Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

2 min read

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Memiliki iPhone bisa membuat seseorang terlihat lebih menarik dan kekinian. Itulah kenapa beberapa orang terobsesi memilikinya dan tidak sadar jika sedang ditipu. Jika kamu ingin membeli gadget yang berkualitas pahami dulu cara membedakan iPhone asli dan palsu.

Dengan mengetahui perbedaannya, kamu tidak akan dengan mudah tertipu. Jadi, mau beli iPhone second hand sekalipun kamu tidak akan merasa was-was. Berikut cara membedakan iPhone asli dan palsu selengkapnya.

10 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Cara Membedakan Iphone Asli dan Palsu

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan jika kamu ingin membeli iPhone. Apalagi produk yang dibeli berjenis second atau produk dengan diskon besar. Simak beberapa poin di bawah ini agar tidak mudah ditipu.

1. Material iPhone

Material iPhone

Hal pertama yang harus diperhatikan saat kamu ingin membeli iPhone adalah mengetahui material yang digunakan. Sebagian besar material yang digunakan adalah logam yang kuat dan juga kaca yang anti gores.

Dengan mengetahui ini, kamu bisa membedakan iphone 5 asli dan palsu secara fisik. Cukup pegang dan rasakan perbedaannya. Jika kamu merasa ragu, lebih baik jangan dibeli apalagi produknya seken.

2. iPhone Asli Memiliki Retina Display

iPhone Asli Memiliki Retina Display

Sejak iPhone 4, Apple sudah mengenalkan Retina Display. Layar jenis ini memiliki kualitas yang tinggi dan sangat jernih. Apabila kamu beli iPhone dan layarnya sangat buruk, ada indikasi sudah diganti atau produk itu memang palsu.

3. Menggunakan iTunes

Menggunakan iTunes

Saat membeli ponsel bekas, ada baiknya untuk meminta penjual menunjukkan keaslian dari produk tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyambungkannya ke komputer yang sudah terpasang iTunes.

Aplikasi ini umumnya dipakai untuk transfer data. Apabila iPhone yang akan kamu beli asli, data akan terdeteksi dan ditampilkan di komputer. Apabila ponselnya palsu, iTunes tidak akan mau mendeteksinya.

4. iPhone Asli Memiliki App Store

iPhone Asli Memiliki App Store

Hanya iPhone asli yang memiliki App Store di dalamnya. Jadi, saat beli iPhone baru yang mencurigakan atau bekas, cek bagian itu. Apabila ada App Store, bisa dipastikan asli dan kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya.

5. Memiliki Tombol Screenshot Khusus

Memiliki Tombol Screenshot Khusus

Coba lakukan screenshot atau tangkapan layar. Biasanya kamu bisa menggunakan tombol Home dan juga sleep secara bersamaan untuk menangkap layar. Apabila tombol itu tidak bisa dipakai, kamu wajib curiga sebelum memutuskan untuk membelinya.

6. Harga iPhone Asli vs Harga iPhone Palsu

Harga iPhone Asli vs Harga iPhone Palsu

Membedakan iPhone 6s asli dan palsu, atau iPhone jenis lain bisa dilihat dari harga yang ditawarkan. Harga baru dari produk Apple sudah pasti tinggi dan agak tidak wajar bagi sebagian besar masyarakat.

Sementara itu, harga second juga cukup tinggi. Jadi, kalau kamu mendapati harga yang tidak wajar rendahnya, lebih baik hati-hati. Bisa jadi iPhone itu jenis refurbish atau sejenisnya.

7. Cek Garansi iPhone

Cek Garansi iPhone

Apabila kamu membelinya di toko resmi dari iPhone, bisa dipastikan garansinya adalah asli. Hal ini terlihat dari kartu garansi. Kamu juga bisa melakukan pengecek dengan menggunakan IMEI yang diberikan.

Hindari beli dari toko yang garansinya tidak jelas dan terkesan ditutupi. Apalagi saat dicek secara online tidak terlihat adanya garansi. Lebih baik beli di tempat lain daripada menyesal dan mengalami kerugian yang besar.

8. Cek IMEI di sistem, fisik, dan dus iPhone

Cek IMEI di sistem, fisik, dan dus iPhone

Semua produk Apple akan memiliki IMEI yang unik. Tidak ada yang sama antara satu dengan lainnya. Kalau kamu ingin mengetahui apakah ponselnya asli atau palsu, ada baiknya untuk mengecek IMEI dari sistem.

Jangan lupa cocokkan IMEI dari sistem dengan yang ada pada dus. Kalau sama berarti produk itu memang asli. Tapi, kalau ada perbedaan meski hanya satu angka saja, bisa dipastikan produk itu adalah palsu.

9. Tidak ada slot memori eksternal

Tidak ada slot memori eksternal

iPhone dari dahulu sampai sekarang tidak pernah memberikan slot memori eksternal. Mereka hanya menggunakan memori internal dan ukurannya jauh lebih besar. Apabila kamu mengetahui ada kemampuan ini, berarti produk itu palsu.

Selalu cek fisik satu per satu saat membeli gadget Apple apapun itu. Apalagi jika kamu membelinya dalam kondisi besar. Dengan melakukan pengecekan, kamu tidak akan mengalami penipuan dan selalu beli produk orisinal.

10. Cek Fitur iPhone

Cek Fitur iPhone

Selanjutnya, cek fitur khusus yang hanya dimiliki oleh iPhone jenis tertentu. Fitur ini tidak akan sama atau dimiliki ponsel jenis lain seperti Android. Jadi, lakukan riset dahulu dengan matang baru memutuskan untuk membeli iPhone bekas yang ditawarkan penjual.

Setelah memahami cara membedakan iPhone Asli dan Palsu di atas, kamu tidak akan was-was lagi saat membelinya.

Terpenting dari semua, kamu disarankan untuk membeli iPhone langsung dari toko resmi atau Authorized Reseller. Jadi, produknya bisa dipastikan asli sehingga kamu tidak perlu lagi mengecek banyak hal seperti cara di atas.

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Cara Restart iPhone

Pras
2 min read

Cara Mematikan iPhone

Pras
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *