Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Cara Membuat QR Code

3 min read

Cara Membuat QR Code

Cara membuat QR Code kini semakin mudah karena ada banyak situs dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat QR code sendiri melalui PC maupun smartphone.

Seperti yang kita tahu, QR code sudah banyak digunakan dimana saja dan untuk banyak hal. Mulai dari kemasan produk, pamflet untuk promosi, poster konser, sticker, banner iklan, dan lain-lain.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat QR code, maka di artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara membuat QR code dengan mudah untuk pemula.

Apa itu QR Code?

Apa iitu QR Code

QR Code atau Quick Response Code adalah adalah kumpulan kode piksel hitam dan putih yang menyimpan berbagai macam data, yang nantinya dapat dipindai (scan) dalam dua dimensi yaitu vertikal dan horizontal.

Sesuai namanya, QR Code diharapkan dapat menyampaikan informasi secara cepat dan meresponnya dengan tepat. Awalnya, QR code lebih ditujukan untuk melacak kendaraan bagian manufaktur di Jepang.

Namun seiring perkembangan zaman, QR code memiliki fungsi yang lebih luas dan digunakan untuk mempermudah aktivitas manusia seperti media promosi produk, jasa, dan lain sebagainya.

QR Code kini banyak ditemukan di pamflet promosi suatu produk atau bahkan di dalam kemasan produk itu sendiri. Saat orang memindai QR code tersebut, maka otomatis akan dialihkan ke website atau halaman lain sesuai tujuan QR code dibuat.

Bentuk pola yang digunakan dalam QR code adalah persegi. Mengapa persegi? karena persegi hampir tidak akan muncul di dunia bisnis. Sehingga bentuk pola tersebut lebih mudah dibaca oleh perangkat.

Fungsi dan Manfaat QR Code

Fungsi dan manfaat QR code sendiri bisa dibagi menjadi dua macam yaitu sebagai komersial dan juga kepentingan umum. Berikut penjelasannya.

1. QR Code untuk Komersial

QR Code untuk Komersial

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sekarang ini QR code banyak digunakan sebagai ajang promosi produk, jasa, ataupun periklanan lainnya.

Dengan QR code, orang-orang diberi kemudahan dalam menyimpan dan mengakses data. Hanya dengan scan QR code saja, kamu akan langsung dialihkan ke halaman iklan tersebut dan semua informasi yang berkaitan akan muncul dengan mudah.

2. QR Code untuk Kepentingan Umum

QR Code untuk Kepentingan Umum

Tak hanya sekedar media promosi, QR code juga memiliki manfaat untuk kepentingan umum lho.

Contohnya saja di Jepang, disana mereka menerapkan kode QR yang bisa dipindai pada kemasan makanan. Jadi saat orang memindai kode tersebut, maka secara otomatis akan masuk ke halaman yang menampilkan kandungan nutrisi dan masa kadaluarsa makanan tersebut.

QR code juga bisa digunakan untuk mengetahui posisi bus. Beberapa halte memiliki QR code yang dapat dipindai untuk mengetahui posisi bus yang sedang ditunggu. Jadi intinya, QR code benar-benar efisien, bermanfaat, dan sangat mempermudah kegiatan manusia.

Jenis-Jenis QR Code

Jenis-Jenis QR Code

Secara umum, QR code terdiri dari dua jenis dengan fungsi yang berbeda. Penasaran apa saja?

  • QR Code Statis

QR code statis adalah jenis QR code yang berisi tautan ke sebuah halaman website yang tetap. Sehingga setelah dibuat, QR code jenis ini tidak bisa diubah.

QR code statis bisa digunakan untuk menampilkan halaman produk terbaru atau rekening bank untuk menerima pembayaran di toko online.

  • QR Code Dinamis

QR code dinamis adalah jenis QR code yang berisi URL singkat, yang nantinya dapat dialihkan ke halaman website lain. Dengan begitu, QR code dapat digunakan secara berulang dan terus-menerus.

Saat menggunakan QR code dinamis, kamu bisa memperbaharui atau mengubah informasi URL dan akun media sosial sesuai produk baru yang dipromosikan.

7 Cara Membuat QR Code Online

1. Pilih QR Code Generator yang Cocok

QR code generator merupakan sebuah tools yang biasanya digunakan untuk membuat QR code secara mudah.

Sekarang ini, ada banyak situs atau website gratis yang menyediakan jasa untuk membuat QR code. Beberapa diantaranya adalah QR Stuff, Visualead, QRCode Monkey, Kaywa, dan qr-code-generator.com.

Setiap situs tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa coba satu-satu dan pilih situs yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Pilih Tipe Konten

Selanjutnya kamu bisa memilih tipe QR code yang ingin dibuat. Umumnya, QR code generator memiliki beberapa tipe konten.

Contohnya seperti situs qr-code-generator.com, ada banyak opsi yang bisa dipilih seperti URL, Vcard, Twitter, Text, E-mail, PDF file, dan lainnya.

Setiap tipe konten sudah pasti memiliki bentuk QR code yang berbeda. Jadi, sebaiknya bisa pilih tipe sesuai kebutuhan saja.

Cara Membuat QR Code 1

3. Masukkan Data ke Form

Langkah berikutnya adalah memasukkan data ke form. Jika kamu memilih tipe URL, maka harus memasukkan alamat website milikmu.

Tetapi, jika memilih opsi Twitter, Instagram, atau sosial media lainnya, maka kamu akan diminta untuk menulis username yang akan dimasukkan ke dalam QR code tersebut.

Cara Membuat QR Code 2

4. Atur Tampilan QR Code

Salah satu hal menarik dalam membuat QR code sendiri adalah kamu bebas meng-custom tampilan QR code sesuai keinginan.

Mulai dari menu Frame, ada banyak pilihan bingkai yang bisa kamu pakai untuk membuat tampilan QR code yang menarik.

Cara Membuat QR Code 3

Setelah itu, kamu bebas memilih warna dan bentuk kode yang ada di dalam bingkai dengan klik opsi Shape & Color.

Cara Membuat QR Code 4

Menariknya lagi, kamu juga bisa menambahkan logo dari website atau perusahaanmu. Bisa dicoba jika kamu ingin membuat QR code yang berisi gambar.

Cara Membuat QR Code 5

5. Download QR Code

Jika sudah puas dengan tampilan QR Code yang kamu buat, saatnya untuk mengunduh QR code tersebut.

Kamu bisa langsung download QR Code dalam format JPG maupun vector (SVG/EPS).

Cara Membuat QR Code 6

6. Uji QR Code

Terakhir, kamu perlu menguji coba QR code tersebut sebelum digunakan.

Gunakan salah satu aplikasi scan di smartphone untuk melakukan uji coba. Jika bisa dibuka, berarti QR code yang kamu buat sudah berhasil dan siap di posting ke sosial media atau pamflet untuk promosi.

Cara Membuat QR Code di Android

Ada cara lain untuk membuat QR code di android dengan mudah, yaitu menggunakan aplikasi QR Code Generator.

Aplikasi QR Code Generator bisa didownload secara gratis lewat Play Store. Selain mudah digunakan, membuat QR Code lewat aplikasi juga dapat dilakukan secara offline sehingga lebih hemat kuota.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dan install aplikasi QR Code Generator melalui Play Store atau link berikut
  • Setelah terpasang, buka aplikasinya. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai tipe konten untuk QR code, mulai dari Text, URL, Email, SMS, dan lain-lain.
  • Nah, kalau kamu ingin mempromosikan website atau halaman produk terbaru, cukup klik tipe konten Website.

Cara Membuat QR Code di android

  • Selanjutnya, masukkan alamat URL yang ingin kamu buatkan QR Code. Setelah itu, klik tombol “Buat” yang ada di bagian kanan atas.
  • Tunggu beberapa saat sampai QR Code berhasil dibuat dan muncul secara otomatis.
  • Kamu bisa mengatur tampilan QR code yang dibuat, mulai dari template, warna, logo, dan teks.
  • Kamu bisa langsung menyimpan QR Code tersebut dengan klik tombol Save di bagian atas. Terakhir, uji coba keberhasilannya dengan menggunakan aplikasi QR Code Reader & Scanner.

Nah, itulah cara-cara membuat QR code yang bisa kamu coba. Selain qr-code-generator.com, ada banyak situs lain yang bisa kamu gunakan dan pastinya caranya pun tidak jauh berbeda.

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *