Beranda » PC » Dokumen » 7 Cara Edit File PDF Secara Online & Offline dengan Mudah

7 Cara Edit File PDF Secara Online & Offline dengan Mudah

Cara edit file PDF ada banyak, bisa kamu lakukan secara online/offline, di Android dan PC menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Dengan cara-cara di atas, kamu bisa edit file PDF dengan leluasa sesuai yang kamu inginkan.

Ya, terkadang kita memang butuh untuk edit isi file PDF yang telah dibuat karena ada kesalahan atau ingin menambahi isi dari PDF hasil download di internet. Jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan, semuanya gratis dan mudah.

Cara Edit File PDF

1. Edit PDF Online tanpa Software

Solusi termudah untuk edit PDF tanpa harus instalasi software ya dengan memanfaatkan jaringan internet. Kamu bisa mengunjungi beberapa situs editor PDF yang gampang digunakan berbekal mesin pencarian dan koneksi internet tersebut.

Beberapa situs editor PDF paling terkenal misalnya Sejda, Smallpdf serta PDFescape. Khusus pada situs PDFescape dapat digunakan secara gratis tentunya dengan adanya selingan beberapa iklan saat dilakukan proses pengeditan. Khusus kali ini kita bahas tentang step penggunaan editor PDF Sejda ya.

  • Langsung masuk saja ke situs Sejda.
  • Lanjut kamu bisa upload atau drag file PDF yang telah disiapkan sebelumnya.

Edit PDF Online tanpa Software

  • Tunggu beberapa saat hingga dokumen muncul.
  • Selanjutnya kamu bisa pilih jenis pengeditan yang dimau dengan memperhatikan bagian toolbar atas.
  • Arahkan kursor dan kini kamu sudah bisa untuk mulai mengedit sesukamu.

Edit PDF Online tanpa Software 2

  • Jika ingin mengedit bagian text, pada toolbar atas pilih saja menu “Text”, lanjut arahkan kursormu ke bagian tulisan yang akan diedit.
  • Jika editan sudah selesai jangan lupa untuk langsung menyimpannya. Kamu juga bisa mengunduh PDF versi terbaru tersebut.

2. Edit PDF ke Microsoft Word

Untuk cara kedua ini sebelumnya perlu diingat jika menyunting file PDF dengan Microsoft Word tentu akan memunculkan beberapa keterbatasan. Hal tersebut mengingat kapasitas editing Microsoft Word juga yang cenderung mampu digunakan untuk aktivitas editing kelas sederhana.

Berikut rangkuman step dan cara edit PDF ke Word :

  • Pertama kali sebagai saran untuk hasil editing tetap rapi hendaknya menggunakan Microsoft Word 2019, 2016 ataupun 2013. Jangan yang lebih tua ya.
  • Lanjut ubah dulu file PDF menjadi format .doc atau .docx menggunakan converter. Kamu bisa bebas pilih gunakan freepdfconvert.com, ilovepdf.com, pdf2doc.com, pdfonline.com ataupun smallpdf.com (bisa dilakukan di Android). Langsung saja search dan masuk ke situsnya.
  • Lanjutkan dengan mengunggah file PDF yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Selanjutnya klik tombol “PDF to Word”.

Edit File pdf ke word

  • Tunggu sejenak untuk kemudian kamu bisa langsung unduh file yang telah berhasil terkonversi tersebut.
  • Sekarang file-mu sudah bisa disunting dengan format Microsoft Word sesuai dengan keinginan

Sebagai tambahan info, situs converter PDF ke Microsoft Word yang banyak disebutkan macamnya di atas tadi misalnya freepdfconvert.com juga bisa menjadi solusimu untuk melakukan daftar di bawah ini.

  • Mengubah JPG ke format PDF
  • Mengkompres ukuran file PDF
  • Menggabungkan beberapa PDF menjadi satu
  • Memisah-misahkan file PDF

3. Edit PDF Menggunakan Adobe Acrobat

Sejujurnya format PDF merupakan produk buatan dari Adobe, itu mengapa mengedit file PDF menggunakan Adobe Acrobat menjadi pilihan paling tepat. Tiada batasan penyuntingan file PDF jika menggunakan aplikasi berbayar ini. Sejujurnya ada beberapa pilihan jenis Adobe Acrobat.

Ada versi gratisnya yang bisa kamu pilih bernama Acrobat Reader. Aplikasi ini bisa membantumu dengan beberapa fitur editor PDF. Misalnya untuk membuka file PDF, mencoret text, memberikan garis bawah atau mode underline serta mengganti warna text atau memberikan efek highlight.

Sedang jenis aplikasi berbayar yang pertama bernama Acrobat Standard DC. Kamu bisa menggunakan layanan di dalam aplikasi tersebut dengan tarif Rp 175.300,- per bulannya. Sebagai saran usahakan untuk tidak mengunduh versi situs bajakan lantaran kurang aman serta berpotensi melanggar hukum.

Pilihan aplikasi berbayar selanjutnya bernama Acrobat Pro DC. Kamu bisa menikmati layanan di dalam aplikasi tersebut dengan tarif Rp 202.300,-. Dalam aplikasi ini kamu bisa menyunting keseluruhan materi dalam file PDF sepuas hati serta mengkonversinya ke dokumen Word juga. Step-nya seperti di bawah ini.

  • Pertama silahkan unduh serta lakukan instalasi aplikasi Adobe Acrobat.
  • Lanjut lakukan klik kanan pada bagian file PDF yang ingin disunting tersebut.
  • Selanjutnya klik menu “Open With > Adobe Acrobat” untuk mulai proses edit PDF.
  • Tunggu beberapa saat, begitu terbuka lanjutkan dengan klik opsi “ Tools > Edit PDF”.

Edit PDF Menggunakan Adobe Acrobat

  • Kamu kini bisa menggunakan toolbar untuk menyunting file PDF sesuka hatimu.

4. Edit PDF Menggunakan Software

Jika kamu tidak memiliki dana untuk membeli Adobe premium, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang harganya lebih murah bahkan ada yang gratis. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk edit PDF di laptop adalah sebagai berikut :

1. Preview (Khusus Mac)

Jika kamu menggunakan, maka bisa edit PDF mudah tanpa perlu pusing, yaitu menggunakan Preview. Sayangnya, fitur edit PDF ini belum tersedia untuk pengguna Windows. Caranya singkat dan mudah, yaitu seperti di bawah ini :

  • Buka file PDF yang ingin diedit.
  • Klik File dan pilih Open.
  • Masuk ke Tools dan pilih Annotate di menu Dropdown.

Edit PDF Menggunakan Software Preview

  • Klik opsi Text.
  • Terakhir, edit dokumen PDF sesuai yang kamu mau.

Beberapa hal di file PDF yang bisa kamu ubah melalui fitur Preview ini adalah :

  • Warna
  • Ukuran teks
  • Membuat signature

Memang sangat sederhana, namun lebih baik daripada tidak sama sekali.

2. PDF Xchange Suite

Cara Edit File PDF dengan PDF Xchange Suite

Cara edit file PDF juga bisa kamu lakukan dengan aplikasi PDF Xchange Suite. Aplikasi ini diklaim memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan Adobe Acrobat, sayangnya banyak pengguna yang mengeluh karena berantakan dan sulit dioperasikan.

Namun begitu, PDF Xchange Suite tetap worth it untuk digunakan, khususnya jika kamu ingin plugins untuk Javascript engines, image embedding hingga working with Google Drive. Kamu juga bisa leluasa edit file PDF, dari yang sederhana hingga yang paling kompleks.

3. PDFsam

Cara Edit File PDF dengan PDFsam

Apakah kamu sedang mencari aplikasi edit PDF untuk editing yang sulit dan rumit? Jika iya, kamu bisa download software PDFsam. Aplikasi ini memiliki fitur editing PDF yang lengkap, dan jarang ditawarkan oleh aplikasi sejenis.

Hebatnya lagi, software ini mengusung antarmuka yang mudah dipahami, dimana tombol edit ditampilkan secara gamblang dan mudah ditemukan. Ukurannya juga sangat ringan, jadi tidak akan membebani komputer yang kamu gunakan.

Bukan hanya untuk edit PDF, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat file PDF dengan cepat dan mudah. PDF yang kamu buat akan terlihat menarik karena ada fitur address spelling, alter colors, spelling mistake dan lain sebagainya.

Silakan pilih cara edit file PDF mana yang ingin kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Windows, maka disarankan untuk edit PDF menggunakan Adobe Acrobat.

Namun jika kamu pengguna Mac, maka bisa menggunakan Preview. Jika ingin edit PDF online, maka bisa menggunakan situs ilovepdf.com dan sejenisnya.

Leave a Comment