Beranda » PC » Tutorial » 3 Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Laptop / PC

3 Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Laptop / PC

Cara Mengembalikan Data yang Terformat – Bagaimana rasanya jika data-data penting yang kamu simpan tanpa sengaja terformat dan hilang begitu saja? Pasti sangat menyebalkan, bukan?

Oleh karena, itu sangat penting mengetahui cara-cara mengembalikan data yang terformat entah itu di PC, flashdisk, sd card, hardisk, dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu punya permasalahan yang sama tentang recovery data, berikut beberapa cara yang bisa langsung kamu praktekkan untuk mengembalikan data yang hilang atau terformat.

Cara Mengembalikan Data yang Terformat

1. Menggunakan Recuva

Recuva merupakan sebuah program freeware kecil yang berguna untuk memulihkan dokumen, gambar, video, musik, dan berbagai jenis file yang terdapat pada hard-drive, kartu memori, iPod, disket, maupun USB.

Dengan Recuva, kamu bisa mengembalikan file yang terhapus dari Recycle Bin hanya dalam waktu beberapa menit saja. Recuva juga dapat mengembalikan data yang terformat dari flashdisk / SD card dengan mudah dan singkat.

Berikut cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Recuva.

  • Download dan Install Recuva terlebih dahulu di PC kamu.
  • Selanjutnya, buka Recuva lalu pilih jenis file yang ingin dikembalikan. Untuk mengembalikan semua jenis file, pilih All File lalu klik Next.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Recuva 1

  • Kemudian tentukan lokasi penyimpanan file yang terhapus untuk mempercepat proses pencarian data yang hilang.
  • Kalau kamu yakin jika data yang terhapus memang tersimpan di lokasi yang sudah ditentukan, langsung saja klik Next. Tapi, kalau kamu lupa dimana data tersebut disimpan, maka pilih “I’m Not Sure” agar Recuva mulai menyortir semua file yang ada di perangkat komputer.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Recuva 2

  • Kamu juga bisa pilih opsi In a specific location untuk mengembalikan data yang hilang dari flashdisk atau SD card. Lalu klik Browse dan cari lokasi penyimpanan data yang hilang.
  • Selanjutnya, pilih data yang ingin dikembalikan dengan cara mencentang kotak di file-file tersebut. Klik kanan dan pilih “Recover Highlited” lalu akhiri dengan klik “Recover”.

2. Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard Free

Cara lain untuk mengembalikan data yang terformat adalah menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard Free. Selain gratis, kamu bisa memulihkan file yang hilang dengan mudah, entah itu di laptop maupun di perangkat eksternal seperti flashdisk dan kartu memori.

Software ini juga bisa mengambil data hardisk yang terformat meskipun ada kemungkinan bahwa datanya sudah rusak atau corrupt.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih file mana saja yang ingin dipulihkan untuk menghindari file recovery yang tidak diinginkan.

Berikut cara mengembalikan data yang terformat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard Free:

  • Download dan Install aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free disini.
  • Buka Data Recovery Wizard dan pilih jenis file yang ingin di handle. Sebenarnya semua jenis file bisa di handle, tapi pilih file yang akan dijadikan target operasi untuk mempermudah proses recovery data yang hilang.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Data Recovery Wizard 1

  • Selanjutnya, pilih lokasi penyimpanan. Ada 3 opsi yang bisa kamu pilih yaitu Libraries, Desktop, dan Hardisk Driver. Kamu juga bisa gunakan Flashdisk sebagai opsi tambahan.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Data Recovery Wizard 2

  • Scan lokasi yang dipilih dan tunggu hingga proses pencarian selesai.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Data Recovery Wizard 3

  • Setelah proses scan selesai, manfaatkan fitur Deep Scan untuk memperdalam proses pencarian data hingga per sector hardisk. Namun, prosesnya akan jauh lebih lama dibandingkan Quick Scan.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Data Recovery Wizard 4

  • Jika file sudah ditemukan, cek dulu dengan preview untuk memastikannya. Setelah itu, klik tombol Recovery yang berada di pojok kanan bawah. Jangan lupa centang file yang hendak dipulihkan.

Penting :

  • SSD punya mekanisme yang berbeda. Saat kamu mengaktifkan TRIM, maka setiap data yang terhapus tidak bisa dikembalikan.
  • Untuk HDD yang terformat, jangan install recovery toll di HDD yang sama. Sebaiknya lepas HDD terlebih dahulu dan pasang di komputer lain.
  • Lakukan pemulihan data secepat mungkin setelah file terformat.
  • Perlu diingat, tidak semua file bisa kembali seperti semula. Kemungkinan ada file yang sudah rusak/corrupt.

3. Menggunakan CardRecovery

CardRecovery merupakan salah satu jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang terformat dalam bentuk gambar, video dan audio.

Namun, sayangnya aplikasi ini tidak bisa mengembalikan data dalam bentuk dokumen, arsip RAR, dan berbagai jenis file lainnya seperti Photoshop dan PNG.

Jadi, kamu hanya bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file media saja, terutama untuk data yang terformat pada memori kamera digital.

Cara menggunakan CardRecovery cukup mudah, kamu hanya perlu menentukan lokasi file yang terhapus dan memiliki dimana lokasi file akan dipindahkan atau dikembalikan.

Berikut cara mengembalikan data yang terformat menggunakan CardRecovery:

  • Jalankan aplikasi CardRecovery, lalu klik menu Data Recovery.
  • Setelah jendela Data Recovery muncul, pilih CardRecovery lalu klik Next.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Cardrecovery 1

  • Arahkan kolom Memory Card Drive Letter pada lokasi data yang hendak dikembalikan.
  • Pilih data yang hendak dipulihkan, lalu tentukan lokasi dimana file hasil recovery akan disimpan. Usahakan jangan menyimpan pada drive yang sama. Jika sudah, klik Next.

Cara mengembalikan data yang terformat menggunakan Cardrecovery 2

  • Tunggu beberapa saat sampai proses recovery selesai. Cepat lambatnya proses recovery tergantung pada banyak dan sedikitnya file yang hilang.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengembalikan data yang terformat di PC kamu. Pilih salah satu yang paling efektif untuk memulihkan data yang hilang tanpa software atau menggunakan aplikasi.

Mungkin cukup sampai disini informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment