Beranda » Aplikasi » Aplikasi Fidusia Online

Aplikasi Fidusia Online

Aplikasi fidusia online merupakan salah satu terobosan terbaru yang dilakukan oleh Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan pelayanan jasa hukum dibidang fidusia menjadi lebih mudah, akurat, cepat, dan tentunya bebas dari aksi pungutan liar yang marak terjadi saat pendaftaran offline atau manual.

Nah, untuk kamu yang mungkin penasaran tentang aplikasi fidusia online? Apa saja fitur dan keunggulan yang dimilikinya? Maka kamu sudah menemukan artikel yang tepat. Kali ini kami akan sajikan informasi seputar Aplikasi fidusia online.

Apa itu Aplikasi Fidusia Online?

Apa itu Aplikasi Fidusia Online

Fidusia adalah proses pengalihan hak kepemilikan suatu benda dari satu orang ke orang lain. Jika sebelumnya pendaftaran fidusia harus dilakukan langsung ke Kantor Pendaftaran Fidusia, kini orang-orang dimudahkan dengan keberadaan aplikasi fidusia online.

Melalui aplikasi fidusia online semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu dapat mengurus semua sertifikat jaminan fidusia secara online, bahkan kamu bisa langsung mencetak fidusia dalam waktu yang cukup singkat sekitar 7 menit saja.

Tak hanya soal waktu, biaya yang dikeluarkan untuk pendaftaran fidusia juga lebih irit. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena kamu bisa memangkas biaya untuk pengurusan, perjalanan, dan bebas dari pungutan liar.

Jika secara manual kamu harus melewati proses yang panjang dan membutuhkan tambahan biaya dan waktu. Dengan aplikasi pendaftaran fidusia online kamu cukup membayar biaya akte dan notaris saja.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengenal fitur-fitur yang ada di aplikasi ini beserta fungsinya sebelum mulai mengurus surat jaminan fidusia.

Fitur-Fitur Aplikasi Fidusia Online

Fitur-Fitur Aplikasi Fidusia Online

Sama halnya dengan aplikasi online lainnya, aplikasi online fidusia sudah pasti memiliki beragam fitur dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Penasaran apa saja? berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pengecekan

Saat pertama membuka aplikasi, menu pengecekan yang akan kamu jumpai. Fitur pengecekan pada aplikasi fidusia online ini meliput nomor pendaftaran, nama dan jenis fidusia, waktu pendaftaran, alamat penerima Fidusia, nomor dan tanggal akta, nama notaris, dan yang terakhir adalah area kantor wilayah.

2. Tanggal Terdaftar dari Jaminan Objek Fidusia

Fitur kedua ini berhubungan dengan waktu objek fidusia yang didaftarkan. Waktunya sendiri dihitung semenjak tanggal input atau tanggal bayar PNBP dan juga tanggal tercetaknya sertifikat jaminan fidusia.

Dalam pendaftaran fidusia, hal ini merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan mengingat banyak hal yang bisa saja terjadi dalam kurun waktu tersebut.

3. Jenis-Jenis Transaksi Fidusia

Dalam aplikasi fidusia online, ada beberapa jenis transaksi yang bisa dilakukan seperti pendaftaran, perubahan, daftar transaksi, dan juga pencarian objek atau data.

Semua jenis transaksi bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Hanya saja pada menu pencarian objek, kamu wajib memasukan berbagai nomor dari sertifikat jaminan fidusia sama halnya pengecekan pada menu login.

Didalam menu daftar transaksi, kamu juga bisa melakukan pencarian berdasarkan nomor registrasi transaksi dari username yang bersangkutan.

Download Aplikasi Fidusia Online Terbaru 2021

Nah, kalau kamu berencana menggunakan aplikasi fidusia online untuk mengurus sertifikat pengalihan hak kepemilikan suatu benda, maka kamu bisa langsung akses link berikut ini.

Aplikasi Fidusia Online: Download

Syarat Aplikasi Fidusia Online

Syarat Aplikasi Fidusia Online

Sebelum melakukan pendaftaran untuk jaminan fidusia online, ada baiknya kamu siapkan dulu dokumen-dokumen yang nantinya dibutuhkan. Berikut daftar dokumen untuk syarat fidusia online:

  • KTP
  • NPWP
  • NIK
  • Alamat tempat tinggal atau domisili
  • Nomor telepon aktif
  • Surel aktif yang harus menggunakan Gmail
  • Foto diri.

Syarat-syarat di atas harus di-scan dalam bentuk gambar yang jelas dan mudah dibaca. Jika sudah, maka kamu bisa langsung unggah semua dokumen melalui formulir pendaftaran yang tersedia di aplikasi ini.

Cara Input Data di Aplikasi Fidusia Online

Cara Input Data di Aplikasi Fidusia Online

Cara melakukan input data di aplikasi fidusia online ini sangat mudah dan sederhana. Tak banyak hal yang harus diinput dalam suatu box yang telah disediakan. Meskipun tampilannya cukup kecil, namun box tersebut bisa menampung lebih dari 1000 karakter lho.

Nah, agar lebih jelas kamu bisa praktekan langsung di aplikasi fidusia online. Namun, saat kamu coba mencetak surat pernyataan atau sertifikat jaminan fidusia dengan jumlah karakter yang sangat banyak, mungkin inputnya akan sedikit membingungkan.

Tapi jangan khawatir, kamu pasti bisa paham selama beberapa waktu sebelum melakukan proses input data ke sistem aplikasi.

Cara Melakukan Penghapusan di Aplikasi Fidusia Online

Selain bisa melakukan pendaftaran online, aplikasi fidusia juga menyediakan fitur untuk penghapusan fidusia. Simak caranya berikut ini.

  • Pertama, buka aplikasi fidusia online atau kamu bisa klik link berikut ini.
  • Setelah masuk ke halaman utama, klik icon Notaris lalu Login menggunakan username dan password kamu. Jangan lupa klik “Saya bukan robot” untuk reCaptcha baru klik tombol Masuk.
  • Selanjutnya isi form penghapusan. Di aplikasi ini, ada 2 jenis penghapusan jaminan fidusia yaitu Form Data Baru dan Form Data Lama.
  • Jika form sudah diisi dengan benar, langsung saja klik Proses. Nantinya, akan muncul form isian roya data lama seperti gambar di bawah jika sistem sudah menemukan data yang sesuai.

Cara Melakukan Penghapusan Fidusia di Aplikasi Fidusia Online 1

  • Silahkan klik tombol Proses untuk memproses data, lalu klik OK saat muncul konfirmasi.
  • Setelah muncul konfirmasi jika data berhasil diproses, kamu bisa langsung cetak surat penghapusan melalui menu daftar transaksi. Jangan lupa klik tombol OK.
  • Sebelum mencetak, kamu juga bisa melihat surat penghapusan fidusia yang hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Melakukan Penghapusan Fidusia di Aplikasi Fidusia Online 2

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Aplikasi Fidusia Online. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya!

Leave a Comment