Pras Curious person who passionate about tech and e-business

10 Aplikasi Edit Video Vlog Terbaik untuk YouTuber Pemula

6 min read

Aplikasi Edit Video Vlog

Aplikasi Edit Video Vlog – Video blog atau disingkat vlog, adalah blog yang sebagian besar atau bahkan seluruh kontennya dalam format video. Sedangkan pemilik dari vlog disebut dengan “Vlogger”.

Apakah kamu salah satunya? Jika ya, sepertinya mengetahui aplikasi edit video vlog yang bagus akan sangat berguna nih untuk kamu.

10 Aplikasi Edit Video Vlog Terbaik untuk YouTuber

Sebagus dan secanggih apapun kamera yang kamu gunakan untuk merekam video, kamu tetap membutuhkan aplikasi pengedit.

Hal tersebut tentunya untuk menghilangkan beberapa part atau menambahkan sentuhan efek agar hasil keseluruhan video lebih indah.

Sejumlah aplikasi juga memiliki fitur khusus yang bisa membuat hasil rekaman menjadi lebih stabil (tidak goyang). Inilah 10 aplikasi edit video vlog terbaik yang bisa kamu coba:

1. KineMaster

Kinemaster

Jika yang kamu cari adalah aplikasi edit video smartphone tapi dengan rasa premium seperti pada PC, KineMaster ada di daftar pertama untuk kamu coba.

Uji coba gratis dari aplikasi ini bisa kamu nikmati selama 7 hari. Jika ingin terus menggunakannya, kamu bisa mempertimbangkan antara paket bulanan seharga Rp 69.900 atau paket tahunan seharga Rp 560.000.

KineMaster adalah aplikasi edit video profesional dan berfitur lengkap yang bisa kamu gunakan di Android dan iOS. Aplikasi populer ini menyediakan berbagai fungsi pengeditan video termasuk efek transisi, teks, tulisan tangan, layer video / gambar, trek audio, kontrol volume terperinci, dan banyak lagi.

Ketika hasil pencahayaan pada rekaman video tidak sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa menyesuaikannya dengan mengubah warna, kecerahan, dan pengaturan serupa lainnya.

Hasil video dari KineMaster bisa kamu simpan ke perangkat atau langsung share ke platform media social, seperti Facebook, YouTube, Instagram, Google+, dan lainnya. Fitur ini sangat berguna terutama untuk kamu yang gemar mempublikasikan video ke audiens.

2. Final Cut Pro X

Final Cut Pro X

Jika kamu ingin memiliki hasil video yang terlihat pro seperti para vlogger dan YouTuber ternama, Final Cut Pro X adalah salah satu pilihan paling tepat.

Aplikasi yang diterbitkan oleh Apple Inc. ini merupakan pengedit video tingkat profesional yang non-linier (NLE) dan non-destruktif. Versi asli Final Cut Pro X pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan tersedia di App Store hingga saat ini.

Final Cut Pro X memiliki fitur garis waktu magnetik, mendukung rekaman multicam, klip gabungan, efek realistis 2D, 3D, 360 derajat sinematik secara real-time, template gerak cerdas, dan banyak lagi yang sangat berguna untuk para profesional industri di TV, film, dan media streaming.

Apple tidak mengenakan biaya langganan bulanan atau tahunan untuk aplikasi ini, melainkan biaya satu kali beli sebesar $ 299 atau setara dengan Rp 4.190.000.

Meskipun biaya di muka mungkin tampak besar, tapi sebenarnya kamu akan menghemat sejumlah besar uang dalam jangka panjang karena setiap kali versi terbaru rilis, kamu akan terus mendapatkannya secara gratis. Apple juga menawarkan uji coba gratis selama 30 hari untuk calon pelanggan.

3. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah perangkat lunak pengeditan video yang disertakan dalam Adobe Creative Cloud, yang juga bisa dengan mudah kamu install secara independen ke PC Windows dan Mac OS.

Premiere Pro paling banyak digunakan oleh perusahaan produksi video, stasiun berita, profesional pemasaran, dan perusahaan desain untuk mengedit iklan, acara televisi, film, serta video online lainnya.

Sedangkan individu yang paling sering menggunakannya adalah para editor video vlog dan YouTube, manajer produksi, manajer pemasaran, dan desainer multimedia.

Kamu bisa menggunakan Premiere Pro untuk mengimpor video, audio, dan grafik, serta mengedit rekaman dalam format apa pun mulai dari 8K hingga virtual reality. Beberapa fitur lainnya termasuk Auto Reframe, Lumetri Color, dan Adobe Sensei AI. Ada juga 3 fitur terbaru yang dirilis pada Januari 2021 kemarin, yaitu:

  • Dukungan kode waktu untuk rasio bingkai non-standar, seperti klip 120fps, 240fps, atau VFR.
  • Ruang warna dan gamma berubah yang telah dimodifikasi untuk semua file RED.
  • Peningkatan kinerja dalam pengkodean H.264 / HEVC untuk prosesor Intel TigerLake.

Jika tertarik untuk mencoba Adobe Premiere Pro, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 283.300/bulan untuk berlangganan yang versi original. Ada juga langganan per tahun seharga Rp 3.250.000.

4. Sony Movie Studio Platinum Suite 13

Adobe Premiere Elements 14

Sony Movie Studio Platinum Suite 13 merupakan salah satu dari tiga rangkaian paket perangkat lunak Movie Studio 13 terbaru dari Sony.

Dibandingkan dengan dua paket lainnya, Sony Platinum Suite 13 termasuk yang berfitur lengkap tapi juga yang termahal, sekitar Rp 1.200.000. Sejumlah fitur yang bisa kamu dapat dari Sony Platinum Suite 13 adalah:

  • Video Fx dan transisi Blue Fx terbaru.
  • Blue Fx Titler EX (alat pembuat judul dan teks 3D).
  • Video hit film Fx.
  • Alat penghapus vocal isotope.
  • Boris continuum video Fx.
  • Plugin true pianos.
  • 1001 efek suara Sony.
  • Kumpulan suara dan lagu custom.
  • Koleksi Sony sound series sampler.
  • Koleksi loop dan lagu.
  • Satu unduhan gratis dari koleksi loops and samples Sony.
  • Tutorial menggunakan Movie Studio Platinum.

5. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Corel Video Studio adalah aplikasi edit video vlog yang penuh fitur dan intuitif serta dapat bekerja dengan footage VR 360 derajat. Ada dua paket yang bisa kamu pilih, yaitu paket Pro seharga Rp 1.100.00 dan Rp 845.000, atau paket Ultimate seharga Rp 1.402.000.

Software ini dilengkapi dengan pengeditan multicam, pelacakan gerakan multipoint, pemetaan ulang waktu, video masking, audio ducking, dan dukungan 4K. Sedangkan tools barunya termasuk highlight reel otomatis, roda warna untuk penilaian warna, dan pilihan pengeditan slip, slide, stretch, serta roll.

Corel Video Studio sangat mengesankan dengan antarmukanya yang jelas dan sederhana, rendering yang cepat, dan bahkan ada fitur stop-motion.

Lusinan efek khusus dapat meramaikan video kamu dengan efek cahaya yang menyebar, mosaik, atau aliran air. Di antara efek-efek ini, terdapat alat koreksi gambar seperti anti guncangan, keseimbangan warna, pengurangan noise, dan peningkatan cahaya.

Ada juga mode blending seperti Photoshop yang bisa kamu gunakan untuk multiply, screen, overlay, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan software ini di laptop atau PC dengan OS Windows 10, Windows 8, atau Windows 7 versi OS 64-bit.

6. iRig Mic and iMovie Editing for iPhone

iRig Mic and iMovie Editing

Selamat untuk kamu yang menggunakan iPhone untuk merekam video vlog karena kualitas kamera biasanya sudah luar biasa, terutama untuk sederet tipe terbaru. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan banyak aplikasi edit video.

Meski begitu, kamu tetap harus memastikan bahwa suara dari video kamu bagus, ya. Sebagai salah satu opsi, kamu bisa mencoba iRig Mic yang kompatibel dengan iPhone, iPod touch, dan iPad.

IRig Mic adalah mikrofon kondensor genggam yang dirancang untuk semua kebutuhan suara seluler. Jadi, kamu bisa membuat rekaman audio dan vokal profesional di mana saja dan kapan saja hanya dari perangkat iOS.

iRig Mic sangat ideal untuk penyanyi atau vokalis dan penulis lagu saat sedang bepergian, yang juga cocok untuk merekam instrumen, pidato, podcast, konser, atau sumber suara lain di studio, di atas panggung, dan di lapangan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk merekam percakapan atau wawancara lho.

7. Adobe Premiere Elements 14

Adobe Premiere Elements 14

Adobe Premiere Elements 14 hadir dengan serangkaian fitur yang diperluas dan dioptimalkan untuk pengeditan film 4K bersama dengan berbagai efek kreatif dan tools untuk membuat produksi video yang menyeluruh.

Ada serangkaian mode otomatis seperti Video Story, Favourite Moments, dan InstantMovie yang bisa membuat video kamu terlihat lebih menarik tanpa perlu susah mengedit.

Buat kamu yang baru pertama kali menggunakan software ini dan mungkin masih bingung, jangan khawatir. Pasalnya, ada 16 panduan yang akan mengajari kamu menghasilkan berbagai efek unik, cara menerapkan efek warna selektif ke film, menggunakan teknik gerak cepat atau lambat, dan banyak lagi.

Sedangkan untuk kontrol kreatif tambahan, ada efek Hollywood yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan efek teks dinamis, grafik animasi, atau mereplikasi efek visual yang terlihat di film Hollywood.

Jika kamu merekam video dengan tangan, biasanya hasil rekaman akan goyan, bukan? Tapi dengan Adobe Premiere Elements 14, hasil video dijamin akan mulus dan stabil karena ada fitur koreksi otomatis yang bisa menyamarkan guncangan kamera, guncangan warna, dan bahkan pencahayaan yang tidak rata.

Melengkapi berbagai tools dalam Premiere Elements 14, terdapat fitur share dan ekspor yang bisa kamu gunakan untuk upload video langsung ke situs media sosial kamu.

8. Lightworks

Lightworks

Lightworks adalah program pengeditan video profesional yang populer di kalangan videografer pemula dan pembuat film, yang tentunya juga bisa digunakan oleh para vlogger dan youtuber.

Dengan bantuan Lightworks, kamu dapat mengedit rekaman video dengan cepat untuk selanjutnya di post ke YouTube, montase video, atau publish ke video di web.

Lightworks sangat bagus untuk pengeditan video yang kompleks maupun tugas-tugas sederhana, karena ada banyak alat dan fitur yang bisa kamu gunakan, seperti:

  • Lower Thirds untuk menempatkan judul di posisi paling ideal secara otomatis. Misalnya menurut standar televisi, letak judul paling pas adalah di sepertiga bagian bawah layar, yang dianggap sebagai zona aman untuk menampilkan informasi tekstual.
  • Beberapa efek transisi (masked blend, blend, larut, luma wipe, push, squeeze, dan wipe).
  • Efek vignetting, blur / radial blur, sharpen / sharpen edges, dan glow untuk menambahkan efek cahaya.
  • Ada juga tools bernama grading warna, yang dapat kamu gunakan untuk mengubah nada warna, menyesuaikan keseimbangan bayangan, mengubah video warna menjadi monokrom, dan memperbaiki kecerahan serta kontras bingkai.

Fitur penting lainnya adalah kemungkinan untuk membuat banyak ruang kerja dalam satu proyek. Fitur ini sangat berguna saat kamu mengerjakan proyek besar, karena kamu bisa membagi proses pengeditan menjadi beberapa tahap, dan setiap ruang memiliki set jendela dan tata letak elemen antarmuka sendiri.

9. Vivavideo

Vivavideo

Vivavideo adalah aplikasi editor video gratis yang bisa kamu gunakan mengatur gaya, mempersonalisasi, dan mempublikasikan video ke media sosial.

Kamu bisa memilih tema, menambahkan stiker, teks dan musik, serta memotong, menggabungkan, menggandakan, atau membuat kolase.

Vivavideo juga dapat digunakan untuk membuat slideshow foto yang memiliki seni teks dan teks animasi. Hal lain yang bisa kamu lakukan termasuk mengaburkan, menyesuaikan kecepatan, memudar klip masuk dan keluar, serta menambahkan GIF.

Vivavideo memiliki kameranya sendiri dengan lima mode berbeda, yaitu basic, selfie, music video, facial effect, dan live.

Meskipun tidak ada biaya langganan untuk aplikasi ini, tapi tersedia pembelian dalam aplikasi untuk beberapa fitur atau tools premium. Harganya mulai dari Rp 13.000 – Rp 841.000 per item. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di hp dengan sistem operasi Android atau pun OS.

10. Movie Maker Filmmaker

Movie Maker Filmmaker

Movie Maker adalah alat pengedit video yang mudah digunakan, sederhana, dan 100% gratis. Aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur untuk memotong, mengubah, menggabungkan klip video, dan banyak lagi.

Karena sepenuhnya gratis, Movie Maker adalah pilihan paling sempurna untuk kamu yang pemula dalam hal mengedit video di PC.

Aplikasi ini mencakup beberapa tema, efek, dan filter untuk menyesuaikan video dan membuatnya terlihat lebih menarik.

Kamu juga bisa memasukkan musik atau lagu ke dalam video, pilih efek transisi, atau tambahkan teks dan credit title. Kamu bisa menginstall Movie Maker di Windows 7, 8, dan 10.

Baca Juga :

12 Aplikasi Edit Video di iPhone Gratis Tanpa Watermark

Aplikasi edit video vlog bisa membantu kamu membuat video menakjubkan yang akan disukai oleh followers di media sosial.

Kamu bisa memilih salah satu yang terbaik dalam daftar di atas yang menurut kamu fitur paling dibutuhkan.

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *