Beranda » Mobile » iPhone » Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone

Saat membeli ponsel iPhone baik itu yang baru atau seken, kamu harus mengecek garansi yang diberikan. Apakah itu garansi resmi atau hanya dari toko saja. Untuk itu, kamu harus tahu cara cek garansi iPhone semua jenis.

Sebelum membahas tentang cara cek garansi iPhone, sangat disarankan untuk mengetahui jenis-jenis garansi yang berlaku di Indonesia. Jadi, saat membeli iPhone, kamu bisa memutuskan untuk membeli produk dengan garansi sesuai keinginan.

Jenis Garansi iPhone

Secara umum, garansi iPhone yang berlaku di Indonesia dibagi menjadi empat jenis. Garansi ini akan menentukan bagaimana nantinya ponsel diganti atau diperbaiki saat rusak.

 1. Garansi Resmi

Garansi Resmi

Garansi resmi didapatkan langsung dari Apple. Kamu bisa mendapatkan garansi resmi saat membelinya dari authorized reseller. Apple punya cukup banyak authorized reseller di Indonesia sehingga kamu disarankan untuk membeli dari sana.

 2. Garansi Distributor

Garansi Distributor

Distributor memasarkan banyak produk dengan kerja sama Apple atau pihak lain. Umumnya, garansi yang diberikan adalah garansi distributor saja. Kamu bisa mengklaim garansi dari distributor yang kemudian dibantu untuk disalurkan.

 3. Garansi Toko/Penjual

Garansi Toko Penjual

Pada produk Apple seken, refurbish, atau copy biasanya akan mendapatkan garansi dari toko saja. Garansi yang diberikan bervariasi mulai dari 7 hari sampai 1 bulan. Ada juga toko yang memberikan garansi servis selama beberapa bulan.

 4. Garansi Internasional

Garansi Internasional

Apabila kamu membeli iPhone dengan garansi internasional, proses klaim garansi jadi lebih fleksibel. Kamu bisa melakukannya di seluruh authorized reseller yang ada di Indonesia atau negara lain.

Jenis Garansi iPhone di Indonesia

Jenis garansi iPhone yang ada di Indonesia jauh lebih beragam mulai dari produk yang asli maupun palsu. Untuk mengenal jenis garansi, coba cek daftar di bawah ini.

 1. iPhone Garansi Resmi

iPhone Garansi Resmi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, garansi resmi didapatkan kalau kamu beli dari authorized reseller yang ada di Indonesia. Garansi ini akan memudahkan kamu melakukan klaim di seluruh authorized reseller yang tersedia, mulai dari servis sampai penggantian.

 2. iPhone Garansi Internasional

iPhone Garansi Internasional

Kadang ada iPhone yang dipasarkan dari negara tertentu untuk masuk ke Indonesia. Garansi yang didapatkan kalau kamu membelinya adalah garansi internasional. Dengan garansi internasional, kamu bisa melakukan klaim garansi di authorized reseller dalam negeri atau negara lain.

 3. iPhone Rekondisi BM

iPhone Rekondisi BM

Garansi yang diberikan untuk iPhone jenis rekondisi ini umumnya 1 tahun. Biasanya iPhone akan dijual tanpa menggunakan kartu garansi. Selain itu akan ada pajak palsu sehingga harga dari produk jauh lebih murah.

 4. iPhone Rekondisi

iPhone Rekondisi

Ponsel jenis iPhone 4, iPhone 5, atau iPhone 5s sudah tidak laku di luar negeri. Ponsel ini banyak di bawa ke Indonesia dan dilakukan beberapa perbaikan. Jadilah ponsel rekondisi dengan garansi mulai 1 bulan sampai 1 tahun.

 5. iPhone Refurbish

iPhone Refurbish

Ponsel jenis ini biasanya diproduksi ulang oleh pihak Apple sendiri. Ada perbaikan sana sini sehingga ponsel jadi lebih baik. Biasanya ponsel ini memiliki harga lebih murah atau lebih mahal jika komponen yang diganti lebih baik.

 6. iPhone Supercopy, Palsu, dan KW

iPhone Supercopy, Palsu, dan KW

Ponsel replika adalah ponsel yang tidak menggunakan komponen asli dari Apple. Hanya saja bagian luarnya terlihat mirip. Garansi dari produk ini biasanya hanya 7 hari saja sehingga kamu tidak direkomendasikan untuk membelinya.

Cara Cek Garansi iPhone

Jika kamu ingin mengetahui apakah ponsel kamu masih memiliki garansi atau tidak, coba cek dengan membuka situs resminya. Ikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui cara cek garansi iPhone dengan lebih mudah dan cepat.

  • Buka Settings – General- About.
  • Serial number atau IMEI akan ditampilkan.

Cara Cek Garansi iPhone 1

  • Kunjungi situs https://support.apple.com/ dan cek lewat IMEI atau serial yang muncul tadi.
  • Pada menu Service and Repair, pilih See your service and support coverage.

Cara Cek Garansi iPhone 2

  • Detail garansi dari iPhone akan dimunculkan.

Tips Saat Membeli iPhone

Tips Saat Membeli iPhone

Banyak iPhone palsu atau rekondisi di luar sana membuat kamu harus was-was saat ingin membelinya. Untuk itu, coba lakukan beberapa tips di bawah ini agar produk yang kamu beli benar-benar asli.

  • Ada baiknya membeli di toko resmi yang memiliki lisensi dari Apple. Tidak disarankan membeli dari toko online.
  • Saat membeli, ada baiknya untuk melakukan pengecekan secara langsung di lokasi atau minta teknisi untuk melakukannya.
  • Cocokkan IMEI yang ada di sistem dan dus ponsel.
  • Periksa garansi, jika tidak bisa minta bantuan teknisi.
  • Minta sambungkan ke iTunes.

Masalah garansi ini memang cukup krusial, itulah kenapa kamu disarankan untuk mengetahui cara cek garansi iPhone. Selain itu, kamu juga harus paham jenis garansi yang ada di Indonesia agar tidak salah saat membelinya.

Apa pun jenis garansi yang nantinya kamu pilih, usahakan untuk selalu memilih produk yang orisinal. Jadi, meski kamu beli produk yang seken sekali pun tidak akan jadi masalah. Karena produknya asli dan masih ada garansinya.

Leave a Comment