Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Cara Membuat Kartu Nama

4 min read

Cara Membuat Kartu Nama

Cara Membuat Kartu Nama – Kartu nama merupakan alat pengenal untuk menunjukkan identitas seseorang. Lewat kartu nama, kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi tentang seseorang dengan mudah, mulai dari nama, alamat, nomor hp, bahkan perusahaan tempat ia bekerja.

Kartu nama juga ada banyak jenisnya. Mulai dari kartu nama pribadi, kartu nama perusahaan, ataupun kartu nama untuk promosi bisnis dan jasa.

Cara membuat kartu nama sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa membuat kartu nama menggunakan Word, Photoshop, dan CorelDraw.

Atau bisa juga membuat kartu nama secara online dengan memanfaatkan situs dan website gratis. Tinggal kunjungi website nya, lalu pilih desain kartu nama, dan lakukan sedikit editing, maka kamu sudah bisa mendapat kartu nama yang keren.

Cara Membuat Kartu Nama Online

Membuat kartu nama online bisa jadi salah satu opsi untuk kamu yang malas menginstall software atau aplikasi tertentu.

Ada banyak situs online yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah Canva. Dengan Canva, kamu bisa membuat desain kartu nama sesuai keinginan dan selera.

Sebagaimana slogan Canva “Membuat Kartu Nama Profesional dalam Hitungan Menit”, kamu bisa membuat kartu nama pribadi dengan mudah, cepat, dan gratis.

Berikut 6 langkah membuat kartu nama secara online dengan Canva:

1. Buat Akun Canva

Buat Akun Canva

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat kartu nama secara online adalah masuk ke akun Canva. Jika belum punya, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu.

Kamu bisa daftar menggunakan akun google, facebook, ataupun email. Pilih salah satu yang paling mudah.

2. Pilih Kartu Nama

Pilih Kartu Nama

Setelah berhasil membuat akun, kamu akan masuk ke halaman dashboard Canva seperti gambar di bawah ini. Pilih template Kartu Nama yang tersedia, atau kamu juga bisa mencarinya melalui kotak pencarian.

Sampai tahap ini, kamu bisa langsung mengedit template kartu nama tadi. Hanya saja, ukurannya default dari Canva. Jika ingin mengubah ukurannya, kamu bisa ikuti cara-cara berikut.

3. Pilih Ukuran

Pilih Ukuran

Untuk mengatur ukuran kartu nama yang kamu buat, klik “Dimensi Khusus” yang ada di bagian kanan atas. Jangan lupa atur juga satuannya, kamu bisa gunakan satuan dalam cm ataupun mm.

Selain desain, ukuran juga menjadi salah satu hal penting dalam membuat kartu nama.

Pastikan kartu nama yang kamu buat memiliki ukuran yang pas untuk disimpan di saku atau dompet. Hal ini diperlukan agar kartu nama milikmu mudah dibawa kemana-mana.

4. Pilih Template

Pilih Template

Berikutnya, pilih template kartu nama sesuai keinginan. Di Canva sendiri, ada ratusan template kartu nama dengan berbagai desain yang bisa kamu pilih.

Biasanya template tersebut sudah dikategorikan sesuai bidang profesi. Jadi, pilih template kartu nama yang sesuai dengan pekerjaanmu ya.

5. Edit Template Kartu Nama

Edit Template Kartu Nama

Setelah memilih template, selanjutnya edit template kartu nama tadi. Klik tulisan atau logo pada template dan ganti sesuai data diri kamu.

Kamu bisa mengganti ukuran font, warna, dan lain-lain di bagian bagian bar atas. Pastikan semua informasi yang kamu masukkan ke dalam kartu nama sudah benar dan sesuai.

6. Download/Cetak Kartu Nama

Download/Cetak Kartu Nama

Terakhir, kamu bisa langsung mengunduh atau mencetak kartu nama yang selesai di edit. Klik icon unduh dibagian atas untuk mendownloadnya ke android maupun PC.

Jika kamu ingin langsung mencetaknya di Canva, maka klik “Cetak Kartu Nama” di sebelah tombol unduh. Pilih jenis kertas dan berapa banyak lembar kartu nama yang ingin dicetak.

Tapi, kalau kamu ingin mencetak kartu nama di Canva, ada sejumlah harga yang harus dibayar.

Tips Membuat Kartu Nama yang Keren

Karena fungsinya cukup penting, tentu membuat kartu nama tidak boleh sembarangan ataupun asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan sebelumnya.

Nah, agar kartu nama yang kamu buat terlihat keren dan profesional, berikut beberapa tips yang perlu kamu tahu:

Logo merupakan salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum membuat kartu nama. Dengan logo yang tepat, kartu nama milikmu akan terlihat semakin eye catching dan istimewa.

Kalau kamu bekerja di suatu lembaga atau perusahaan, maka kamu bisa gunakan logo dari perusahaan tersebut.

Tapi, kalau kamu menawarkan jasa atau memiliki bisnis sendiri, sebaiknya pilih logo yang simple namun tetap menarik agar kartu namamu tidak terlihat norak dan terlalu ramai.

2. Beri Info Penting

Selain fungsinya menjadi alat pengenal atau penunjuk identitas seseorang, kartu nama juga bisa kamu gunakan sebagai alat bantu promosi usaha dan bisnis yang kamu miliki.

Untuk itu, sertakan informasi-informasi penting di dalam kartu nama tersebut. Mulai dari nama lengkap, nomor telepon, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan lainnya.

Hindari menuliskan terlalu banyak informasi yang dirasa tidak terlalu penting agar kartu nama tidak terlihat penuh.

3. Pilih Warna yang Tepat

Satu lagi hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat kartu nama adalah pilihan warnanya. Pemilihan warna yang tepat tentu akan membuat kartu nama terlihat lebih menarik.

Kamu bebas memilih warna untuk kartu nama sesuai keinginan. Tapi akan lebih bagus jika kamu memilih warna-warna yang cenderung netral.

Jangan pilih kombinasi warna yang terlalu mencolok. Tapi, jika identitas perusahaan memiliki warna yang mencolok, maka kamu bisa mengkombinasikan background putih atau hitam supaya terlihat lebih netral.

Standar Kertas Kartu Nama

Standar Kertas Kartu Nama

Tak hanya soal ukuran, satu hal yang cukup penting diketahui sebelum membuat kartu nama adalah mengetahui standar kertas yang umum digunakan untuk membuat kartu nama tersebut.

Tentunya setiap jenis kertas kartu nama akan menghasilkan kualitas yang berbeda. Ada yang hasilnya mewah, elegan, standar, ataupun biasa saja.

Adapun beberapa jenis kertas kartu nama yang bisa kamu jadikan sebagai referensi adalah sebagai berikut:

1. Mohawk Option

Salah satu jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat kartu nama adalah Mohawk Option.

Jenis kertas ini memiliki tekstur yang halus dan daya serap tinta yang istimewa sehingga cocok untuk membuat kartu nama. Selain itu, Mohawk option juga cukup tebal karena memiliki gramatur 250 gr.

Satu lagi yang menarik, kertas ini bisa dicetak bolak-balik sehingga kamu bisa menampilkan informasi yang lebih lengkap di dalam kartu nama.

2. Art Paper/Art Carton

Jenis kertas lain yang juga sering digunakan untuk membuat kartu nama adalah Art Paper dan Art Carton. Kertas yang satu ini sering dipilih karena cukup tebal dan tidak gampang rusak.

Art Paper dan Art Carton memiliki ketebalan sekitar 260 gr. Keunggulan lain dari jenis kertas ini adalah adanya kesan glossy di permukaan.

Kesan glossy pada kertas tentu akan membuat kartu nama tampak berkilau dan hasilnya pun jauh lebih elegan dibandingkan dengan jenis kertas lainnya.

3. Linen Jepang

Kertas lokal yang digolongkan sebagai jenis kartu nama biasa disebut dengan Linen Jepang.

Kertas ini memiliki garis-garis seperti berserat yang cocok sebagai bahan pembuatan kartu nama perusahaan. Teksturnya yang unik akan membuat kartu nama jadi lebih menarik dan berkarakter.

4. Blues White (BW)

Jenis kertas yang satu ini memiliki permukaan halus seperti beberapa yang sudah disebutkan. Hanya saja, kertas Blues White (BW) tidak memiliki lapisan.

Kertas ini memiliki bentuk seperti kertas manila dengan tekstur yang kaku namun tetap bisa ditulisi. Selain itu, kertas Blues White (BW) hanya bisa dicetak satu sisi saja bukan bolak-balik.

5. Splendorgel

Jenis kertas kartu nama yang terakhir adalah Splendorgel. Kertas ini memiliki warna putih, sangat halus, dan juga kaku.
Penggunaan kertas ini dapat menghasilkan kartu nama yang berkualitas berkat permukaannya yang halus.

Kalau kamu ingin membuat kartu nama dengan blok warna, maka kamu bisa memilih kertas jenis Splendorgel.

Baca juga: Ukuran ID Card

Yup, itulah beberapa ulasan terkait cara membuat kartu nama, tips pembuatannya, dan jenis-jenis kertas yang bisa kamu gunakan untuk membuat kartu nama sendiri.

Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya!

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Ukuran X Banner

Pras
2 min read

Ukuran Kartu ATM

Pras
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *