Beranda » PC » Dokumen » 10 Cara Menggabungkan File PDF Secara Online Menjadi Satu

10 Cara Menggabungkan File PDF Secara Online Menjadi Satu

Cara Menggabungkan File PDF – PDF atau singkatan dari Portable Document Format adalah sebuah format file yang biasanya digunakan untuk keperluan pengiriman dokumen secara digital. Format ini dikembangkan oleh Adobe Systems.

Format PDF sudah umum digunakan untuk berbagai ebook dan dokumen digital. Tak hanya itu, beberapa dokumen resmi juga mulai berganti dari format word ke format PDF ini. Format PDF menampilkan file 2D yang berisi teks, gambar, maupun grafik vektor.

Salah satu kelemahan file PDF adalah kamu hanya bisa mengeditnya menggunakan software khusus. Berbeda dengan format word yang bisa diganti dengan mudah, file PDF membutuhkan software dan aplikasi tambahan untuk mengedit, memperkecil, memisahkan, atau menggabungkan beberapa file menjadi satu.

Ada banyak software dan aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF. Masing-masing software tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain aplikasi, ada juga online tools gratis dari website yang bisa kamu gunakan untuk mengedit file PDF kapan saja. Beberapa tools juga cukup populer karena fiturnya yang lengkap, mudah, dan cepat.

10 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu paling sering diminta saat kamu mengumpulkan berkas lamaran kerja atau mendaftar di perguruan tinggi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengiriman dan pengecekan berkas nantinya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk menggabungkan file PDF yaitu melalui software atau aplikasi dan tools online. Untuk aplikasi, kamu harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu di PC maupun android baru bisa dijalankan secara offline.

Sedangkan untuk website atau tools online, kamu butuh jaringan internet yang lancar untuk menjalankannya. Langsung saja, berikut beberapa cara menggabungkan file PDF yang bisa kamu coba.

1. Smallpdf.com

Smallpdf

Cara menggabungkan file PDF yang pertama bisa kamu lakukan secara online lewat situs Smallpdf.com. Smallpdf sendiri merupakan perangkat lunak yang menyediakan beragam fitur untuk mengatur, memulai, dan menyelesaikan pekerjaan dokumen digital.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu install software tambahan.Namun, butuh koneksi internet yang lancar untuk mengaksesnya. Apalagi jika file yang diupload terlalu besar, maka prosesnya pun akan semakin lama.

Berikut cara menggabungkan file PDF melalui situs Smallpdf.com:

  1. Buka browser, lalu masuk ke halaman ini.
  2. Klik Pilih File lalu cari file-file PDF yang ingin kamu gabungkan (bisa juga melalui DropBox atau Google Drive).
  3. Tunggu file pertama sukses diupload. Lalu, pilih Tambah PDF lagi dan lakukan langkah sebelumnya sampai semua file yang ingin digabungkan berhasil terupload.
  4. Sunting file sesuai dengan urutan yang benar.
  5. Jika sudah selesai merapikan dokumen sesuai urutan, klik Gabungkan PDF dan tunggu sampai selesai. Jika kamu ingin menyimpannya ke PC/laptop, klik Unduh File Sekarang.

2. Adobe Acrobat

Adobe Acrobat

Adobe Acrobat adalah software buatan Adobe Systems yang bisa digunakan untuk mengolah file PDF, seperti membaca, membuat file baru, mengedit, hingga menggabungkan beberapa file menjadi satu.

Seperti yang kita tahu, Adobe Acrobat ada banyak jenisnya. Mulai dari Adobe Acrobat Standard, Adobe Acrobat Professional, dan Adobe Acrobat 3D. Masing-masing versi tentu punya kelebihan dan keistimewaan tersendiri. Menariknya lagi, semua jenis Adobe Acrobat bisa di download secara gratis lho.

Berikut cara menggabungkan file PDF melalui Adobe Acrobat:

  1. Install software Adobe Acrobat di PC kamu. Pilih versi Pro dan klik trial untuk mendapatkan akses gratis.
  2. Jika sudah terinstall, buka software-nya lalu klik menu Create yang ada di toolbar utama. Nah, kalau kamu tidak menemukan menu Create PDF di toolbar, buka saja View lalu pilih opsi Task dan klik Show All Task Buttons.
  3. Selanjutnya, pilih menu Combine Files into a single PDF untuk menggabungkan beberapa dokumen di PC menjadi sebuah file PDF.
  4. Nantinya akan muncul jendela di layar laptop kamu. Klik Browse lalu cari-cari file yang ingin digabungkan. Klik OK dan tunggu sampai file yang kamu pilih berhasil disalin ke kotak putih sebelah kanan.
  5. Lakukan cara yang sama sampai semua file berhasil tersalin.
  6. Selanjutnya, sunting file dan sesuaikan urutannya. Kamu bisa gunakan tombol Move On, MOve Down, dan Remove untuk merapikan data. Jika kamu tidak ingin menggunakan file PDF yang pernah dibuka sebelumnya, jangan lupa hilangkan tanda centang yang ada di sebelah tulisan Include all open PDF files.
  7. Jika semua file sudah rapi dan sesuai urutan, tinggal klik Combine Files dan tekan OK.
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses penggabungan file PDF selesai. Untuk menyimpan file PDF, klik Save AS dan ganti nama dokumen sesuai keinginan.

3. Nitro PDF

nitro pdf

Nitro PDF merupakan sebuah software yang cukup powerfull dalam hal editing file PDF. Lewat software ini, kamu bisa melakukan banyak hal seperti membuat file baru, mengedit, dan menggabungkan 2 file PDF atau lebih.

Software yang satu ini berbayar. Tapi, kamu bisa memanfaatkan opsi trial untuk mencoba akses gratis selama 14 hari. Setelah masa percobaan selesai, kamu bisa mulai berlangganan jika ingin tetap menggunakannya.

Berikut cara menggabungkan file melalui Nitro PDF:

  1. Jika kamu belum punya software Nitro PDF, silahkan download dan install terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi Nitro PDF di PC/laptop. Jika kamu menginstall Nitro PDF dengan benar dan sudah disetting sebagai program default, maka sangat mudah menggabungkan beberapa file menjadi satu.
  3. Pilih file yang ingin digabungkan. Tekan shift+klik kiri pada semua file yang dipilih. Agar lebih mudah mencarinya, pindahkan semua file tersebut ke dalam satu folder.
  4. Masuk kembali ke aplikasi, lalu pilih menu “Combine Files in Nitro PDF”. Buka folder berisi file yang ingin digabungkan lewat aplikasi ini.
  5. Rapikan file dan atur sesuai urutannya. Kamu bisa gunakan tombol Move Up dan Move Down untuk mengatur letak file-file.
  6. Klik Make PDF Files dan pilih kualitas terbaik untuk file yang kamu buat. Tunggu beberapa saat sampai proses penggabungan selesai.
  7. Terakhir, simpan file dengan cara klik Save PDF to.. dan pilih lokasi penyimpanannya. Kamu juga bisa ganti nama file PDF sesuai kebutuhan.

4. WPS Office

WPS Office

Nah, bagi kamu yang ingin menggabungkan file PDF dengan praktis, bisa menggunakan WPS Office. Mungkin orang-orang mengenal WPS Office hanya sebagai aplikasi pembaca dokumen Office.

Nyatanya, aplikasi yang satu ini menyimpan segudang fitur yang tak banyak orang ketahui. Tak hanya sekedar membaca dokumen, WPS Office juga bisa digunakan untuk melakukan editing file berupa Word, Excel, dan juga PDF.

Untuk file jenis PDF sendiri, kamu bisa menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu. Caranya pun sangat mudah, kamu tidak perlu meminta bantuan orang lain atau sampai pergi ke warnet untuk melakukan ini.

Cukup manfaatkan HP Android mu untuk mengedit file menjadi satu. Penasaran, bagaimana caranya? Berikut tutorial singkat menggabungkan file PDF menggunakan WPS Office:

  1. Download dan install aplikasi WPS Office.
  2. Jika sudah selesai, buka aplikasi lalu pilih menu dengan tulisan Split / Merge PDF di pojok kiri.
  3. Pilih file-file yang ingin digabungkan. Atur file sesuai urutan yang kamu inginkan.
  4. Selanjutnya, masukan nama file pada export file name dan klik Merge. Nantinya, kamu akan menemukan file PDF tersebut pada Drive Local android mu.

5. Pdf Tool

Pdf Tool

Pdf Tool merupakan salah satu aplikasi berbayar yang bisa digunakan untuk mengedit dan menggabungkan beberapa file PDF. Meskipun berbayar, tapi harga untuk aplikasi ini tidak mahal. Mulai dari harga Rp 6.000 saja, kamu sudah bisa berlangganan.

Cara menggunakan aplikasi Pdf Tool juga sangat mudah. Pertama, kamu harus download dan install terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play Store atau klik link berikut ini.

Jika sudah berhasil terpasang, buka aplikasinya lalu pilih menu Merge. Setelah itu, pilih file-file yang ingin kamu gabungkan menjadi satu. Jangan lupa atur file sesuai urutan dan posisinya.

Terakhir, klik tombol Merge di bagian bawah dan tunggu beberapa saat sampai proses penggabungan file PDF selesai. Sangat mudah, bukan?

6. Foxit

foxit

Foxit merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk membaca dan mengedit file PDF. Aplikasi ini juga cukup populer karena dapat menggabungkan beberapa file PDF dengan mudah dan cepat.

Dalam aplikasi Foxit, ada fitur bernama Merge PDF dimana pengguna bisa menyatukan berapapun file PDF menjadi satu. Foxit juga berperan sebagai software PDF Editor yang bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari menambahkan watermark, header, footer, dan pages ke dalam file PDF.

Satu lagi keuntungan menggunakan aplikasi Foxit adalah adanya jaminan keamanan dimana file yang kamu buka tidak akan bocor. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline lho.

Untuk menggabungkan file PDF lewat Foxit, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu disini. Coba versi trial untuk pemula. Klik standart, lalu pilih Next dan isi data di form untuk proses registrasi. Selanjutnya, ikuti tutorial di bawah ini:

  1. Setelah aplikasi terpasang, kamu bisa buka satu file PDF terlebih dahulu lalu pilih menu Organize.
  2. Tap opsi Insert, dan klik From File. Setelah itu, kamu bisa pilih beberapa file PDF yang ingin digabungkan. Kemudian, klik tombol Open.
  3. Jika file sudah terbuka, kamu bisa mengatur urutannya dengan memakai tombol move up dan move down.
  4. Terakhir, klik tombol OK. Tunggu beberapa saat sampai proses penggabungan file PDF selesai.

7. PDF Doctor Premium

PDF Doctor Premium

Satu lagi aplikasi yang bisa kamu pakai untuk menggabungkan file PDF di Android adalah PDF Doctor Premium. Aplikasi ini memang tidak gratis, namun dijamin kamu tidak akan kecewa dengan berbagai fitur-fitur yang ada.

Untuk menggabungkan file lewat PDF Doctor Premium, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu melalui Play store ataupun App store.

Setelah itu, buka aplikasi PDF Doctor Premium dan pilih menu Merge. Pilih file-file PDF yang ingin kamu gabungkan menjadi satu. Terakhir, klik Merge PDFs dan tunggu beberapa saat sampai proses penggabungan selesai.

8. PDFelement 6

PDFelement 6 a

Cara menggabungkan file PDF selanjutnya adalah melalui aplikasi PDFelement 6. Aplikasi yang satu ini cukup simple dan praktis untuk mengedit file ataupun menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Caranya pun sangat mudah. Kamu bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Penasaran, bagaimana cara menggabungkan file PDF lewat aplikasi PDFelement 6? Berikut tutorialnya :

  1. Jika kamu belum punya aplikasi PDFelement 6, download dan install terlebih dahulu.
  2.  Buka aplikasinya lalu pilih opsi Combine PDF.
  3. Pilih dan cari file-file PDF yang akan digabungkan. Kamu bisa klik Browse untuk mencari file-nya, atau yang lebih mudah lagi bisa langsung lakukan drag & drop file PDF di aplikasi.
  4. Kamu bisa memilih lebih dari dua file untuk digabungkan. Jika sudah, klik Next.
  5. Tunggu beberapa saat sampai PDFelement 6 berhasil menggabungkan file PDF milikmu menjadi satu.

9. Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membaca dan mengedit file PDF dengan mudah. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis melalui HP Android.

Selain berfungsi sebagai aplikasi pembaca dan pengedit file PDF, Xodo PDF Reader & Editor juga memiliki beragam fitur lain, salah satunya yaitu fitur yang dapat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Untuk menggunakan Xodo PDF Reader & Editor, kamu harus install aplikasi-nya terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, pilih file-file PDF yang ingin digabungkan. Kemudian, klik tanda titik tiga di kanan atas layar dan pilih opsi Merge.

Isi atau ganti nama file pada jendela filename yang muncul, kemudian klik Merge. Setelah itu, tentukan dimana file hasil penggabungan tersebut ingin kamu simpan. Sangat mudah, bukan?

10. PDF Utility – Lite

PDF Utility Lite

Cara terakhir yang bisa kamu pilih untuk menggabungkan file PDF adalah menggunakan PDF Utility – Lite. Aplikasi yang satu ini bisa menggabungkan dua atau lebih file PDF dengan mudah dan cepat.

Menariknya lagi, PDF Utility – Lite dilengkapi dengan password sehingga data-data yang kamu gunakan dijamin aman.

Selain bisa menggabungkan file, PDF Utility – Lite juga dapat memisahkan file PDF, mengkonversi gambar ke file PDF, hingga ekstrak gambar atau foto dari dokumen PDF. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Pertama, kamu harus download dan install aplikasinya disini. Setelah itu, pilih fitur Merge dan pilih file-file yang ingin kamu gabung. Klik select file, lalu klik tanda ceklis di pojok kiri bawah layar. Tunggu prosesnya sampai selesai baru bisa kamu gunakan.

Nah, itulah beberapa cara paling mudah dan praktis yang bisa kamu pilih untuk menggabungkan file PDF menjadi satu. Kalau kamu malas menginstall aplikasi, cukup kunjungi salah satu halaman online tools untuk melakukannya.

Tapi, kalau kamu ingin mengedit atau menggabungkan file PDF secara offline, maka pilih salah satu aplikasi terbaik dan install melalui Play store maupun website resmi.

Yup, cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment