Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Cara Menggunakan Recuva Recovery untuk Restore Data

3 min read

Cara Menggunakan Recuva

Semua orang pasti pernah tidak sengaja menghapus file penting di PC, bila kamu mengalami hal sama maka kamu bisa menggunakan Recuva untuk mengembalikan file tersebut. Dimana selain ampuh cara menggunakan Recuva juga terbilang sangat mudah.

Umumnya file yang sudah dihapus memang masih tersimpan di Recycle Bin, namun di beberapa keadaan bisa saja tidak tersimpan setelah dihapus. Seperti karena jumlah terlalu banyak, file sudah lama, dan beberapa masalah lainnya.

Apa Itu Recuva?

Apa Itu Recuva

Recuva sendiri menjadi solusi praktis bagi kamu yang mengalami hal tersebut, dimana software ini bisa mengembalikan data atau file yang terhapus dengan sangat mudah.

Kamu hanya perlu membuka software dan memilih file yang telah terhapus, otomatis file akan tersimpan kembali di PC kamu.

Selain ituRecuva juga bisa kamu gunakan secara gratis, sehingga sangat bagus untuk kamu instal bila sewaktu-waktu kamu membutuhkan software yang satu ini. Apalagi bila terlambat memulihkan file, maka file tersebut tidak dapat di recovery kembali.

Cara Menggunakan Recuva untuk Mengembalikan File yang Terformat

Bagi kamu yang tertarik menggunakan Recuva, maka kamu juga harus tahu cara menggunakannya untuk mengembalikan file terhapus atau terformat. Nah untuk lebih lengkapnya kamu bisa menyimak cara menggunakan aplikasi Recuva berikut ini :

  • Unduhlah terlebih dahulu Recuva, kamu bisa mendownloadnya Disini.
  • Setelah itu instal dan jalankan Recuva di PC kamu.

Cara Menggunakan Recuva File Recovery

  • Di bagian halaman utama kamu bisa memilih jenis file yang akan di recovery, seperti gambar, video, email, dokumen, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Software Recuva

  • Bila sudah memilih jenis file yang akan di recovery, kamu bisa tekan next.
  • Kemudian carilah letak file terakhir sebelum kamu hapus, caranya tinggal klik browse dan pilih lokasi yang ada di penyimpanan PC.

Cara Menggunakan Aplikasi Recuva

  • Otomatis akan muncul jendela baru untuk melakukan scan, disini kamu bisa centang Enable Deep Scan dan klik start untuk memulainya.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses scanning selesai, biasanya hal ini tergantung banyak dan besarnya file di lokasi yang kamu pilih tersebut.

Cara Menggunakan Recuva Recovery

  • Bila sudah selesai, maka kamu bisa melihat sejumlah file lama kamu yang sudah terhapus.
  • Disinifile akan dibedakan menjadi 3 jenis, warna merah tidak bisa di recovery, warna kuning mungkin bisa di recovery, dan file warna hijau dapat di recovery.
  • Carilah file yang kamu ingin recover, untuk lebih mudahnya kamu bisa menggunakan opsi Advanced mode. Mode ini memungkinkan kamu untuk menyortir file berdasarkan jenis, seperti MKV, MP3, Docx, dan lain sebagainya.
  • Saat kamu sudah berhasil menemukan file yang diinginkan dan masih berwarna hijau, maka kamu bisa klik file tersebut.
  • Otomatis file akan tercentang dan bisa kamu recovery, disini kamu juga bisa mencentang beberapa file sekaligus.
  • Setelah itu tinggal klik tombol Recovery yang ada di bagian bawah jendela.

Cara Menggunakan Recuva untuk Recovery

  • Tunggulah proses recovery selesai, kemudian cek kembali di penyimpanan PC yang kamu miliki. Dimana kamu sudah bisa menemukan file tersebut sudah tersimpan dan bisa kamu buka atau jalankan kembali di PC.

Fitur-fitur Recuva

Fitur-fitur Recuva

Recuva banyak digunakan bukan tanpa alasan, melainkan ia memiliki beragam fitur-fitur yang akan membantu kamu dalam mengembalikan file yang sudah terhapus. Berikut beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Recuva :

1. File Recovery

Mengembalikan file atau filerecovery memang menjadi fungsi utama Recuva, dimana ia dapat mengembalikan semua file yang sudah terhapus dengan sangat mudah. Mulai dari musik, video, dokumen, dan berbagai jenis file lainnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa terdapat juga file yang tidak bisa kamu recovery, misalnya saja file rusak, file terlalu besar, file yang sudah lama, dan beberapa jenis file lainnya.Tapi secara garis besar jumlahnya sangat sedikit ketimbang file yang bisa kamu recovery.

2. Advanced Mode

Tidak seperti aplikasi recovery lainnya, Recuva memiliki fitur bernama Advanced Mode. Dimana ia bisa kamu gunakan untuk mencari file dengan lebih mudah, kamu bisa mengelompokkan file berdasarkan waktu, jenis, ataupun status recovery.

Dengan begitu kamu bisa menemukan file yang diinginkan di tengah tumpukan sampah, hal ini karena melakukan recovery akan membuka semua file yang pernah kamu miliki. Tentu saja jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan file.

3. Mengembalikan Email

Selain untuk melakukan recovery pada file-file penting, Recuva juga dapat melakukan recovery pada data email. Sehingga email yang sudah terhapus bisa muncul kembali dengan adanya Recuva ini.

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan pencarian berdasarkan jenis file email. Otomatis recuva akan memindai PC kamu, kemudian menampilkan semua email yang pernah ada dan sudah terhapus.

4. Memulihkan Dokumen di Keadaan Darurat

Pastinya kamu akan merasa kesal saat membuat dokumen seperti Word atau Excel, kemudian tiba-tiba listrik mati dan komputer tidak melakukan save secara otomatis. Sehingga semua pekerjaan yang kamu lakukan menjadi sia-sia.

Namun kini kamu tidak perlu khawatir, karena Recuva mampu untuk mengembalikan file tersebut secara utuh lagi. Caranya dengan melakukan recovery pada Temporary Files yang ada di PC menggunakan Recuva tersebut.

5. Menghapus File Secara Permanen

Bukan hanya berfungsi memulihkan file yang terhapus, namun Recuva dapat kamu gunakan pula untuk menghapus file secara permanen. Seperti yang diketahui untuk menghapus file di PC memang sulit, karena terdapat Recycle Bin dan aplikasi recovery.

Namun dengan adanya Recuva ini, kamu benar-benar dapat menghapus file secara permanen. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk berbagai kebutuhan, seperti menghapus file pribadi, malware, data perusahaan, identitas, dan lain sebagainya.

Dari sini pastinya kamu sudah tahu apa itu Recuva dan bagaimana cara menggunakan Recuva, dimana kamu bisa segera menggunakannya bila saat ini sedang membutuhkan recovery. Segeralah melakukannya agar tidak terlambat dan file benar-benar hilang secara permanen.

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *