Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Menggunakan Handbrake untuk Kompres Video

3 min read

Menggunakan Handbrake

Cara Menggunakan Handbrake – Handbrake adalah aplikasi kompres video lintas platform yang bisa dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

Aplikasi yang satu ini dapat membantu kamu mengatur kualitas video dan ukuran video sesuai keinginan. Kamu juga bisa mengatur audio dan resolusi video menggunakan aplikasi tersebut.

Kerennya lagi, Handbrake sudah mensupport banyak format video sehingga kamu tidak perlu mencari software lain untuk mengkompres video dengan format tertentu.

Kamu juga bisa mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya. Ukuran video yang kecil tentu akan memudahkan kamu saat berbagi video secara online maupun offline dengan orang lain.

Nah, di artikel kali ini kami akan membagikan cara menggunakan Handbrake yang benar, sekaligus fitur-fitur di dalamnya dan spesifikasi minimum PC/laptop yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Handbrake untuk Kompress Video

Cara Menggunakan Handbrake

Handbrake sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Jadi, kalau kamu sedang mencari software atau aplikasi kompres video terbaik, sangat disarankan untuk memilih Handbrake saja.

Cara menggunakan Handbrake juga sangat simple dan mudah. Aplikasi yang satu ini memiliki fitur-fitur yang mudah dipahami meskipun oleh orang awam sekaligus.

Berikut cara menggunakan aplikasi Handbrake untuk kompres video tanpa mengurangi kualitas nya.

1. Download aplikasi Handbrake terlebih dahulu jika kamu belum punya. Untuk mengunduh secara gratis, klik link berikut ini.

2. Selanjutnya, install aplikasi tersebut di PC/laptop kamu. Cukup tekan tombol next dan ikuti prosesnya hingga selesai.

3. Setelah aplikasi Handbrake terpasang, buka dan jalankan aplikasi tersebut dengan double click. Cari video yang ingin kamu kompres, lalu tekan Open.

4. Setelah video berhasil dibuka, kamu harus menentukan lokasi penyimpanan video setelah dikompres. Caranya mudah, tinggal klik tombol Browse di menu Destination dan pilih folder dimana video tersebut akan disimpan. Ganti nama file video agar mudah ditemukan.

Cara Menggunakan Handbrake 1

5. Lihat bagian preset yang ada di sebelah kanan layar komputer, klik Normal.

6. Pilih menu Output Setting untuk melakukan proses konversi video. Jika ingin mengganti format video, kamu bisa klik menu Container. Jangan lupa centang bagian Web Optimized, agar video yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi video yang dapat diunggah ke internet.

Cara Menggunakan Handbrake 2

7. Selanjutnya, buka tab Picture untuk mengatur ukuran, resolusi dan display video.

8. Di bagian tab video, kamu bisa mengubah Video Encoder menjadi H.264 (x264).

Cara Menggunakan Handbrake 3

9. Jika kamu ingin mengatur audio dan subjudul, tinggal buka tab Audio dan Subtitle yang ada di sebelahnya.

10. Setelah semua pengaturan selesai diterapkan, klik Start Encode untuk memulai proses mengkompres video.

Cara Menggunakan Handbrake 4

11. Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai. Cepat lambatnya proses tergantung durasi dan kualitas video yang kamu kompres. Semakin bagus kualitas video yang kamu kompres, maka semakin lama pula prosesnya selesai.

12. Jika sudah selesai, coba buka folder berisi hasil kompres video tadi untuk melihat perubahannya. Ukuran video yang berhasil dikompres akan berkurang 50% dari video aslinya.

Bagaimana, mudah bukan cara kompres video menggunakan Handbrake? Setelah ini akan ada fitur-fitur Handbrake yang perlu kamu tahu.

Fitur Handbrake

1. Cara Penggunaannya Mudah

Salah satu alasan kenapa Handbrake sangat recommended adalah karena cara penggunaanya yang mudah. Khususnya untuk orang awam, Handbrake menyediakan serangkaian fitur yang mudah dipahami.

Aplikasi ini juga menyediakan beragam preset siap pakai. Mulai dari preset video Youtube, preset DVD, preset Vimeo, dan lain sebagainya. Hanya butuh satu klik, maka video yang kamu buat akan memiliki format, ukuran, dan resolusi sesuai preset yang dipilih.

2. Mendukung Semua Format Video

Selain mudah digunakan, Handbrake juga mendukung banyak sekali format video. Entah itu video MP4, MKV, AVI, atau MPEG, semuanya bisa dibuka dan diedit melalui aplikasi tersebut.

Kamu juga bisa mengubah format video apapun menjadi format lain sesuai keinginan. Namun, perlu diingat bahwa setiap format video memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Misalnya, jika kamu ingin memiliki video dengan kualitas atau resolusi layaknya sinema, maka pilih format MKV.

3. Transcode Cepat

Handbrake sudah didukung oleh software/hardware acceleration yang menjadikan proses konversi video atau transcoding jadi lebih cepat. Hanya dalam beberapa menit saja, kamu bisa mengkonversi video dengan durasi 1 jam.

4. Memiliki Tool yang Lengkap

Handbrake termasuk software paket komplit karena menyediakan beragam tool untuk konversi dan kompres video. Selain fitur utama tersebut, kamu juga bisa mengatur ulang audio, subtitle, resolusi, dan lainnya lewat aplikasi ini.

5. Bersifat Open Source

Handbrake juga termasuk aplikasi yang bersifat open source. Sangat cocok bagi para programmer software karena aplikasi ini bisa dimodifikasi.

6. Multi Platform

Satu lagi keunggulan aplikasi Handbrake yaitu tersedia di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

7. 100 % Gratis Tanpa Batas

Handbrake bisa kamu gunakan secara gratis sepenuhnya. Aplikasi yang satu ini tidak mengharuskan kamu membeli versi premium untuk mendapatkan akses penuh ke semua fiturnya.

Bisa dipastikan, menggunakan Handbrake jauh lebih efektif dibanding kompress video secara online melalui website.

Minimum Spesifikasi Handbrake

Untuk menjalankan aplikasi Handbrake, sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus yang harus dipenuhi. Hampir semua jenis laptop terbaru bisa menjalankan aplikasi ini.

Namun sebagai referensi, berikut spesifikasi minimum PC atau laptop yang dibutuhkan:

  • CPU : Intel Core 2 Duo dan AMD Athlon X2
  • RAM : 4 GB (untuk transcode video 4K), 1,5 GB (untuk transcode video resolusi HD), dan 512MB (untuk transcode video resolusi SD)
  • Penyimpanan : 50 MB untuk aplikasi dan 2 GB untuk proses transcode
  • Resolusi layar : 1024 x 768.

Nah, itulah spesifikasi minimum untuk menjalankan Handbrake. Jika kamu ingin upload video ke internet dengan ukuran yang kecil, coba saja pakai aplikasi ini.

Kamu bisa mengkompres video dengan cepat, gratis, dan mudah dengan mengikuti cara-cara di atas. Yup, mungkin cukup sampai disini informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *