Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

4 min read

Cara Membuat Tabel di Word

Ketika menulis sebuah dokumen untuk tugas atau kepentingan bisnis, kadang tabel sangat diperlukan sebagai data atau informasi pendukung dari apa yang sudah kita tulis. Namun masalahnya di Word membuat tabel tidak semudah di Excel.

Masih banyak pengguna Word yang bingung bagaimana cara membuat tabel di Word. Padahal membuat tabel di Word sangat mudah. Hampir semua versi Word sudah memiliki fitur untuk membuat tabel.

Biasanya semakin baru versi dari Word yang Anda gunakan, fitur pembuatan tabel yang ada akan semakin banyak dan ini memudahkan kita untuk membuat tabel yang paling sesuai. Nah berikut ini akan kami bagikan cara membuat tabel di Word.

Cara Membuat Tabel di Word

Cara untuk membuat tabel di Word berbeda dengan membuat tabel di Excel. Berbeda dengan Excel yang memiliki fitur untuk pembuatan tabel cukup banyak, fitur tabel di Word cukup terbatas. Namun meskipun begitu, Anda masih bisa membuat tabel yang cukup powerfull untuk mendukung tulisan.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat tabel di Microsoft Word:

1. Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel

Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel

Di Word, Anda juga bisa menambahkan tabel ke sebuah teks yang telah dibuat. Cara menambahkan tabel pada teks sangatlah mudah, bahkan untuk orang awam pun pasti bisa melakukannya.

Adapun caranya adalah:

  • Pertama, silahkan klik atau blok semua teks yang akan diubah menjadi sebuah tabel.
  • Kemudian klik menu Table yang ada di bagian Insert.
  • Setelah Anda klik menu Tabel,, akan muncul menu drop-down. Silahkan arahkan kursor ke bagian bawah dan pilih Convert Text to Table.
  • Selanjutnya akan muncul sebuah jendela yang berupa kotak dialog. Silahkan Anda pilih Separate text at. Fungsi pada pengaturan ini adalah untuk mengatur Word yang akan dimasukkan dalam kolom-kolom pada tabel yang dibuat berdasarkan teks yang ada.
  • Jika sudah silahkan klik OK. Maka setelah itu teks yang dipilih akan tersaji dalam sebuah tabel.

2. Cara Menambahkan Tabel Kosong di Word

Cara MenambahTabel Kosong di Word

Untuk membuat tabel di Word, Anda harus membuat sebuah tabel kosong terlebih dahulu. Untuk menambahkannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama silahkan letakkan kursor teks di lembar kerja Microsoft Word yang akan dibuatkan tabel.
  • Selanjutnya masuk ke tab Insert > Pilih menu Table.
  • Setelah Anda klik menu Tabel, akan muncul menu drop-down. Menu tersebut berupa sebuah kotak-kota.
  • Silahkan Anda tentukan berapa jumlah baris dan kolom untuk tabel yang akan dibuat, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Caranya seret kursor mouse sesuai dengan jumlah baris dan kolom.
  • Setelah menentukan jumlah kolom, lepaskan kursor dan mouse. Setelah itu tabel pun sudah selesai dibuat.
  • Untuk mengisi teks di dalam tabel, silahkan tempatkan kursor ke dalam tabel yang akan diisi teks. Kemudian Anda bisa mulai menulis.
  • Jika Anda ingin menulis teks di kotak lain, caranya bisa gunakan Tab. Atau Anda juga bisa menggunakan tombol panah yang ada di keyboard.

Cara Memodifikasi Tabel

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Word, tutorial selanjutnya yang akan kami bagikan adalah cara memodifikasi tabel yang telah dibuat. Modifikasi tabel ada beberapa jenis, seperti menambah, menghapus, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial mengubah tabel berikut ini.

1. Cara Menghapus Kolom

Cara Menghapus Kolom

Cara modifikasi tabel yang pertama adalah menghapus kolom. Di Word kita bisa menghapus tabel yang sudah dibuat dengan menu Delete Cell. Caranya sendiri tidaklah sulit, silahkan arahkan kursor ke kolom tabel yang akan dihapus, kemudian pilih Delete Cell.

Setelah itu akan muncul sebuah jendela baru, silahkan pilih Delete entire row. Anda juga bisa menghapus kolom, Anda juga bisa menghapus baris dengan cara yang tidak jauh berbeda.

2. Cara Menambahkan Tabel atau Kolom

Cara Menambah Tabel atau Kolom

Selain menghapus, Anda juga bisa menambahkan kolom atau tabel yang sudah dibuat. Di Microsoft Word versi 2016, Anda bisa menambah kolom tabel dengan klik tanda plus yang ada di sebelah kiri atau kanan tabel.

Dengan klik tombol tersebut, tabel akan bertambah secara otomatis. Selain dengan tanda plus, Anda juga bisa menambah tabel dengan klik kanan pada tabel kemudian klik Insert > Pilih Insert Row Below.

3. Cara Memodifikasi Tabel Menggunakan Tab Layout

Cara Modifikasi Tabel Menggunakan Tab Layout

Setiap kali Anda memilih tabel, akan muncul tabel Layout yang digunakan untuk mengedit atau memodifikasi tabel yang ada. Tab layout ini terletak di bagian ribbon Table Tools. Lewat layout ini ada beberapa menu atau pengaturan yang Anda ubah, yaitu:

  1. Align Cell Text: Untuk mengubah posisi teks yang ada dalam tabel
  2. Change Cell Size: Untuk mengatur tinggi baris dan lebar kolom pada tabel
  3. Row and Columns: Untuk menghapus dan memasukkan baris serta kolom pada tabel
  4. Merge And Split Cells: Untuk menggabungkan beberapa kotak dalam tabel yang jaraknya berdekatan
  5. Distribute Row/Columns: Untuk membuat tabel menjadi rapi dan terorganisir.
  6. Change Text Direction: Untuk mengubah teks yang tadinya dalam posisi horizontal ke posisi vertikal.

4. Cara Menerapkan Desain Mengatur Border

Cara Menerapkan Desain Mengatur Border

Selain membuat tabel, Anda juga bisa menerapkan desain atau gaya pada tabel yang telah dibuat. Caranya silahkan klik pada tab Design > Pilih Table Tools.

Kemudian di bagian Table Styles silahkan klik pada drop-down More. Nah, di sini silahkan pilih desain yang Anda inginkan supaya tabel yang dibuat menjadi lebih keren dan menarik.

Anda juga bisa mengatur border atau garis pembatas yang ada pada tabel. Fungsi dari border ini adalah untuk menegaskan konten yang ada pada tabel.

Cara mengatur border tabel sangat mudah, silahkan Anda pilih beberapa kota pada tabel. Kemudian pada tab Design > Pilih Borders > Silahkan sesuaikan dengan Pen Color, Line Style, dan Line Weight sesuai keinginan Anda.

Anda juga bisa mengatur jenis border lewat tab Design > Borders > Klik menu Drops-down > Pilih Jenis Border sesuai keinginan.

Cara Membuat Judul Tabel Berulang

Kadang ketika kita membutuhkan tabel untuk membuat list data yang isinya sangat banyak dan tidak muat dalam satu halaman saja. Yang jadi masalah adalah kita harus menuliskan header tabel berulang kali supaya tabel menjadi jelas.

Banyak orang yang belum tahu, sebenarnya ada cara supaya kita tidak perlu membuat header tabel secara manual berulang kali. Cukup membuatnya satu kali dan di halaman berikutnya akan muncul header tabel atau judul tabel yang sama secara otomatis.

Berikut adalah cara membuat judul tabel berulang di tabel:

  • Pertama, silahkan Anda buat tabel yang panjangnya lebih dari satu halaman. Lebih banyak maka lebih baik, supaya hasil atau perubahannya lebih terasa.
  • Langkah selanjutnya, silahkan blok header tabel atau judul tabel yang ingin Anda ulang di setiap halaman selanjutnya.
  • Setelah itu, silahkan klik tab Layout > Pilih Repeat Header Rows.
  • Selesai, sekarang Anda sudah berhasil membuat judul tabel berulang di tabel setiap halamannya secara otomatis.

Selain cara di atas, Anda juga bisa membuat judul tabel berulang dengan cara berikut:

  • Buat tabel dengan panjang lebih dari satu halaman. Silahkan buat tabel dengan panjang 4 halaman.
  • Kemudian Blok Header Tabel > Klik Kanan > Pilih Tabel Properties.
  • Kemudian Centang pada opsi Repeat as header row at the top of each page. Jika sudah silahkan klik OK.
  • Selesai, sekarang Anda sudah berhasil membuat header tabel yang berulang di setiap tabel pada halaman lainnya.

Demikianlah tutorial cara membuat tabel di Microsoft Word yang dapat kami sampaikan. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu Anda untuk membuat tabel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *