Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

2 min read

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

Cara membuat daftar pustaka di word – Daftar pustaka adalah komponen penting dalam membuat sebuah laporan, karya ilmiah, skripsi, buku, jurnal, ataupun makalah. Umumnya daftar pustaka ini ada di halaman terakhir dari karya yang dibuat.

Namun tahukah Anda bahwa Microsoft Word sudah menyediakan fitur untuk membuat daftar pustaka otomatis? Dengan fitur ini Anda tidak perlu khawatir jika tidak tahu atau lupa dengan format penulisan daftar pustaka yang benar.

Word akan membuat dan menyesuaikan daftar pustaka sesuai dengan jenis yang Anda miliki, seperti apakah daftar pustaka tersebut berasal dari website, jurnal, buku, dan lain sebagai dengan format dan atributnya masing-masing.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara membuat daftar pustaka di word otomatis. Cara ini bisa Anda gunakan untuk versi Microsoft Word 2016, Word 2017, sampai dengan versi Word yang terbaru sekarang ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

Cara Membuat Daftar Pustaka di WordCara Membuat Daftar Pustaka di Word

Bagi Anda yang masih bingung cara membuat daftar pustaka di Word, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama silahkan buka software Ms. Word di Laptop atau PC Anda.
  2. Kemudian klik pada tab References > Pilih Manage Sources.
  3. Setelah itu akan muncul pop up jendela Source Manager > Silahkan klik New.
  4. Setelah itu, akan muncul jendela baru lagi yang bernama Create Source.
  5. Kemudian pada kolom Language silahkan pilih bahasa yang Anda inginkan.
  6. Selanjutnya, pilih sumber daftar pustaka yang akan Anda gunakan, misalnya website, buku, dokumen ataupun sumber lain.
  7. Misalnya, penulis akan mengambil sumber dari website. Silahkan isi semua data yang dibutuhkan, kemudian klik OK untuk menyimpan data yang telah diisi.
  8. Jika Anda ingin menambahkan sumber lain, silahkan klik New dan lakukan seperti langkah sebelumnya sehingga semua sumber yang ingin Anda jadikan acuan berhasil dimasukkan dalam daftar pustaka.
  9. Kemudian, silahkan close jendela Source Manager untuk menampilkan daftar pustaka yang telah dibuat di lembar kerja Word.
  10. Caranya klik tab References > Pilih Bibliography > Insert Bibliography.
  11. Setelah itu otomatis semua referensi yang Anda tuliskan sebelumnya akan ditampilkan secara berurut dan rapi di lembar kerja Ms. Word.

Lalu, bagaimana jika kita ingin menambahkan sumber yang baru namun daftar pustaka sudah ditampilkan di lembar kerja Ms. Word? Caranya sangat mudah, Anda tinggal ulangi langkah pertama dan tambahkan sumber baru seperti biasa.

Untuk memperbarui daftar pustaka yang ada di Ms. Word, caranya adalah Klik Kanan pada daftar pustaka, kemudian pilih Update Field. Setelah itu otomatis sumber pada daftar pustaka akan berubah dan bertambah dengan daftar pustaka yang Anda tambahkan.

Aturan Membuat Daftar Pustaka

Aturan Membuat Daftar Pustaka

Dalam membuat sebuah daftar pustaka, ada beberapa aturan yang harus Anda penuhi supaya daftar pustaka yang Anda buat tersebut baik dan benar sesuai kaidah yang ada. Berikut ini adalah aturan dalam membuat daftar pustaka:

  1. Pertama, nama penulis ditulis dengan format penulisan Vancouver atau dengan format nama terakhir, Inisial nama depan dan atau nama tengah. Anda bisa menuliskan sampai dengan 6 penulis di dalam daftar pustaka. Jika sumber Anda memiliki lebih dari 6 daftar penulis maka Anda harus menambahkan et al setelahnya.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan menulis judul buku yang ditulis dengan huruf miring (italic) dan diakhiri dengan tanda titik (.)
  3. Terakhir, dilanjutkan dengan menuliskan tempat buku tersebut diterbitkan, tambahkan tanda baca titik dua (:) dan dilanjut penerbit buku.

Contoh penulisan daftar pustaka yang benar:

Krug Steve (2013). Don’t Make Me Think “Panduan Praktis Membangun Web yang Logis”. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Cara Membuat Daftar Pustaka

Demikianlah tutorial singkat cara membuat daftar pustaka di Word secara otomatis lengkap dengan aturan dalam membuat daftar pustaka yang baik dan benar.

Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu Anda untuk menuliskan daftar pustaka di karya yang Anda buat dengan baik dan benar.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *