Beranda » Social Media » YouTube » Cara Membuat Channel YouTube

Cara Membuat Channel YouTube

Apakah kamu tertarik menjadi Youtuber dengan jutaan subscriber? Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu membuat channel Youtube terlebih dahulu. Jangan khawatir, cara membuat channel Youtube sangat mudah, bisa dilakukan di Android, iPhone maupun PC.

Menjadi Youtuber memang sedang digemari sekarang ini, jika kamu sukses, kamu bisa meraup ratusan hingga miliaran rupiah dari sana. Syaratnya hanya satu, kamu harus memiliki konten yang menarik, sehingga dilihat dan di-subscribe jutaan orang.

Cara Membuat Channel Youtube di HP

Membuat channel Youtube bisa kamu lakukan lewat perangkat apa pun, entah di Android, iPhone maupun iPad. Jadi kamu tidak perlu sedih jika belum punya PC, karena smartphone dan tablet pun bisa digunakan untuk membuat channel Youtube.

Cara membuat channel Youtube di Android, iPhone dan PC yang lengkap bisa kamu simak di bawah ini :

1. Membuat Channel Youtube di Android

Cara Membuat Channel Youtube di Android

Jika kamu menggunakan Android, membuat channel Youtube bisa kamu lakukan langsung dari aplikasi Youtube. Aplikasi Youtube biasanya adalah aplikasi bawaan dan langsung bisa digunakan, jadi kamu tidak perlu mengunduhnya di Google Play.

Untuk membuat channel Youtube, kamu harus memiliki Akun Google terlebih dahulu. Akun Google adalah akun yang bisa digunakan untuk mengakses layanan Google, selain Youtube ada Chrome, Google Drive, Google Mail dan lain sebagainya.

Berikut adalah cara membuat channel youtube di HP Android :

  • Buka aplikasi Youtube.
  • Jika baru masuk pertama kali, kamu harus Sign Up dan Log in terlebih dahulu, caranya klik gambar profil di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya masukkan alamat email Google yang kamu miliki dan klik Berikutnya.
  • Masukkan juga password dengan benar dan klik Berikutnya.
  • Setelah kamu berhasil login dan kembali ke beranda Youtube, sekarang klik gambar profil kembali untuk masuk ke menu setelan akun Youtube.
  • Berikutnya masuk ke menu Channel Saya lalu masukkan nama channel Youtube yang sudah kamu siapkan.
  • Jika sudah, selanjutnya bisa klik Buat Channel untuk membuat channel Youtube.
  • Tunggu beberapa saat hingga kamu dialihkan ke halaman channel baru, sekarang kamu tinggal mengatur beberapa detail agar channel siap dioperasikan.
  • Kamu bisa klik Pengaturan (gambar gear) untuk kustomisasi tampilan channel, misalnya saja memasang foto profil, gambar background, deskripsi dan pengaturan privasi.
  • Jika semua sudah pas sesuai dengan selera, kamu cukup klik Back untuk menyimpan perubahan tersebut.
  • Selesai, sekarang kamu bisa mulai upload konten melalui channel yang telah kamu buat dan menghasilkan uang dari youtube.

2. Membuat Channel Youtube di iPhone

Cara Membuat Channel Youtube di iPhone

Sebenarnya, membuat channel Youtube di iPhone tidak jauh berbeda dengan Android, syaratnya hanya harus memiliki Akun Google terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara membuat channel YouTube di iPhone :

  • Buka aplikasi Youtube di iPhone, jika belum punya harus download terlebih dahulu.
  • Jika baru pertama kali membuka Youtube, kamu bisa klik gambar profil di kanan atas.
  • Selanjutnya klik Buat Akun dan masukkan alamat email Google beserta password-nya.
  • Jika sudah yakin benar, kamu bisa klik Berikutnya.
  • Kamu akan diarahkan kembali ke beranda Youtube, kamu bisa kembali klik gambar profil lalu pilih Channel Saya.
  • Sekarang tulis nama channel Youtube baru yang kamu inginkan, jika sudah klik Buat Channel.
  • Berikutnya kustomisasi channel Youtube agar tampak profesional, caranya klik Setelan (gambar gear).
  • Berikutnya atur gambar profil, banner, deskripsi channel dan pengaturan privasi
  • Terakhir klik Back untuk menyimpannya dan kembali ke halaman channel.
  • Selesai, sekarang kamu punya channel Youtube baru, tugasmu sekarang adalah upload konten menarik dengan konsisten agar bisa mendapatkan adsense, endorse dan lain sebagainya.

Cara Membuat Channel Youtube di PC

Cara Membuat Channel Youtube di PC

Membuat channel Youtube di PC lebih fleksibel, kamu akan dimudahkan dengan layarnya yang lebar sehingga bisa mengatur tampilan channel dengan lebih leluasa.

Berikut ini adalah cara membuat channel YouTube di PC :

  • Kunjungi Youtube melalui browser di PC, terserah kamu ingin menggunakan Chrome, Mozilla atau Safari.
  • Setelah terbuka, kamu tinggal klik Sign In.
  • Selanjutnya masukkan Akun Gmail yang kamu miliki beserta password-nya dan klik Next.
  • Setelah berhasil login, masuk ke pengaturan profil Youtube dengan klik gambar profil di kanan atas.
  • Selanjutnya klik Settings, masuk ke Accounts dan pilih Create a new channel.
  • Sekarang masukkan nama channel Youtube yang sudah kamu siapkan sebelumnya, jika sudah klik Create Channel.
  • Selesai, kamu telah berhasil membuat channel di Youtube, sekarang kamu bisa klik Customize Channel untuk mempercantik tampilan channel dan mengatur beberapa hal lainnya.
  • Kamu bisa upload foto profil, menambahkan banner hingga menuliskan deskripsi tentang channel kamu.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa klik Save untuk menyimpannya.
  • Kamu bisa mengatur tampilan channel dan pengaturan privasi kapan pun kamu butuh.
  • Karena sudah memiliki channel Youtube sendiri, kamu bisa upload konten sesuai minat dan ketertarikanmu serta memonetisasinya.

Tips Membuat Channel Youtube Kamu Banyak Subscriber

1. Buat Konten yang Menarik

Buat Konten yang Menarik

Bagaimana cara agar channel Youtube kamu di-subscribe banyak orang? Sebenarnya caranya mudah, kamu hanya harus membuat konten yang menarik bagi mayoritas orang. Jika konten sudah menarik dari awal, orang akan datang sendiri menonton video dan berlangganan channel kamu.

Masalahnya, cara membuat konten menarik ini lah yang sulit, kamu harus banyak melakukan riset agar mengerti apa saja yang sedang dan menjadi minat banyak orang. Kamu juga harus sudah menentukan, siapa sih audiens yang ingin kamu sasar.

Jangan lupa juga untuk membuat analisis, bagaimana performa video yang telah kamu upload di channel milikmu. Semua engagement, durasi nonton kebanyakan, watch time, retensi video dan semacamnya bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk membuat video lebih menarik dan berkualitas.

Jangan lupa untuk belajar software video editing untuk membuat video tampak lebih menarik dan profesional. Banyak software video editing yang gratis yang bisa kamu coba, namun jika ingin fitur yang mumpuni dan lengkap bisa menggunakan versi berbayar.

2. Buat Judul dan Thumbnail yang Menarik

Buat Judul dan Thumbnail yang Menarik

Judul dan thumbnail video sangat penting untuk menarik atensi calon pemirsa video kamu.

Karena itu, kamu harus membuat judul dan thumbnail yang menarik, sedikit dibumbui dengan click bait, agar pengguna Youtube penasaran dan menontonnya hingga akhir.

Jangan pernah membuat judul dan thumbnail yang biasa saja, karena orang-orang akan langsung mengira bahwa video tersebut membosankan. Namun jangan terlalu click bait juga, karena bisa mengecewakan banyak orang yang terlanjur menonton video tersebut.

3. Gunakan Keywords

Gunakan Keywords

Youtube juga sama dengan Google, keyword yang banyak digunakan akan muncul di urutan teratas dalam pencarian. Karena itu, kamu bisa riset keyword yang paling sering digunakan dan sedang viral untuk ditambahkan ke judul, hashtag atau deskripsi video yang kamu upload.

Jadi, jika ada pengguna Youtube yang sedang mencari video dengan keyword yang sesuai dengan videomu, maka video tersebut akan muncul di urutan teratas. Hal ini merupakan cara jitu agar video yang kamu upload dilihat banyak orang, yang juga bisa menjadi subscriber baru.

Kamu juga bisa menyertakan hashtag yang sedang viral pada saat itu, meskipun tidak ada korelasi atau relevansi dengan video. Sedikit banyak, hal ini bisa mendongkrak posisi video di hasil pencarian Youtube.

4. Konsisten Upload Konten

Konsisten Upload Video di YouTube

Tips channel Youtube banyak subscriber selanjutnya adalah upload video ke channel Youtube dengan konsisten. Rentang paling ideal dan banyak dipraktikkan Youtube profesional untuk upload video adalah seminggu sekali.

Logikanya, ketika kamu rajin dan konsisten upload video ke Youtube, secara tidak langsung video milikmu akan sering tampil di pencarian Youtube. Hasilnya, video-video tersebut akan banyak dilihat pengguna Youtube.

Jika mereka tertarik, bukan tidak mungkin beralih ke video selanjutnya dengan mengunjungi channel kamu. Jika mereka merasa bahwa channel kamu menarik sekaligus memberikan banyak manfaat, mereka tidak ragu untuk berlangganan atau menjadi subscriber.

Cara membuat channel Youtube sangat mudah, namun butuh usaha dan semangat besar untuk membuat channel Youtube yang ramai dan di-subscribe banyak orang. Selain tips di atas, kamu juga harus rajin promosi ke banyak media sosial agar semakin banyak orang yang subscribe channel kamu.

Leave a Comment