Beranda » Web » Cara Menyimpan File di Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive – Google Drive menjadi salah satu platform penyimpanan favorite, terutama untuk pengguna Android. Ya, selain cukup mudah digunakan, bisa dikatakan jika Google Drive menawarkan langkah praktis baik untuk menyimpan maupun melihat ulang file yang disimpan. Dengan demikian, tentu pengguna nantinya tidak perlu khawatir file mereka hilang.

Namun, bagaimana cara menyimpan file di Google Drive tersebut?

Secara umum, menyimpan file di platform Google Drive termasuk sangat mudah. Namun, bisa saja beberapa pengguna belum mengetahui cara tersebut. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menyimpan file di Google Drive.

Kelebihan Google Drive Untuk Penyimpanan

Sebelum membahas tentang cara untuk menyimpan file di Google Drive, penting rasanya untuk mengetahui kelebihan dari Google Drive. Dengan detail pemahaman ini nantinya anda bisa mendapatkan alasan tambahan kenapa Google Drive cukup menguntungkan untuk menyimpan aneka file yang anda miliki.

Beberapa kelebihan dari Google Drive diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sinkronisasi yang Mudah

Bisa dikatakan jika sinkronisasi Google Drive terbilang mudah dan ini menjadi salah satu keuntungan bagi pengguna. Ya, Google Drive merupakan produk dari Google selain Gmail. Tentu, dari produk tersebut terdapat keterhubungan yang memudahkan. Misalnya, anda bisa menggunakan akun Gmail untuk mengakses Google Drive.

  • Kapasitas Memori yang Cukup Besar

Google Drive termasuk platform penyimpanan yang menawarkan kapasitas memori yang cukup besar dibandingkan dengan platform penyimpanan sejenis lainnya. Setiap pengguna nantinya akan mendapatkan memori penyimpanan secara gratis dengan kapasitas 15 GB. Tentu, total penyimpanan ini sudah lebih dari cukup untuk sekadar menyimpan file dokumen.

Selain itu, Google Drive menawarkan member premium pada para pengguna. Dengan member premium ini nantinya pengguna bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Menyimpan Aneka File

Hal menarik dari Google Drive adalah bahwa platform ini bisa digunakan untuk menyimpan beragam format file yang berbeda. Dengan menggunakan platform penyimpanan ini, pengguna bisa menyimpan aneka format file mulai dari dokumen, foto, video, suara dan lainnya termasuk file coding dengan aman dan sangat mudah.

  • Bisa Digunakan Sebagai Hosting Website

Tidak hanya sebagai platform penyimpanan file saja, Google Drive juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi hosting website yang anda kelola. Perlu diketahui bahwa jenis cloud computing biasanya senantiasa berbayar untuk digunakan.

Nah, hal sebaliknya akan didapatkan pada Google Drive. Pengguna bisa mendapatkan layanan cloud secara gratis dari platform ini. Hanya saja, versi gratis dari Google Drive terbatas hanya 15 GB saja. Perlu keanggotaan premium untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar.

  • Bisa Membagikan File Dengan Sangat Mudah

Dengan menggunakan Google Drive, pengguna bisa membagikan file dengan mudah pada orang lain. Setidaknya, ada dua pilihan membagikan file yang tersedia di Google Drive. Pengguna bisa menambahkan beberapa alamat email tertentu untuk membagikan file. Artinya, selain alamat yang ditambahkan tersebut tidak bisa mengakses file yang disimpan.

Selain itu, pengguna juga bisa membagikan file ke pengguna Google Drive lain secara umum. Opsi ini bisa dilakukan dengan mengubah privasi file dan membagikan file melalui URL dari file tersebut.

Cara Menyimpan File di Google Drive Dengan Mudah

Berbincang tentang cara untuk menyimpan file di platform Google Drive, anda akan menemukan beberapa cara yang sebenarnya cukup mudah dan simple. Tentu, dengan beberapa cara tersebut nantinya anda tidak perlu repot dan ribet ketika hendak menyimpan file di Google Drive.

Beberapa cara penyimpanan file di Google Drive diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Laptop

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Laptop

Cara pertama untuk menyimpan file di Google Drive adalah menggunakan laptop. Cara ini cocok untuk anda yang sering mengoperasikan laptop, terutama untuk urusan pekerjaan. Tentu, menyimpan file di Google Drive menggunakan laptop sangat mudah. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Hidupkan laptop dan pastikan terhubung dengan koneksi internet
  • Buka website Google Drive di https://drive.google.com/drive/
  • Login ke akun Google Drive, yang biasanya sama dengan akun Gmail
  • Klik tombol new pada interface Google Drive
  • Pilih opsi file upload
  • Pilih file yang ingin di upload ke Google Drive dan klik open
  • Tunggu proses uploading sampai selesai dan otomatis file tersebut nantinya akan tersimpan di Google Drive.

Setelah file tersimpan, anda bisa membagikan link tersebut ke beberapa rekan atau menghilangkan proteksi file untuk memudahkan download melalui menu opsi. Selain itu, pastikan jika koneksi internet stabil terutama untuk upload file dengan ukuran yang cukup besar.

2. Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Browser

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Browser

Menyimpan file di Google Drive melalui browser juga bisa dijadikan opsi. Cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan tanpa adanya langkah khusus.

Untuk menyimpan file di Google Drive melalui browser, beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka browser pada perangkat Anda. Dalam hal ini, untuk akses yang lebih baik, Anda bisa menggunakan Google Chrome
  • Jika sudah, masuk ke akun Google Drive yang Anda gunakan
  • Selanjutnya, jika halaman Google Drive sudah terbuka, klik opsi Baru atau New
  • Klik upload file jika Anda ingin menyimpan satu file saja di Google Drive. Apabila Anda hendak menyimpan lebih dari satu file, klik opsi upload folder
  • Jika detail file yang hendak disimpan sudah dipilih, secara otomatis Google Drive akan melakukan proses penyimpanan. Cek bar proses penyimpanan
  • Setelah proses penyimpanan selesai, secara otomatis file sudah tersimpan di Google Drive.

Secara umum, cara di atas sangat mudah dilakukan. Nah, agar bisa di download oleh banyak orang, terutama file yang ingin Anda bagikan, atur proteksi file tersebut dengan memilih semua orang yang memiliki link bisa mendapatkannya.

3. Menyimpan File di Google Drive Dengan Backup & Sync

Menyimpan File di Google Drive Dengan Backup & Sync

Backup & Sync juga bisa menjadi opsi lain untuk menyimpan file di Google Drive. Perlu diketahui bahwa Backup & Sync merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk melakukan sinkronisasi perangkat PC atau laptop dengan Google Drive.

Nah, untuk menyimpan file di Google Drive dengan menggunakan Backup & Sync, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Unduh aplikasi Backup & Sync terlebih dahulu, baik untuk perangkat laptop ataupun smartphone
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut yang sudah berhasil diinstal
  • Untuk melakukan penyimpanan file di Backup & Sync, Anda bisa melakukan drag pada file yang akan disimpan atau melakukan penyimpanan dengan menu insert yang tersedia
  • Jika file sudah dimasukkan dalam aplikasi Backup & Sync, tunggu proses uploading hingga selesai.

Bisa dikatakan jika aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk menyimpan file di Google Drive dengan lebih cepat dan lebih mudah. Hanya saja, pastikan jika koneksi internet perangkat Anda stabil untuk mempercepat proses uploading saat penyimpanan.

4. Cara Menyimpan File di Google Drive di Android

Cara Menyimpan File di Google Drive di Android

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyimpan file di Google Drive adalah dengan menggunakan perangkat Android. Bisa dikatakan jika cara ini menjadi langkah yang paling mudah dan simple, terlebih saat ini sudah semakin banyak orang yang menggunakan smartphone Android untuk pemenuhan kebutuhan informasi harian.

Nah, untuk menyimpan file di Google Drive melalui smartphone Android, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Buka aplikasi Google Drive yang sudah ada di smartphone Android Anda. Dalam hal ini, jika belum memiliki Anda bisa menginstalnya terlebih dahulu secara gratis melalui Google Play
  • Selanjutnya, login akun Google Drive yang Anda miliki. Gunakan saja akun yang sama dengan akun Gmail yang Anda gunakan
  • Pilih ikon New yang berada di sebelah kanan pojok bawah
  • Setelah itu, klik pada opsi upload untuk mulai menyimpan file yang Anda inginkan di Google Drive
  • Cari file yang hendak disimpan di Google Drive, lalu tap file tersebut untuk memilihnya. Anda juga bisa memilih opsi folder untuk secara langsung menyimpan folder ke Google Drive
  • Tunggu proses upload file hingga selesai sesuai dengan kecepatan jaringan internet yang digunakan dan file yang Anda miliki sudah tersimpan dengan aman di Google Drive.

Tentu saja, penggunaan smartphone Android akan memudahkan Anda menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam Google Drive. Untuk kelancaran penggunaan dan performa aplikasi yang maksimal, pastikan jika Anda senantiasa memperbarui versi aplikasi Google Drive yang Anda gunakan.

Beberapa opsi cara di atas bisa menjadi pilihan bagaimana Anda bisa menyimpan file di Google Drive dengan lebih mudah dan tentu saja cepat.

Nah, dengan Google Drive, file yang Anda simpan tidak hanya aman namun akan cenderung lebih mudah untuk dibuka ulang hingga dibagikan. Pilih mana cara menyimpan file di Google Drive yang paling mudah menurut Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment