Beranda » Mobile » Android » Cara Menghilangkan Iklan di Android

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Banyak orang bertanya-tanya cara menghilangkan iklan di android yang paling efektif, karena saat ini memang ada banyak sekali iklan yang mengganggu kenyamanan pengguna smartphone yang sedang asik browsing dan bahkan ketika sedang menggunakan aplikasi standar.

Kalau kamu punya masalah yang sama, ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah iklan ini. Ada cara-cara yang bisa kamu coba untuk melenyapkan semua iklan yang sering muncul di smartphone androidmu.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Sebenarnya, banyak iklan yang sering muncul di layar smartphone bisa jadi adalah salah satu pertanda bahwa smartphone yang kamu pakai sudah terinfeksi oleh malware. Apa itu malware? Bagaimana cara melindungi smartphone dari malware dan menghapus semua iklan yang muncul?

1. Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Nanti kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang malware. Sekarang, kamu perlu memahami dulu cara melenyapkan iklan yang sering tiba-tiba muncul di Chrome android agar kamu bisa browsing dengan lebih tenang dan nyaman.

  • Pertama, jalankan app Google Chrome yang ada di smartphonemu.
  • Pilih Menu yang ditandai oleh 3 titik yang ada di bagian pojok kanan atas jendela Chrome.
  • Setelah Menu terbuka, pilih bagian Settings atau Pengaturan.
  • Temukan pilihan Site Settings lalu klik di bagian Pop-ups and redirects.
  • Klik atau tap di bagian togglenya sampai tampilan togglenya jadi abu-abu. Kalau tampilannya sudah berubah, kamu bisa menikmati browsing dengan lebih tenang karena pop up iklan yang muncul akan otomatis terblokir.

Cara diatas bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan yang dimunculkan oleh semua situs web. Kalau kamu hanya mau menghilangkan iklan yang muncul di situs web tertentu, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Masih di Google Chrome, buka lagi menu Pengaturan atau Settings, lalu cari Site Settings
  • Di bagian Pop-ups and redirects tadi, tap di pilihan Ads.
  • Lalu klik toggle yang muncul sampai warnanya jadi abu-abu. Iklan yang biasanya muncul di situs itu akan segera lenyap.

Kadang beberapa situs menawarkan untuk memunculkan pemberitahuan dan kamu tanpa sengaja memberikan persetujuan. Kamu bisa menghapus notifikasi yang sering muncul dari situs-situs tertentu. Pertama, buka lagi pilihan Menu yang ada di Google Chrome, lalu buka Settings.

  • Buka lagi menu yang bernama Site Settings.
  • Temukan dan tap pilihan notifications.
  • Tap di toggle yang ada sampai warnanya jadi abu-abu untuk memblokir akses ke pemberitahuan.

Selain lewat settingan Google Chrome itu, kamu juga bisa pakai bantuan 2 aplikasi untuk menghapus iklan yang sering muncul di smartphone kamu. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa melenyapkan iklan dari smartphone android untuk selamanya. Tapi coba dulu 2 aplikasi di bawah ini.

2. Cara Menghilangkan Iklan di Android Menggunakan Aplikasi

Cara Menghilangkan Iklan di Android Menggunakan Aplikasi

Menggunakan aplikasi adalah cara menghilangkan iklan di android yang lebih gampang daripada cara pertama di atas. Ada 2 app dari sekian banyak pilihan yang ada di Google Play Store yang bisa kamu pakai buat membersihkan smartphone android kamu dari iklan-iklan.

1. AdBlock

Nama lengkap app ini adalah AdBlock Browser. Kamu tinggal download aja app AdBlock ini dari Google Play Store tanpa harus berlangganan, dengan kata lain bisa digunakan secara gratis. Berkat app ini kamu tidak perlu melakukan root smartphone android demi menikmati browsing aman tanpa iklan.

AdBlock punya fitur AdGuard yang bisa bekerja meskipun kamu masuk ke mode VPN. Fitur inilah yang membuatmu bisa browsing dengan nyaman tanpa gangguan iklan.

2. Adclear

App lain yang bisa kamu download gratis dari Google Play Store adalah Adclear. Dari namanya saja sudah jelas bahwa app ini sanggup membersihkan iklan. Untuk menggunakan jasa aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Download app Adclear langsung dari Google Play Store.
  • Jalankan aplikasinya, lalu tap di bagian Power untuk mulai.
  • Saat muncul pemberitahuan VPN, kamu tinggal tap OK

Kalau kamu udah ikuti langkah-langkah sederhana itu tapi iklan masih saja muncul dan mengganggu aktivitasmu, buka lagi app Adclear di smartphone androidmu, lalu jalankan pilihan Enable Advance Protection.

3. Cara Menghilangkan Iklan di Android dengan Mengatur Security Setting

Cara Menghilangkan Iklan di Android dengan Mengatur Security Setting

Menggunakan app semacam AdBlock dan Adclear memang efektif untuk menghilangkan iklan. Tapi kalau kamu sayang kuota dan tidak rela memakai sedikit kuota untuk mendownload app tambahan di smartphone android, kamu bisa mencoba cara yang ketiga ini. Ikuti petunjuk ini untuk menghapus iklan.

  • Jalankan aplikasi Settings atau Pengaturan bawaan yang pasti ada di setiap smartphone android.
  • Cari dan buka menu yang berjudul Security Settings atau Security atau Keamanan, tergantung merk smartphone dan bahasa yang kamu pakai.
  • Aktifkan pilihan ‘jangan izinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak jelas’.

Seharusnya setelah fitur keamanan itu diaktifkan, smartphone android kamu sudah tidak bisa sembarangan memasang aplikasi yang berbahaya dari luar Google Play Store. App-app itu bisa membawa malware dan iklan yang tidak hanya mengganggu tapi juga membahayakan data dan file.

4. Cara Menghilangkan Malware dan Iklan di Android

Cara Menghilangkan Malware dan Iklan di Android

Ada cara menghilangkan iklan di android dan malware yang sangat mudah untuk kamu coba. Caranya adalah masuk ke safe mode yang ada di smartphonemu. Untuk masuk ke safe mode kamu harus menekan tombol power. Lalu tap dan hold pilihan power off atau matikan perangkat.

Kalau kamu sudah bisa masuk ke safe mode, hapus beberapa aplikasi yang menyebabkan munculnya pop up iklan dan malware. Kalau semua app yang menyebabkan malware sudah hilang dari smartphone kamu, lakukan restart atau mulai ulang smartphone android kamu.

Kalau cara itu berhasil dan semua app yang mendatangkan malware sudah hilang, kamu bisa download lagi aplikasi-aplikasi yang aman dari Google Play Store. Atau kamu bisa aktifkan Play Protect dengan:

  • Jalankan aplikasi Google Play Store yang sudah terpasang di smartphone android kamu.
  • Tap menu yang ada di sebelah kiri atas jendela Google Play Store.
  • Scroll terus ke bagian bawah sampai ketemu pilihan Play Protect.
  • Tap ikon gear yang ada di sebelah kanan atas jendela Google Play Store.
  • Tap toggle yang bertuliskan Scan device for security threats sampai warna togglenya menjadi hijau.

Kalau toggle sudah berubah menjadi hijau, Play Protect kamu sudah aktif dan smartphone android kamu pun terlindung dari app bahaya yang bisa jadi membawa malware dan iklan-iklan mengganggu. Tindakan pencegahan ini cuma berlaku untuk aplikasi yang kamu download dari Play Store saja.

Melindungi HP dari Virus dan Malware

Melindungi HP dari Virus dan Malware

Meskipun kamu sudah mengaktifkan Play Protect dari Google Play Store, kamu sendiri juga wajib melindungi smartphone android kamu dari serangan malware. Jangan sampai malah kamu sendiri yang menyebabkan smartphonemu penuh malware dan virus.

Ada beberapa langkah yang wajib kamu pahami untuk melindungi smartphone android kesayanganmu dari serangan virus dan malware, yaitu:

  • Gunakan Google Play Store sebagai sumber aplikasi

Download and update semua aplikasi langsung dari Google Play Store demi keamanan smartphone android kamu sendiri. Banyak aplikasi yang bisa didownload dalam bentuk apk secara gratis. Tapi tidak bisa dipastikan apakah setiap apk benar-benar aman tanpa membawa virus.

  • Lakukan riset sebelum download sembarang app

Cek dulu semua perizinan aplikasi sebelum kamu download aplikasi apapun. Dengan cara ini kamu bisa tahu seandainya ada salah satu perizinan yang ternyata tidak berkaitan dengan fungsi utama app itu. Kamu pun bisa berjaga-jaga dengan mendownload aplikasi lain yang lebih aman.

  • Lindungi data smartphonemu dari malware

Gunakan VPN yang berfungsi untuk melindungi semua file dan data yang ada di smartphonemu. Hal ini terutama sangat penting sewaktu kamu internetan dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi umum.

Dari sekian banyak cara menghilangkan iklan di android yang sudah kamu lihat diatas, yang manakah sudah dan akan kamu coba? Alternatif lain untuk menikmati smartphone bebas iklan adalah dengan rooting smartphone android, tapi rooting sebaiknya jadi alternatif paling akhir dan pilihan utama.

Proses rooting, yang berhasil dilakukan, akan membuat garansi smartphone androidmu langsung tidak berlaku. Kalau gagal, bisa jadi smartphone android kamu malah mati total dan kamu tidak bisa klaim garansinya. Resiko rooting sangat tinggi, jadi sebaiknya hindari melakukan rooting hp sendiri.

Leave a Comment