ternyata ada banyak kelebihan yang ada dibalik proses rooting. Android yang di root biasanya bisa membuang bloatware atau app bawaan smartphone yang tidak ada gunanya dan tidak bisa dihapus dari smartphone android. Rooting lah solusinya. Penasaran bagaimana cara root android yang paling simpel?

Persiapan Sebelum Root Android

Sebelum download aplikasi rooting dan mulai melakukan root hp android, ada beberapa hal penting yang harus kamu pahami dan persiapkan dulu. Kalau persiapanmu kurang matang, bisa-bisa smartphone android kamu malah mati total dan tidak bisa dipakai lagi.

  • Backup semua data dan file

Backup semua data dan file

Semua file dan data yang ada di smartphone androidmu wajib di backup dulu. Jangan pernah lupa kalau proses rooting ini resikonya tinggi. Kalau terjadi kesalahan, ada kemungkinan semua data yang ada di smartphone terhapus dan hilang untuk selamanya.

  • Pastikan baterai smartphone terisi penuh

Pastikan baterai smartphone terisi penuh

Proses rooting ini bisa menghabiskan banyak waktu. Kalau baterai smartphone kamu habis ditengah jalan, proses rooting bisa langsung berhenti dan mengakibatkan smartphone tidak mau menyala lagi. Pastikan baterai androidmu terisi minimal 80%. Lebih bagus lagi kalau baterai dalam kondisi full.

  • Pahami informasi smartphone android

Sebelum melakukan rooting, kamu wajib memahami nama smartphonemu, nomor model smartphone, versi android, nomor kernel, dan juga build number smartphone. Memahami detail ini sebelum menerapkan cara root android sangat penting agar kamu bisa memilih metode root yang benar.

  • Pelajari caranya masuk ke bagian recovery android

Pelajari caranya masuk ke bagian recovery android

Tidak sulit kok untuk masuk ke menu recovery android. Kamu cuma perlu menekan tombol kombinasi waktu smartphonemu dalam keadaan off atau mati. Masalahnya, kombinasi tombol ini bervariasi tergantung merk smartphone yang kamu pakai.

Samsung Galaxy misalnya, memakai tombol Volume Up, Home, dan Power yang ditekan bersamaan untuk masuk ke menu recovery android. Untuk itu, cari tahu kombinasi tombol untuk merk smartphone yang kamu pakai.

Cara Root Android Tanpa PC

Kalau semua persiapan udah kamu lakukan, sekarang waktunya kamu memahami beberapa cara yang paling simpel dan praktis untuk nge-root smartphone android tanpa pc. Ada 4 aplikasi yang bisa kamu pakai untuk nge-root android kamu dengan gampang.

1. Cara Root Android Lewat Aplikasi KingRoot

Cara Root Android

Saat ini, KingRoot layak menyandang app rooting android terbaik. Aplikasi ini sudah mendukung sekitar 100 ribu tipe smartphone android. Kamu bisa cek dulu apakah smartphone androidmu kompatibel untuk di root menggunakan app ini atau tidak. Kalau kompatibel, ikuti langkah-langkah ini.

  • Download aplikasi KingRoot dalam bentuk apk dan pasang di smartphone androidmu. Kenapa dalam bentuk apk? Karena app ini tidak tersedia di Play Store.
  • Jalankan app KingRoot lalu tap di tombol yang ada untuk melakukan checking. Tunggu sampai muncul notifikasi apakah smartphone kamu bisa diroot dengan app ini atau tidak.
  • Kalau smartphonemu bisa di root, proses rooting akan langsung jalan dan kamu tinggal tunggu sampai prosesnya selesai. Jangan lupa pastikan koneksi internemu stabil agar proses rooting berjalan dengan lancar.
  • Setelah proses rooting selesai, buka lagi app KingRoot lalu klik Menu di pojok kiri atas. Jika muncul tulisan Root Successfully, berarti smartphone android kamu sudah berhasil di rooting.

Lalu, bagaimana jika cara ini tidak berhasil dilakukan? Apakah smartphone android masih sama saja? Tenang, kamu bisa pakai aplikasi lain untuk root smartphone android kamu, misalnya Framaroot.

2. Cara Root Android Lewat Aplikasi Framaroot

Cara Root Android Lewat Aplikasi Framaroot

Kalau cara pertama tadi tidak berhasil kamu lakukan, coba cara selanjutnya dengan memakai aplikasi Framaroot. Cara root android yang kedua ini juga sama gampangnya kok, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Download apk Framaroot lalu instal di smartphone android yang kamu gunakan.
  • Buka aplikasi Framaroot, kemudian tap menu dropdown yang ada di bagian atas aplikasi ini.
  • Pilih Install SuperSU atau Install Superuser. Dua pilihan itu punya fungsi yang sama.
  • Sekarang pilih metode untuk mulai proses rooting. Ada metode Gandalf atau Aragorn. Lebih bagus menggunakan metode Gandalf.
  • Tunggu sampai proses selesai dan muncul notifikasi. Restart smartphone android kamu sebagai langkah terakhir melakukan rooting menggunakan Framaroot.

Kalau setelah di restart ternyata smartphone android kamu belum ter-root juga, saatnya mencoba memakai aplikasi rooting lain, yaitu 360 ROOT.

3. Cara Root Android Lewat Aplikasi 360 ROOT

Cara Root Android Lewat Aplikasi 360 ROOT

360 ROOT juga tidak tersedia di Play Store jadi kamu perlu download file apknya dulu. Aplikasi ini berasal dari China jadi tidak heran kalau bahasanya susah dipahami karena memakai Bahasa China. Tapi proses rooting pakai app ini lumayan gampang kok.

  • Instal aplikasi 360 ROOT lalu jalankan di smartphone yang mau di rooting.
  • Tenang, cuma ada 1 tombol di aplikasi ini. Jadi langsung tekan saja tombol yang muncul di aplikasi 360 ROOT.
  • Selanjutnya, kamu akan masuk ke sebuah halaman baru dengan 1 tombol lagi untuk diklik. Langsung klik saja di bagian yang bertuliskan ROOT. Tunggu sampai proses rooting selesai selama beberapa menit.
  • Kalau muncul jendela yang meminta akses lokasi, pilih Tolak karena kamu akan dibawa kembali ke halaman aplikasi 360 ROOT. Tunggu hingga proses rooting benar-benar selesai.

Setelah proses root selesai, kamu bisa menikmati kelebihan-kelebihan yang dihasilkan oleh proses rooting ini.

4. Cara Root Android Lewat Aplikasi RootGenius

Cara Root Android Lewat Aplikasi RootGenius

Seperti biasa, download dulu RootGenius dalam bentuk apk karena Play Store juga tidak menyediakan aplikasi ini. Setelah itu langsung instal aplikasi RootGenius di smartphone target yang ingin diroot dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi RootGenius lalu klik logo yang berbentuk lingkaran.
  • Akan muncul notifikasi yang menyuruhmu menginstal sebuah aplikasi. Instal aplikasi itu sesuai permintaan.
  • Tunggu sampai muncul sebuah ikon berbentuk jempol yang menandakan bahwa proses rooting sudah selesai dan kamu bisa memakai smartphone android yang berhasul di root tadi.

Dari keemapat tutorial diatas, cara root android mana yang ingin kamu coba?

Apapun cara yang kamu pilih, pastikan kamu tau cara mengecek smartphone android yang sudah di root ya. Ada aplikasi yang bisa kamu pakai untuk cari tahu apakah smartphone android sudah berhasil di root atau belum.

Cek Status Root Android

Cek Status Root Android

Kali ini kamu tidak perlu pakai file apk karena Play Store menyediakan banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk cek apakah android kamu berhasil di root atau belum. Salah satu aplikasi yang bisa kamu pakai adalah Root Checker buatan joeykrim. Berikut caranya:

  • Download dan instal app Root Checker dari Play Store di androidmu.
  • Jalankan appnya dan tunggu sampai kamu masuk ke halaman depan aplikasi.
  • Ada beberapa tab, di tab Verifikasi Root akan ada tombol bertuliskan Verifikasi Root, klik tombol itu.
  • Tunggu sebentar sampai muncul pemberitahuan. Kalau smartphone android kamu sudah berhasil di root, akan muncul notifikasi yang bertuliskan Congratulations! dan seterusnya.

Kalau kamu lihat notifikasi itu muncul di app Root Checker, artinya kamu sukses menerapkan cara root android tanpa menggunakan bantuan PC sama sekali. Kamu bisa berbangga karena tidak semua orang bisa melakukan hal ini dengan mudah.

Ada smartphone yang tidak bisa diroot menggunakan aplikasi dan harus via PC. Kalau kamu gagal melakukan root tanpa PC, maka kamu harus coba cara yang lebih ribet yaitu dengan menggunakan PC.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *