Beranda » PC » Dokumen » 3 Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) di Word dengan Mudah

3 Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) di Word dengan Mudah

Cara Menampilkan Ruler di Word – Ruler merupakan salah satu fitur dalam Microsoft Word yang sangat berguna untuk merapikan tulisan. Entah untuk tugas ataupun skripsi, ruler bisa membantu dokumen yang kamu kerjakan jadi lebih rapi.

Di Microsoft Word sendiri, fitur ‘Ruler’ memiliki dua jenis, yaitu ruler vertikal dan ruler horizontal. Ruler vertikal berada di bagian kiri halaman Word, sedangkan ruler horizontal berada di bagian atas halaman.

Di beberapa kasus, fitur ruler tidak bisa langsung muncul secara default. Untuk itu, kamu harus tahu cara menampilkan ruler di Word agar bisa melakukannya secara mandiri.

Bagi sebagian orang yang jarang memanfaatkan ruler, mungkin hilangnya fitur ini akan terasa biasa saja. Namun, bagi orang-orang yang sering menggunakannya, pasti akan merasa bingung dan kesulitan bagaimana cara mengatasi fitur Ruler kembali.

Nah, di artikel kali ini kami akan memberitahu cara menampilkan ruler di Word, sekaligus tutorial singkat mengubah satuan ruler dan cara menampilkan vertical ruler di Microsoft Word dengan mudah.

Cara Menampilkan Ruler di Word

Microsoft Word memang terkenal dengan berbagai fiturnya yang lengkap dan bermanfaat untuk penulisan dokumen. Dari toolbar, kamu bisa langsung mengakses berbagai fiturnya dengan mudah, termasuk Ruler.

Bagi sebagian orang yang sekedar menulis dokumen lalu mencetaknya, mungkin banyak yang mengabaikan fungsi fitur yang satu ini. Padahal dengan adanya ruler, kamu akan terbantu dalam mengatur paragraf dan menata posisi text agar lebih rapi.

Terkadang, fitur ruler tidak muncul secara default atau bahkan menghilang karena secara tidak sadar kamu memencet tombol atau mungkin shortcut tertentu.

Saat ruler tidak muncul di halaman Word, kamu nggak usah panik. Kamu juga tidak perlu sampai install ulang Ms Word hanya karena ruler-nya hilang. Karena, cara memunculkan ruler di Word itu sangat gampang lho.

Yuk, langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cara Menampilkan Ruler di Word 2010

Hampir semua versi Microsoft Word, mulai dari word 2013, word 2010, word 2007, dan word 2006 punya cara yang sama untuk menampilkan ruler.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir meski menggunakan Ms Word yang berbeda, karena caranya pun tetap sama saja. Dan di tutorial kali ini, kami menggunakan Microsoft Word 201o untuk uji coba.

Langsung saja, berikut cara menampilkan ruler di Word secara simple dan mudah:

  • Buka Microsoft Word di PC atau laptop yang kamu gunakan.
  • Klik tab View di bagian atas. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke menu Show.

Cara Menampilkan Ruler di Word 1

  • Untuk menampilkan ruler, centang box Ruler yang ada di deretan paling atas. Setelah itu, ruler akan muncul di halaman Word kamu.

Cara Menampilkan Ruler di Word 3

Sangat mudah bukan? Tanpa perlu install ulang Microsoft Word atau meminta bantuan orang lain, cukup dengan 3 langkah saja kamu sudah bisa menampilkan ruler di Word secara mandiri.

2. Cara Mengubah Satuan Ruler di Word

Setiap versi Microsoft Word biasanya menyediakan format satuan yang berbeda-beda untuk fitur Ruler itu sendiri. Mulai dari centimeter, inch, millimeter, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk kamu yang sudah terbiasa menggunakan satuan centimeter atau ingin menggantinya dengan satuan lain, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut cara mudah mengubah satuan ruler di Microsoft Word:

  • Buka Microsoft Word di PC/laptop yang kamu gunakan.
  • Klik menu File yang terletak di pojok kiri atas.

Cara Mengubah Satuan Ruler di Word 1

  • Setelah dialihkan ke menu file, klik Options. Tunggu menu Options terbuka dan kamu akan diarahkan ke jendela yang bernama Word Options.

Cara Mengubah Satuan Ruler di Word 2

  • Selanjutnya klik Advanced pada tab sebelah kiri. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan menu Display.

Cara Mengubah Satuan Ruler di Word 3

  • Cari opsi “Show Measurements in units of” untuk mengubah satuannya. Disini kamu bisa mengubah satuan ruler menjadi centimeter, inch, millimeters, points, picas, dan lainnya.

Cara Mengubah Satuan Ruler di Word 4

  • Terakhir klik OK.

3. Cara Menampilkan Vertical Ruler di Word

Fitur vertical ruler di Word mungkin masih jarang orang ketahui. Padahal, fungsi fitur yang satu ini cukup penting untuk mengatur jarak header dan footer.

Hal ini juga termasuk pekerjaan editing, karena menyangkut header dan footer yang biasanya dipakai saat proses mencantumkan nomor pada halaman Word.

Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara menampilkan vertical ruler di Word, yuk simak tutorial singkatnya berikut ini.

  • Pertama, buka Microsoft Word pada PC / laptop yang kamu gunakan.
  • Klik tab File yang terletak di pojok kiri atas halaman. Nantinya, kamu akan diarahkan ke jendela File.

Cara Menampilkan Vertical Ruler di Word 1

  • Selanjutnya, klik Option yang terletak di menu paling bawah sebelah kiri.

Cara Menampilkan Vertical Ruler di Word 2

  • Klik Advance, scroll ke bawah sampai kamu menemukan menu Display.

Cara Menampilkan Vertical Ruler di Word 3

  • Centang bagian “Show Vertical Ruler in Print Layout View” dan terakhir klik OK.

Cara Menampilkan Vertical Ruler di Word 4

Sekarang, kamu sudah bisa menggunakan vertical ruler untuk mengatur penulisan di Word agar lebih rapi.

4. Fungsi Ruler di Microsoft Word

Sudah dijelaskan di awal bahwa ruler merupakan salah satu fitur di Microsoft Word yang sangat penting. Terutama untuk mengatur struktur penulisan dokumen agar terlihat lebih jelas dan rapi.

Namun, lebih dari itu, fitur ruler pada Microsoft Word nyatanya memiliki banyak fungsi. Terutama untuk kamu yang sedang membuat skripsi, makalah, atau dokumen kantor, fitur yang satu ini akan sangat membantu.

Penasaran apa saja fungsi ruler di Microsoft Word? berikut diantaranya:

  • Mengatur Margins, baik margin kanan, kiri, maupun atas dan bawah.
  • Mengatur jarak, spasi, dan fungsi tab.
  • Mengetahui batas area penulisan di Word .
  • Mengetahui ukuran gambar, tabel, dan unsur lainnya dalam dokumen Word.
  • Menyesuaikan teks, gambar, tabel, dan unsur lainnya yang ada dalam dokumen.
  • Mengetahui posisi gambar, tabel, dan unsur lainnya dalam dokumen Word.

Baca Juga :

Cara Membuat Kop Surat Resmi di Microsoft Word 2010 Lengkap !

Yup, itulah fungsi ruler di Microsoft Word yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahui cara menampilkan ruler di Microsoft Word sekaligus fungsi-fungsinya, sekarang kamu bisa membuat dokumen dengan lebih rapi dan tertata, sekaligus lebih praktis.

Cukup sampai disini informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment