Beranda » Aplikasi » Aplikasi Saham Terbaik

Aplikasi Saham Terbaik

Aplikasi saham terbaik mulai banyak dicari terutama bagi orang-orang yang baru terjun ke dunia investasi saham. Memang, trading saham kini menjadi salah satu jenis investasi yang sedang diminati generasi millenial dan gen Z.

Potensi keuntungan yang jauh lebih besar menjadi alasan utama mengapa investasi jenis ini banyak diminati. Selain itu, adanya aplikasi saham juga semakin mempermudah orang melakukan investasi hanya dengan mengandalkan smartphone saja.

Aplikasi saham biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas, atau bisa juga perusahaan yang bekerja sama dengan sekuritas. Bagi pemula, keberadaan aplikasi saham tentu sangat berguna. Lewat aplikasi mereka bisa melakukan pendaftaran dan jual beli saham.

Tak hanya itu, aplikasi saham juga bisa dimanfaatkan untuk memantau fluktuasi harga saham setiap hari, mencari tahu laporan keuangan, ekuitas sebuah emiten, dan mendapat berita-berita terbaru seputar dunia saham.

Lantas, apa saja daftar aplikasi saham yang direkomendasikan? Simak, rekomendasi aplikasi trading saham berikut ini.

10 Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik

1. Stockbit

Stockbit

Stockbit pertama kali hadir sebagai social trading dimana penggunanya dapat saling berbagi informasi seputar dunia saham. Karena itulah, Stockbit merupakan aplikasi belajar saham yang sangat disarankan bagi pemula yang butuh lebih banyak ilmu mengenai investasi saham.

Sudah ada lebih dari 100.000 pengguna yang bergabung dan saling berbagi tips di dalam komunitas Stockbit. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi seputar saham dari berbagai investor dan trader secara gratis.

Tidak hanya menjadi tempat diskusi, kini Stockbit juga menjadi aplikasi jual beli saham secara langsung. Stockbit menghadirkan fitur virtual trading yang bisa digunakan untuk melakukan demo dengan pergerakan data real time di idx (Bursa Efek Indonesia).

Kelebihan lain dari Stockbit adalah sudah tersedia chart saham dan technical indicator. Aplikasi ini juga menyediakan data fundamental yang cocok untuk investor atau trader.

2. IPOT – Indo Premier Online Technology

IPOT

IPOT merupakan salah satu aplikasi trading saham online yang paling populer di Indonesia. Aplikasi ini membantu banyak orang berkembang lewat seminar dan pelatihan yang disediakan.

Salah satu keunggulan dari IPOT yaitu adanya mekanisme Robo Trading dan Fund Evaluator yang bisa menjalankan semua instruksi order jual beli saham secara otomatis dengan harga yang telah ditentukan.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan bahkan bagi pemula. Untuk mendaftar akun di Indopremier IPOT, sepenuhnya dilakukan secara online dan ada CS yang bisa dihubungi via Telegram.

Selain pendaftaran online, beberapa kelebihan dari IPOT adalah tidak ada minimum deposit, tampilan UI yang memudahkan pengguna, investasi saham dan reksadana yang bisa dilakukan dalam satu aplikasi, charting stock & fund yang lengkap, serta adanya fitur berita dan riset oleh tim Indo Premier.

3. RTI Business

RTI Business

Aplikasi saham terbaik selanjutnya adalah RTI Business milik PT RTI Infokom. Fitur-fiturnya cukup lengkap mulai dari indeks harga saham (IHSG), data keuangan, kurs, charts, berita emiten, hingga harga logam mulia.

Kamu bahkan bisa melihat informasi seputar kinerja perusahaan incaran selama kurun waktu 5 tahun melalui cash flow, income statement, balance sheet, profitability, growth dan earnings.

Tak hanya itu, RTI Business juga menyediakan fitur simulasi trading saham atau IDX virtual online trading. Sangat berguna bagi pemula yang ingin tahu lebih banyak tentang investasi atau trading saham.

Intinya, RTI Business merupakan salah satu aplikasi saham android terbaik yang wajib kamu coba. Selain android, RTI Business juga merupakan aplikasi saham di iphone yang sangat mudah digunakan.

4. HOTS – Mirae Asset

HOTS - Mirae Asset

HOTS adalah aplikasi saham pc milik Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang dikenal sebagai salah satu penyedia layanan investasi terbesar di dunia.

Ada dua hal yang menjadi keunggulan dari HOTS yaitu multichart dan foreign transaction. Selain itu, tampilannya yang user friendly juga menjadi keunggulan yang sangat membantu penggunanya.

HOTS cukup banyak diminati karena biaya transaksinya terbilang paling murah dibandingkan aplikasi lain. Hanya saja, saat pertama kali membuka akun, minimum depositnya cukup besar. Berikut ketentuannya:

  • Minimal deposit Rp 5.000.000 untuk pelajar dan mahasiswa, Rp 10.000.000 untuk investor dewasa
  • Fee jual saham 0,25% per transaksi dan 0,15% beli saham per transaksi.

Meskipun depositnya besar, namun nasabah punya empat pilihan bank untuk membuka rekening dana nasabah (RDN).

5. MOST – Mandiri Online Stock Trading

MOST – Mandiri Online Stock Trading

Aplikasi trading saham selanjutnya adalah MOST. Mandiri Online Stock Trading atau MOST merupakan aplikasi saham online dari Mandiri Sekuritas yang sangat sederhana dan mudah digunakan para pemula.

Minimal deposit awal yang ditetapkan aplikasi ini memang cukup besar, namun itu sebanding dengan keunggulan yang ditawarkan.

Di MOST, kamu bisa melakukan pendaftaran dan pelatihan secara online tanpa tatap muka. Selain koleksi reksadana yang lengkap, kamu juga punya akses penuh ke hasil riset harian yang dilakukan para analis handal dari Mandiri Sekuritas.

Di aplikasi jual beli saham online ini, fee jual saham sebesar 0,28 persen per transaksi dan fee beli saham 0,18 persen per transaksi.

6. MNC Sekuritas

mnc sekuritas

Selanjutnya ada MNC Sekuritas yang merupakan anak usaha MNC Group dibawah naungan PT MNC Kapital Indonesia Tbk.

Aplikasi yang satu ini cukup recommended, proses pembukaan rekeningnya bisa dilakukan secara online tanpa harus tatap muka. Namun, untuk bisa membuka akun saham di MNC Sekuritas, kamu harus punya rekening BCA.

Salah satu keunggulan MNC Sekuritas adalah setoran awal untuk membuka akun hanya Rp 100.000 saja. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi para pemula yang baru terjun ke dunia trading saham.

Sementara, ketentuan transaksi di aplikasi ini adalah fee beli sebesar 0,18% dan fee jual 0,28%.

7. BCAS Best Mobile

BCAS Best Mobile

Tak mau ketinggalan, BCA Sekuritas juga punya aplikasi bermain saham terpercaya yang bernama BCAS Best Mobile.

Aplikasi ini mengedepankan tampilan antarmuka (user interface) yang bersih dan ramah sehingga mudah digunakan para pemula.

Mengutip dari Big Alpa, BCAS Best Mobile menetapkan fee beli sebesar 0,18% per transaksi dan fee jual sebesar 0,28% per transaksi. Selain itu BCAS Best Mobile juga menawarkan sejumlah fitur unggulan, di antaranya:

  • Stock Chart & Info
  • Real Time Market Data
  • Watchlist
  • Expert Order
  • Portofolio.

8. BIONS – BNI Sekuritas Innovative Trading System

BIONS – BNI Sekuritas Innovative Trading System

Sama seperti MOST, BIONS merupakan aplikasi saham Indonesia yang juga dibuat oleh salah satu BUMN atau bank milik pemerintah yaitu BNI.

Keunggulan aplikasi ini adalah tampilan UI yang bersih dan navigasi yang mudah digunakan. Selain itu, BIONS juga menawarkan akun trial yang bisa digunakan para pemula untuk mencoba trading tanpa uang asli.

Fiturnya pun terbilang lengkap mulai dari research, sector trade, automatic order list, watchlist, corporate action dan fundamental.

Sayangnya, minimal deposit yang ditetapkan BIONS cukup besar sama halnya dengan aplikasi MOST. Meski begitu, aplikasi ini menghadirkan berita dan info terkini terkait trading saham serta hasil riset dari BNI Sekuritas.

9. POEMS – Philips Sekuritas

POEMS - Philips Sekuritas

POEMS atau Philips Online Electronic Mart System merupakan aplikasi chart saham milik Philips Sekuritas. Selain bisa dipakai untuk memantau pergerakan saham dan trading, POEMS juga bisa melakukan jual beli reksadana.

Aplikasi ini cukup populer di kalangan investor. Maklum saja, Philips Sekuritas dikenal sebagai salah satu perusahaan yang menjadi anggota bursa efek dan perantara dalam pembelian saham.

POEMS menetapkan minimum deposit Rp 500.000 untuk membuka rekening saham. Rekening Dana Nasabah (RDN) yang disediakan antara lain BCA, Permata, Mandiri, dan Sinarmas untuk akun reguler serta BCA Syariah untuk akun syariah.

Fiturnya pun sangat beragam, mulai dari fitur SmartStart untuk memberikan paket reksadana bagi pemula, fitur SmartPlan untuk nabung saham secara otomatis, fitur SmartSafe untuk menjalankan instruksi jual beli saham otomatis, dan fitur AutoSweep untuk memaksimalkan profit.

10. Ajaib

Ajaib

Aplikasi investasi saham yang terakhir adalah Ajaib milik Ajaib Group yang menaungi dua perusahaan yakni Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksadana.

Ajaib tidak hanya menjadi tempat investasi saham saja namun juga menyediakan reksadana. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menggunakan dua aplikasi berbeda karena semua bisa dilakukan di aplikasi Ajaib ini.

Menariknya lagi, Ajaib bisa memberikan saran produk mana yang paling menguntungkan dan selalu memberikan notifikasi terkait waktu terbaik untuk melakukan jual beli saham.

Nah, itulah daftar aplikasi saham terbaik yang bisa jadi rekomendasi. Kamu bisa pilih aplikasi saham yang paling mudah dipakai, sesuai dengan ketersediaan dana dan rekening bank yang kamu miliki.

Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment