Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Cara Membuat Akun PayPal

2 min read

Cara Membuat Akun Paypal

Cara membuat akun PayPal sebenarnya relatif mudah. Semudah membuat akun baru di Facebook dan Twitter. Bahkan lebih mudah dibandingkan apply kartu kredit dan buka buku tabungan di bank.

Cukup isi data pribadi, alamat lengkap, dan verifikasi, maka pembuatan akun selesai. Di PayPal, kamu tidak perlu pergi kemanapun. Cukup lakukan proses pendaftaran secara online dan ikuti tahap-tahapnya sampai selesai.

Nah, untuk kamu yang butuh akun PayPal, tapi masih bingung dengan cara membuatnya, yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini ya!

Apa itu PayPal

Apa itu PayPal

PayPal adalah sistem pembayaran elektronik atau digital yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima transfer uang. PayPal bisa dikatakan sebagai rekening online.

Berbeda dengan rekening online lainnya, fungsi utama PayPal adalah sebagai rekening untuk transaksi internasional.

PayPal sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1999. Aplikasi rekening online ini awalnya berasal dari sebuah perusahaan yang disebut dengan Confinity.

Confinity akhirnya bergabung dengan X.com dan PayPal semakin berkembang seperti sekarang. PayPal menawarkan sejumlah manfaat dengan berbagai fitur di dalamnya. Berikut diantaranya:

  1. Menerima pembayaran
  2. Menyimpan saldo
  3. Melakukan pembayaran online

Cara Membuat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit

Cara membuat akun PayPal sebenarnya cukup mudah. Tanpa kartu kredit dan VCC, kamu bisa mendaftar PayPal secara gratis melalui website resmi.

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Situs Resmi PayPal

Cara pertama untuk membuat akun PayPal adalah dengan mengakses situs resmi PayPal melalui link berikut https://www.paypal.com/. Itu untuk kamu yang menggunakan browser di komputer atau laptop.

Tapi, jika kamu melakukannya di android atau iOS, bisa download aplikasi PayPal di Playstore dan Appstore.

Setelah masuk ke situs, klik Daftar atau Sign Up.

Cara Membuat Akun PayPal

2. Pilih Akun Personal atau Bisnis

Selanjutnya pilih akun PayPal untuk personal atau bisnis. Keduanya memang bisa digunakan sebagai alat untuk mengirim dan menerima uang, namun tetap saja ada perbedaan.

Akun personal cukup dipakai untuk bertransaksi sehari-hari, sedangkan akun bisnis cocok digunakan oleh pengelola perusahaan.

Di dalam akun PayPal bisnis terdapat fitur tambahan yang memungkinkan akses untuk lebih dari 200 karyawan per akun.

Nah, kalau kamu ingin membuat akun PayPal personal, pilih “Personal Account” lalu klik “Next”.

Cara Membuat Akun PayPal 1

3. Masukkan Nomor dan Verifikasi

Selanjutnya, kamu perlu masukkan nomor ponsel yang aktif untuk mengonfirmasi bahwa kamu adalah pemilik atau pengguna dari nomor tersebut.

Nantinya, kamu akan mendapat SMS otomatis yang berisi kode verifikasi untuk langkah berikutnya.

Cara Membuat Akun PayPal 2

4. Atur Profil

Kamu perlu mengisi data pribadi untuk mendaftar PayPal.

Masukkan alamat email, nama depan, nama belakang, dan buat password yang mudah diingat. Jika sudah semuanya, klik “Next”.

Cara Membuat Akun PayPal 3

5. Masukkan alamat lengkap

Tahap selanjutnya adalah mengisi alamat lengkap. Masukkan tanggal lahir, kewarganegaraan, jenis identifikasi, dan alamat lengkap, seperti kota, provinsi, dan kode pos.

Jika sudah, bacalah user agreement dan privacy policy PayPal yang terletak di bagian paling bawah.

Jika kamu setuju, centang kedua kotak tersebut dan klik tombol “Setuju dan buat rekening” untuk mengonfirmasi bahwa kamu setuju membuat akun PayPal.

Cara Membuat Akun PayPal 4

6. Cek email untuk konfirmasi

Terakhir, PayPal akan mengirim email berisi link untuk mengkonfirmasi akun yang kamu buat. Klik link tersebut dan lakukan konfirmasi untuk proses terakhir.

Setelah itu, kamu sudah terdaftar sebagai pengguna PayPal dan lakukan aktivasi agar akun dapat digunakan.

Cara Aktivasi Akun PayPal

Setelah mendaftar, kamu wajib melakukan aktivasi agar akun PayPal mu bisa digunakan untuk mengirim dan menerima uang.

Kamu membutuhkan kartu kredit dan kartu debit untuk melakukan aktivasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Log in Akun

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk aktivasi akun PayPal tentu saja masuk ke akun yang telah terdaftar. Caranya, kunjungi situs Paypal, lalu klik “Log in”.

2. Klik opsi “Wallet”

Setelah berhasil masuk ke akun, secara otomatis kamu akan dialihkan ke halaman “summary”.

Untuk membuat akun PayPal mu aktif, klik menu “wallet” yang terletak di header atas halaman.

3. Klik “Link a…”

Tahap selanjutnya pilih opsi “Link a debit or credit card”.

Untuk melakukan aktivasi akun, kamu butuh kartu debit atau kartu kredit yang memiliki saldo minimal 1,95 USD (sekitar Rp 30.000).

Dengan begitu, akun PayPal akan secara otomatis memotong saldo kartu debit atau melakukan transaksi sebesar nominal yang disebutkan tadi pada kartu kredit.

Cara Aktivasi Akun PayPal

4. Lengkapi informasi akun

Selanjutnya kamu perlu memasukkan informasi akun yang dibutuhkan, mulai dari nomor kartu, tipe kartu, serta CCV yang ada di kartu debit dan kartu kredit.

Setelah itu, klik “Link Card”.

Terakhir, kamu akan diminta menunggu 2-3 hari sampai akun PayPal siap untuk digunakan.

Nah, itulah cara membuat akun PayPal sekaligus cara aktivasinya. Kalau kamu berkecimpung di dunia bisnis online, apalagi banyak melakukan transaksi luar negeri, maka sangat disarankan untuk menggunakan PayPal.

Aplikasi yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, tetapi juga untuk menerima pembayaran dan lainnya.

Puput Ariviana Editor sekaligus writer di teknolagi digital media. Passionate about writing, eating, and technlogy enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *