Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Mengatasi Laptop Hang

5 min read

Cara Mengatasi Laptop Hang

Laptop hang bisa terjadi di hampir semua merk dan jenis laptop, baik dengan sistem operasi terbaru maupun yang sudah lawas. Tidak heran banyak orang mencari tahu cara mengatasi laptop hang yang paling efektif dan terbukti berhasil.

Kalau laptop yang kamu gunakan juga sering mengalami hang, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu penyebabnya.

Setelah mengetahui masalah di balik laptop hang, kamu pasti akan menemukan cara terbaik dan paling cocok untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Laptop Hang

Penyebab Laptop Hang

Laptop tampaknya lebih sering mengalami hang dan error daripada PC. Hal ini disebabkan oleh peranti keras dalam laptop yang harus dikompres agar ukurannya bisa menjadi lebih kecil dibandingkan piranti yang digunakan PC Standar. Kinerja laptop pun menjadi lebih rendah dibandingkan dengan PC.

Selain itu, human error merupakan penyebab lain laptop kamu mengalami hang atau error. Berbagai penyebab lain yang bisa memicu munculnya hang antara lain adalah:

1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan

Ini adalah penyebab paling umum munculnya hang di laptop. Terlalu banyak app yang berjalan membuat kapasitas laptop kewalahan dalam menjalankan semuanya sekaligus sehingga terjadilah hang.

Kapasitas laptop Windows 7 dan versi lainnya tidak hanya diukur dari RAMnya saja.

Jenis penyimpanan internal dan prosesor yang digunakan juga mempengaruhi munculnya hang. Setiap app yang kamu buka memerlukan proses menuliskan dan membaca data yang dikerjakan oleh RAM, memori internal, serta prosesor secara bersamaan.

Kalau banyak aplikasi terbuka, CPU akan mengalami kelebihan muatan sehingga proses berjalannya aplikasi menjadi jauh lebih lambat, bahkan freeze sama sekali.

2. Kapasitas RAM laptop tidak mencukupi

RAM merupakan sebuah peranti keras dalam laptop yang tanggung jawabnya sangat besar, yaitu menampung program yang aktif.

Setiap program memerlukan ruang RAM dalam jumlah berbeda, seringkali diukur melalui optimasi program tersebut serta jumlah fitur didalamnya yang akan digunakan.

Beberapa program yang berjalan Bersama-sama akan membuat RAM laptop kelebihan kapasitas sehingga malah menutup secara otomatis.

Seringkali, laptop tidak mampu melakukan tindakan penutupan otomatis tersebut. Sebagai gantinya, muncullah hang.

3. Laptop mengalami overheat

Laptop yang terlalu panas atau overheat merupakan akibat dari seluruh peranti kerasnya yang kelelahan dalam bekerja.

Peranti keras dalam laptop yang bekerja tanpa henti menyebabkan sistem pendinginan laptop tidak berfungsi dengan optimal.

Setiap laptop mempunyai jenis pendinginan yang berbeda. Beberapa memiliki water cooling system yang akan mendinginkan CPU laptop.

Laptop yang terlalu panas membuat CPU berhenti bekerja dan hang muncul ke permukaan. Cara mengatasi laptop hang ini adalah dengan mengistirahatkannya.

4. Adanya driver yang mengalami corrupt

Driver dalam laptop berfungsi sebagai sebuah penghubung antara sistem operasi dengan peranti keras. Driver yang mengalami error atau corrupt bisa membuat jalur komunikasi tersebut terputus sehingga laptop pun mengalami hang.

Putusnya komunikasi antara sistem komunikasi dan peranti keras membuat laptop berhenti bekerja.

Laptop yang mengalami hang karena masalah ini bahkan bisa mati dengan tiba-tiba. Hal ini tentu berbahaya kalau file yang kamu kerjakan belum sempat disimpan.

5. Adanya error di perangkat eksternal

Kalau kamu menghubungkan perangkat eksternal seperti hard disk eksternal, atau mouse dan keyboard eksternal, bisa jadi perangkat tersebut merupakan penyebab hang yang muncul di laptop Windows 8 milikmu.

Saat kamu menyambungkan perangkat eksternal yang error ke laptop, pemrosesan driver perangkat tersebut akan terhambat.

Hal ini bisa menyebabkan munculnya peringatan Device Not Responding. Bahkan sistem operasi laptop pun ikut hang dan mengalami error.

6. Laptop hang karena terserang virus

Virus adalah penyebab dari banyaknya masalah yang muncul di laptop, salah satunya adalah hang.

Virus bisa menghambat performa laptop kamu. Virus juga menyebabkan CPU di laptop menjadi overheat sehingga laptop pun bisa rusak secara permanen.

Sangat disarankan untuk menggunakan salah satu dari sekian banyak aplikasi antivirus yang disarankan.

Ada antivirus yang bisa kamu pakai dengan gratis tanpa harus membeli atau berlangganan sama sekali.

7. Adanya file system di laptop yang mengalami corrupt

Biasanya, hal ini terjadi di laptop yang dilengkapi sistem operasi Windows 7 dan Windows 10 dan setelah dilakukan update besar.

Update memberikan file terbaru ke sistem operasi dan mengganti file yang lama. Sayangnya, hal ini justru membuat beberapa laptop Windows 7 dan 10 mengalami hang.

Kalau hal ini terjadi pada laptop yang kamu gunakan, kamu bisa mencoba melakukan downgrade ke sistem atau versi yang sebelumnya. Atau kamu juga bisa menunggu update baru yang akan memperbaiki kerusakan sistem operasi tersebut.

8. Salah satu atau beberapa software sering error

Kalau software yang kamu jalankan di laptop sering mengalami error, hal ini mempengaruhi performa laptop dan membuat laptop jadi ikut hang juga.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya penggunaan program yang kurang bagus atau adanya bug di program yang belum dioptimasi.

Cari tahu program mana yang sering mengalami error lalu hindari menggunakan aplikasi tersebut. Atau lakukan reinstall pada program yang sering mengalami error dan pastikan program tersebut bisa berjalan dengan lancar agar tidak menurunkan performa laptop.

9. Terlalu banyak file temporary yang tersimpan

File temporary di laptop yang sudah mengendap terlalu lama juga bisa menyebabkan hang.

Cara mengatasi laptop hang karena masalah ini adalah mengecek file yang sudah terlalu lama ada di laptop lalu membersihkannya.

10. Terlalu banyak program antivirus yang aktif

Penggunaan antivirus memang sangat membantu, tapi kalau antivirus yang berjalan di laptop lebih dari satu, laptop juga bisa mengalami hang.

Gunakan satu saja aplikasi antivirus yang ampuh dan efektif untuk menghilangkan virus dan meningkatkan performa laptop.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang

Kalau laptop kamu sering hang, jangan buru-buru membawanya ke jasa service.

Ada 4 cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah hang yang muncul di laptop. Pilih salah satu solusi berikut yang paling sesuai dengan kondisi laptop.

1. Mengatasi Laptop Hang saat Booting/Masuk BIOS

Mengatasi Laptop Hang saat Booting Masuk BIOS

Cara pertama ini sifatnya hanya sementara saja yang berarti bisa jadi suatu saat nanti laptop kamu kembali mengalami hang.

Tapi jangan ragu untuk mencoba beberapa langkah di bawah ini, anggap sebagai pertolongan pertama terhadap masalah hang yang muncul di laptop Windows.

  • Lakukan restart terlebih dulu kemudian masuk mode BIOS. Cara masuk mode BIOS berbeda tergantung merk laptop kamu, bisa menggunakan tombol del, F8, F2, dan sebagainya.
  • Setelah berhasil masuk ke mode BIOS, pilih pengaturan Advanced BIOS Features dengan menggunakan keyboard laptop kamu.
  • Cari pengaturan yang berhubungan dengan BIOS Cache. Kalau sudah ketemu, pastikan untuk memilih Disable.
  • Tekan tombol F10 atau Simpan pengaturan yang baru kamu terapkan. Kemudian klik tombol Enter.

2. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan (Starting)

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan (Starting)

Ada juga laptop yang langsung mengalami hang padahal baru saja dihidupkan atau dinyalakan. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh:

  • Kipas dan RAM dalam laptop yang kotor

Cara mengatasinya adalah membersihkan kedua komponen tersebut sesegera mungkin. Kamu bisa menggunakan karet penghapus untuk membersihkan RAM laptop yang kotor.

Gunakan penghisap debu atau kuas untuk membersihkan kipas dalam laptop yang kotor. Kalau Anda ragu untuk membersihkannya sendiri, bawa laptop kamu ke jasa service.

  • Program Windows laptop bermasalah

Masalah yang muncul di program Windows disebabkan oleh berbagai hal, seperti virus dan file system yang hilang atau corrupt. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan program CCleaner untuk melakukan scan terhadap laptop kamu. Kamu juga bisa menggunakan app antivirus.

  • Kemungkinan lain

Ada beberapa penyebab lain masalah hang ini bisa terjadi. Misalnya, mungkin saja motherboard laptop yang mengalami masalah. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membawa laptop kamu ke teknisi atau service center terdekat.

3. Cara Mengatasi Laptop yang Not Responding

Cara Mengatasi Laptop yang Not Responding

Aplikasi lain mengalami not responding biasanya bukan merupakan masalah besar, tapi kalau File Explorer yang mengalami not responding, kamu bisa mencoba cara mengatasi laptop hang berikut ini.

  • Tekan kombinasi tombol Ctrl, Shift, dan Esc di keyboard laptop kamu secara bersamaan. Tombol-tombol tersebut merupakan shortcut untuk membuka jendela Task Manager.
  • Akan muncul daftar program yang berjalan, termasuk yang not responding. Klik program yang mengalami not responding.
  • Klik tombol End Task yang ada di bagian pojok kanan bawah jendela Task Manager untuk mengakhiri program tersebut secara paksa.
  • Kalau cara tersebut tidak berhasil, tekan kombinasi tombol Ctrl, Alt, dan Del di keyboard laptop bersama-sama.
  • Kamu akan melihat daftar tindakan yang bisa dipilih, termasuk membuka Task Manager atau mematikan dan merestart laptop. Kalau kamu ingin mengakhiri semua aktivitas laptop, pilih Restart atau Shutdown dengan menekan logo power di pojok kanan bawah layar laptop.

4. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Bermain Game

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Bermain Game

Beberapa laptop mengalami hang saat internetan dan saat digunakan untuk ngegame.

Hal ini biasanya disebabkan oleh malware atau virus terutama ketika kamu mengunjungi situs yang ilegal atau saat kamu mengunduh program atau aplikasi yang mencurigakan.

Selalu lakukan scanning berkala dan hindari mengunduh aplikasi dari situs yang kurang meyakinkan. Terlalu banyak temporary file, cache, dan history di browser juga mengakibatkan laptop hang saat digunakan untuk internetan.

Tapi kalau laptop mengalami hang saat digunakan untuk ngegame, bisa jadi penyebabnya adalah:

  • Kipas laptop rusak atau mati. Gunakan kipas atau fan tambahan, atau ganti kipas laptop dengan yang baru.
  • Spek laptop kamu ternyata kurang memadai untuk game tersebut. Pastikan kamu memainkan game yang memang sesuai dengan spek laptop yang kamu miliki.
  • Kartu grafis dan prosesor menjadi terlalu panas atau RAM mengalami kerusakan. Pastikan kamu memeriksa keadaan kartu VGA dan RAM agar tidak kelebihan muatan.
  • Hardisk laptop bermasalah. Solusi paling mudah untuk masalah ini adalah menghapus instalasi game dan memperbaiki harddisk sebelum menggunakannya kembali.

Setiap penyebab laptop mengalami error atau hang membutuhkan cara mengatasi laptop hang yang berbeda.

Lakukan pengecekan terlebih dulu dan cari tahu akar masalahnya. Sehingga nantinya kamu bisa menemukan solusi yang benar-benar pas dengan sumber errornya laptop Windows milikmu.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *