Beranda » Mobile » Cara Mengatasi HP Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot

Smartphone android yang tiba-tiba lemot bisa menghambat kegiatan yang membutuhkan penggunaan smartphone. Kalau hp androidmu tiba-tiba jadi lemot, kamu perlu cari tahu apa penyebabnya dan menemukan cara mengatasi HP lemot yang paling efektif untuk mengembalikan performa hpmu.

Apapun merk hp yang kamu gunakan dan sebagus apapun smartphone itu, ada kalanya dia jadi lemot dan butuh disegarkan agar performanya kembali bagus. Tapi pertama-tama, pahami dulu apa saja yang bisa menyebabkan smartphone android menjadi lemot atau lambat.

Penyebab HP Android Lemot

Penyebab HP Lemot

Biasanya yang paling sering disalahkan dalam berbagai kasus smartphone menjadi lemot adalah random access memory atau RAM.

Padahal kasus lemot juga bisa menyerang smartphone dengan ram yang tinggi. Pahami dulu penyebab munculnya masalah lemot ini di smartphone android kamu sendiri.

1. Terlalu Banyak Data di Memori Internal

Saat pertama kali kamu beli hp android dan memakainya, kamu bisa merasakan cepatnya performa hp androidmu. Hal ini karena memori internalnya masih kosong sehingga mampu menampilkan data dengan lebih cepat.

Seiring berlalunya waktu, semakin banyak data yang kamu simpan di memori internal, semakin lambat pula memori atau penyimpanan internal dalam menampilkan data yang berupa file, video, foto, atau aplikasi. Semakin penuh memori internalmu, semakin lemot dan panas smartphone mu.

Kamu bisa mengakali masalah ini dengan memindahkan sebagian besar data ke memori eksternal seperti micro SD atau pindahkan semuanya ke laptop.

2. Kapasitas Penyimpanan (Storage)

Kapasitas penyimpanan ini berkaitan erat dengan banyaknya aplikasi yang kamu pasang atau instal di smartphone androidmu. Banyaknya aplikasi yang menumpuk di hp android dan jarang atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali bisa menyedot kapasitas penyimpanan smartphone android.

Kalau masalah ini kamu abaikan terlalu lama, performa smartphone android kamu pun jadi menurun dan akibatnya smartphone kamu pun jadi lemot. Pastikan kamu memasang aplikasi yang memang benar-benar berguna dan sering kamu pakai.

3. Performa Baterai Menurun

Masalah lemot ini juga bisa disebabkan oleh performa baterai smartphone android yang menurun. Baterai smartphone yang menurun bisa terjadi karena kamu kurang merawat baterai smartphone mu. Masalah ini jadi lebih sulit diatasi sejak banyak merk smartphone menggunakan baterai tanam.

Pastikan kamu merawat baterai smartphone androidmu dengan baik agar daya tahannya terjaga dan performanya tidak menurun. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat performa baterai hp android kamu adalah tidak meninggalkan baterai android untuk di-charge terlalu lama.

4. RAM & Memori Flash Storage Degradasi

Memori flash storage dan ram di smartphone android bisa mengalami degradasi atau penurunan performa seperti yang terjadi pada baterai smartphone android. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya aktivitas penghapusan data dan penulisan yang terjadi di kedua komponen tersebut.

Akibatnya, smartphone androidmu jadi butuh waktu lama untuk berpikir dan jadi lemot dalam menampilkan data yang kamu butuhkan. Apapun penyebab lemotnya smartphone android kamu, pastikan kamu tahu cara mengatasi HP lemot yang paling efektif.

10 Cara Mengatasi HP Lemot

Kalau kamu sudah paham apa saja yang membuat hp Realme milikmu jadi sangat lemot, kamu bisa mencari tahu solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah lemot yang muncul.

Di bawah ini kamu bisa lihat 10 cara paling efektif untuk mengatasi masalah lemot di smartphone android.

1. Perhatikan Kapasitas Memori

Perhatikan Kapasitas Memori

Masing-masing smartphone dilengkapi dengan kapasitas memori tertentu. Selain ramnya, kapasitas memori ini juga sangat berpengaruh terhadap kinerja smartphone yang kamu pakai.

Kalau memori internal smartphone kamu tinggal sisa sedikit, bersihkan dan sediakan lebih banyak memori internal.

Cara melakukannya sangat mudah, kalau kamu memang butuh menyimpan banyak file atau data di smartphone android, sediakan kartu memori berukuran besar.

Pindahkan semua data penting dari memori internal ke kartu memori agar memorinya jadi lega dan nggak lemot waktu menampilkan data.

Atau kamu bisa membeli smartphone yang dibekali dengan kapasitas memori internal paling besar. Misalnya, smartphone android yang memori internalnya minimal 128 GB atau 256 GB.

2. Hapus atau Hentikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Paksa Berhenti Aplikasi

Cek ulang aplikasi yang ada di smartphone kamu dan cari tahu app apa saja yang sudah lama nggak kamu pakai. Hapus app yang sudah nggak pernah kamu pakai lagi dan app-app yang fungsinya mirip-mirip. Masalahnya, ada app bawaan yang nggak bisa dihapus meskipun nggak berguna buat kamu.

Kamu bisa menonaktifkan atau men-disable app-app bawaan yang memang nggak pernah kamu pakai. Pertama, masuk ke app Settings di smartphone Xiaomi, buka menu Apps, lalu pilih tab Running Apps. Disable semua aplikasi yang tidak kamu butuhkan tapi tidak bisa di uninstall.

3. Rutin Bersihkan Cache Data

Hapus Cache Data di Android

Cache adalah sebuah tempat yang menyimpan semua data sementara dari berbagai aplikasi yang pernah kamu pakai atau yang sedang dipakai.

Berkat bantuan cache inilah kamu bisa membuka app dengan cepat dan mudah karena cache menyimpan ingatan bahwa kamu pernah memakai app itu.

Tapi kalau cache-nya sudah terlalu banyak, smartphonemu bisa jadi lemot juga. Untuk membersihkan cache yang ada di smartphone kamu, jalankan app Settings lalu buka bagian Apps. Cari aplikasi yang mau kamu bersihkan cache-nya. Selanjutnya kamu perlu tap di bagian clear cache.

4. Matikan Auto-Sync

Matikan Auto Sync Android

Fitur auto-sync ini juga sangat bermanfaat, terutama untuk kamu yang punya beberapa perangkat berbeda dan butuh menyambungkan semua perangkat. Tapi ternyata fitur ini juga bisa membuat smartphone kamu jadi lemot, terutama waktu menjalankan aplikasi tertentu seperti Email.

Kamu bisa mengaktifkan fitur auto-sync ini di jam-jam tertentu saja, lalu menonaktifkannya lagi setelah data berhasil disinkronkan. Atau kamu bisa memanfaatkan app semacam MacroDroid atau Accounts Sync Profiler yang bisa menyinkronkan androidmu dengan perangkat lain sambil menghemat baterai.

5. Update Software

Update Software

Software yang belum update biasanya juga bisa menimbulkan masalah di smartphone android kamu dan menyebabkan lemot. Kalau sudah ada pemberitahuan untuk update software, kamu sebaiknya langsung melakukan update software agar masalah yang dimiliki oleh sistem sebelumnya bisa teratasi.

Untuk melakukan update software kamu bisa mengikuti langkah ini:

  • Buka Settings di smartphone.
  • Buka bagian About Phone atau About lalu pilih bagian System Update.
  • Tap tombol Check for Updates untuk melihat apakah memang sudah ada software terbaru yang tersedia.

Kalau update sudah tersedia, langsung download update dan perbarui software smartphone androidmu untuk pengalaman menggunakan smartphone yang lebih baik. Kalau nantinya ternyata ada masalah di software yang baru, kamu hanya perlu menunggu pembaruan lain dan perbaikan dari pengembangnya.

6. Kurangi Widget

Widget memang banyak disukai oleh pengguna smartphone karena bisa mempercantik tampilan smartphone android dan bisa bermanfaat sebagai jalan pintas sehingga kamu bisa gampang membuka aplikasi yang dibutuhkan tanpa perlu mencari-cari aplikasinya dulu.

Sayangnya, widget juga bisa bikin smartphone android jadi lemot, apalagi kalau ada banyak sekali widget. Cara mengatasi HP lemot adalah dengan menghapus semua widget. Kalau nggak terlalu penting, lebih baik hindari memakai widget di bagian homescreen agar smartphone kamu nggak lemot.

7. Cara Mengatasi HP Lemot dengan Fitur Auto Kill

Banyak app yang dibuka secara multitasking di smartphone android bisa membuat ram smartphone kamu jadi lebih sesak sehingga smartphone pun bisa jadi makin lambat. Masalah ini bisa diatasi dengan sangat mudah dengan cara memanfaatkan fitur yang bernama auto kill.

Fitur khusus bernama auto kill ini bisa membuat app-app jadi nggak akan berjalan di background, sehingga smartphone kamu nggak akan jadi lemot. Fitur auto kill ini juga salah satu solusi efektif yang bisa mengatasi masalah smartphone lemot setelah kamu melakukan update software.

8. Gunakan 1 Aplikasi Antivirus

Gunakan Antivirus

Aplikasi antivirus punya banyak fungsi penting untuk smartphone android kamu. Sayangnya, app antivirus ini sama seperti aplikasi bawaan di smartphone Lenovo dan semua smartphone android lain yang suka berjalan terus menerus di latar belakang atau background.

App yang terus berjalan seperti itu bisa membuat ram kamu jadi makin boros sehingga kinerja smartphone androidmu juga jadi lemot. Kalau memang perlu memakai aplikasi antivirus, cukup pakai 1 aplikasi antivirus. Tanpa app antivirus pun smartphone android kamu bisa tetap aman dari virus.

9. Gunakan Aplikasi Multifungsi

Ada banyak aplikasi multifungsi yang bisa kamu pakai di smartphone android. Aplikasi multifungsi ini bisa dipakai di smartphone android yang sudah di root maupun yang tidak di root sama sekali. Kalau kamu tidak tertarik untuk melakukan root terhadap smartphone android, kamu bisa pakai Clean Master.

Kalau kamu rela melakukan rooting smartphone android kamu, gunakan app multifungsi bernama Apps2SD. Apps2SD ini adalah aplikasi yang serbaguna dan sangat fungsional. App ini bisa membantumu melakukan backup aplikasi dan link aplikasi ke kartu memori.

App ini juga bisa melakukan banyak fungsi lain di hp Samsung.

10. Reset Data Pabrik

Factory Reset Android

Cara mengatasi HP lemot yang terakhir adalah mengembalikan smartphone kamu seperti sedia kala sewaktu kamu baru beli smartphone android alias melakukan factory reset.

Factory reset atau reset data ke setelan pabrik akan menghilangkan semua apps dan data yang ada, jadi backup dulu datamu.

Setelah semua data selesai di backup, ikuti langkah-langkah yang sangat mudah ini:

  • Buka Settings di smartphone android kamu.
  • Buka bagian Backup & reset yang biasanya ada di menu bernama Personal.
  • Masuk ke bagian personal data lalu tap pilihan factory data reset.
  • Baca informasi yang muncul di layar smartphone kamu lalu tap di bagian Reset phone.
  • Nantinya kamu akan diperingatkan bahwa proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di memori internal smartphone android kamu.
  • Setelah smartphone android kamu selesai melakukan proses menghapus data, lanjutkan dengan memilih restart smartphone.

Setelah di restart, smartphone kamu akan tampil seperti smartphone android yang baru dikeluarkan dari boxnya untuk pertama kali, kecuali bagian fisiknya yang mungkin sudah tergores. Bagian dalamnya masih kosong dan siap untuk diisi lagi dengan aplikasi yang berguna dan data penting.

Sekarang kamu hanya perlu melakukan setting lagi sesuai keinginan dan pastikan kamu jaga baik-baik jangan sampai lemot lagi.

Pakai kartu memori yang memadai daripada memenuhi memori internalmu dengan berbagai data yang bisa membuat smartphone android kamu menjadi lemot.

Leave a Comment