Beranda » Aplikasi » Foto » Inilah 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Smartphone

Inilah 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Smartphone

Smartphone tak hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan dan bermain media sosial, tapi juga untuk memotret dan langsung mengeditnya dengan aplikasi edit foto yang tak terhitung lagi jumlahnya alias banyak sekali, baik yang gratis maupun berbayar.

Aplikasi pengedit foto tersedia secara resmi di Google Play dan App Store, tapi ada juga yang berupa apk mod (aplikasi modifikasi dari versi aslinya) yang biasanya hanya ada di beberapa situs web pihak ketiga tertentu.

Kira-kira, apa saja ya nama aplikasi ini? Buat kamu yang belum tahu, ini dia daftarnya:

7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Smartphone

Inilah tujuh aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengubah foto biasa menjadi lebih spektakuler:

1. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Adobe tetap menjadi standar industri nomor satu untuk fotografer profesional dan versi selulernya hampir sama, yang hadir dalam bentuk aplikasi berukuran 230.7 MB bernama Adobe Lightroom.

Tersedia di Android dan iOS, Adobe Lightroom adalah aplikasi pengedit foto berfitur lengkap dan dengan dukungan foto RAW, preset instan, penyesuaian eksposur, watermarking, dan banyak lagi.

Kamu bisa klik di sini untuk download Adobe Lightroom ke perangkat iOS, dan klik di sini untuk download ke Android.

Aplikasi ini gratis untuk di download dan digunakan.

Tapi jika kamu ingin kemampuan untuk menyinkronkan foto di seluruh perangkat dan mengakses fitur premium tanpa batas, kamu perlu berlangganan paket Premium yang harganya cukup vervaritasi.

Jika memilih paket bulanan, harganya mulai dari Rp 27.000 – Rp 69.900. Sedangkan paket tahunan mulai dari Rp 169.000 – Rp 690.000.

Tapi jangan kaget ya, jika kamu tidak bisa menemukan stiker, animasi, dan emoji di sini, karena sebagai gantinya kamu bisa mendapatkan fitur yang lebih keren seperti Healing Brush, Local Hue Adjustments, dan Grading Warna.

Fitur kebanggaan lainnya adalah kamera built-in dengan beberapa mode pengambilan foto seperti Profesional dan HDR.

Jika kamu menekan dan menahan foto dalam beberapa detik, kamu bisa membandingkan versi sebelum dan sesudah foto tersebut di edit.

Jika kamu ingin mengedit foto secara profesional tapi tidak memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukannya, Adobe Lightroom adalah aplikasi paling tepat untuk dicoba.

2. Snapseed

Snapseed

Tersedia gratis untuk iOS dan Android, Snapseed adalah aplikasi pengedit foto milik Google LLC, yang menawarkan berbagai alat dan fitur yang kamu butuhkan untuk pengeditan foto yang efektif.

Ada banyak juga filter yang bisa kamu pilih, mulai dari gaya vintage hingga tampilan HDR yang modern.

Jika dibutuhkan, kamu juga bisa menerapkan beberapa lapis efek lho, mungkin untuk membuat tampilan lebih dramatis atau sekedar membuat foto lebih menarik. Beberapa tools lainnya termasuk Tune Image, Ambience, Structure, dan Sharpening.

Aplikasi berukuran 95.8 MB ini juga memiliki alat menarik yang disebut “Expand”.

Fungsinya adalah mencoba mendeteksi area yang mengelilingi subjek di dalam foto dan dengan menggunakan estimasi ini Snapseed akan memperluas kanvas. Beberapa fitur paling terkenal lain dari Snapseed adalah:

  • Glow: menciptakan tampilan kabur dan dreamy look.
  • Fusion Filter: filter khusus yang dapat kamu buat di aplikasi.
  • Double Exposure: untuk menggabungkan dua atau lebih foto dalam satu frame sehingga tercipta foto baru dengan satu siluet yang indah.
  • Chroma Key: berfungsi untuk menciptakan efek terdistorsi dan 3D, yang ideal untuk foto vintage.
  • Transform dan Rotasi: untuk meluruskan foto yang miring atau justru memiringkan foto lurus agar terlihat lebih dinamis dan menciptakan efek unik.
  • Healing: berguna untuk menghapus objek yang mengganggu atau tidak dibutuhkan di dalam foto.

3. PicsArt

PicsArt

PicsArt memiliki banyak tools pengeditan yang tersedia secara gratis dan berbayar untuk pengguna iOS dan Android.

Kamu bisa melakukan penyesuaian dasar seperti atur eksposur dan kontras, ubah nada warna sinematik, atau terapkan filter dramatis yang bisa mengubah foto biasa seperti lukisan.

Sedangkan fitur PicsArt yang bernama Magic Effects dirancang dengan kecerdasan buatan (AI) untuk mengubah foto kamu menjadi karya seni yang indah dan kekinian.

Selain itu, ada juga tools yang bisa merubah bentuk wajah kamu agar tampak lebih tirus atau simetris di dalam foto. Fitur lainnya adalah:

  • Mirip dengan Photoshop, PicsArt bisa kamu gunakan untuk membuat layer foto dengan mengaktifkan fitur overlay.
  • Ada juga “Clone Stamp” yang memungkinkan kamu mereproduksi dan memadukan area foto.
  • Sedangkan tools bernama “Tan” bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi, mengurangi efek mata merah karena foto diambil saat malam hari, dan meratakan warna kulit.
  • Jika ingin menambahkan sesuatu yang lebih cute, PicsArt hadir dengan banyak clip art yang bisa kamu tambahkan di atas foto. Sebagian besar clip art ini bisa kamu gunakan secara gratis, tapi ada juga beberapa yang memerlukan pembelian dalam aplikasi.

Ingin membuat kolase foto? Jangan khawatir, PicsArt juga bisa, kok. Kamu hanya perlu upload beberapa foto dan selanjutnya pilih sendiri tata letak dan background.

Selanjutnya kamu juga bisa menambahkan tulisan dengan menggunakan fitur hamparan teks yang berisi banyak pilihan jenis font, warna, dan ukuran.

Buat kamu yang sudah sangat penasaran tentang seberapa bagusnya PicsArt, bisa langsung download aplikasinya dari Google Play atau App Store, ya.

4. Pixlr

Pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit foto yang mudah digunakan untuk semua kalangan, mulai dari pemula hingga profesional.

Dikembangakan oleh Inmagine Lab, aplikasi ini memiliki semua alat, efek, dan filter yang banyak dibutuhkan orang untuk membuat pengeditan yang unik dan kreatif termasuk kolase foto.

Saking bagusnya hasil foto yang kamu edit dengan Pixlr, teman-teman kamu di sosial media mungkin tidak akan percaya jika kamu hanya menggunakan aplikasi biasa dan bukan Photoshop.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa menyeimbangkan warna hanya dengan klik satu kali pada tools bernama “Auto Fix”. Beberapa fitur dan tools lainnya termasuk:

  • Buat kolase foto menggunakan berbagai kolase preset, gaya kisi, rasio dan latar belakang yang dapat disesuaikan sendiri.
  • Ciptakan foto artistik dengan menggabungkan dua foto atau lebih dan atur transparansinya menggunakan “Double Exposure”.
  • Jika ingin menerapkan efek yang lebih keren, kamu bisa menggunakan “Stylize”, yang berisi efek poster, sketsa pensil, cat air, dan banyak lagi.
  • Berikan efek percikan warna dengan “Color Splash”, atau tambahkan efek buram dengan “Focal Blur”.
  • Klik “Add Teks” untuk menambahkan tulisan ke foto kamu dengan mudah. Ada banyak jenis dan warna font, lho.
  • Pilih “Save” untuk menyimpan foto ke perangkat, atau klik fitur “Share” untuk membagikan foto kamu ke teman-teman di Instagram dan Facebook.
  • Tools lain termasuk untuk menghilangkan noda dan bintik-bintik, menyamarkan efek mata merah, menghaluskan kulit wajah, dan memutihkan gigi.

Aplikasi ini mendapatkan 4.5/5 bintang di Play Store dan 4.7/5 di App Store, dengan jumlah unduhannya sudah lebih dari lebih dari 50 juta.

Jika sudah tak sabar untuk bereksperimen dengan Pixlr, klik di sini untuk download aplikasinya, ya. Kamu hanya membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 30 MB saja, kok.

5. VSCO

VSCO

Bisa dibilang bahwa VSCO adalah versi yang lebih canggih dari aplikasi pengedit basic seperti Instagram.

Kamu tidak hanya memiliki banyak opsi pengeditan dasar seperti mengatur kontras, pencahayaan dan saturasi, tapi juga memiliki akses ke tools penyelarasan video.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Visual Supply Company ini sempurna untuk masalah perspektif dan menciptakan distorsi.

Kamu bisa coba menerapkan efek Grain dan Fade untuk menambahkan tekstur dan meniru efek film analog, atau bingkai foto dengan berbagai pilihan frame yang tersedia.

Dibanding aplikasi lainnya, VSCO menarkan lebih banyak pilihan filter dengan nada warna yang lebih berseni, mulai dari monokrom hingga full color. Kamu bisa memilih untuk menggunakan VSCO di iPad dan iPhone, atau di Android.

Sebagai tahap awal, kamu bisa menggunakan versi gratis selama 7 hari tapi dengan fungsi yang terbatas, dan jika sudah ahli kamu bisa beralih ke paket premium seharga Rp 279.000 per 365 hari. Tertarik untuk mencoba?

Maka kamu bisa coba mendownloadnya dari App Store atau Play Store.

6. Afterlight

Afterlight

Afterlight adalah aplikasi yang sempurna jika kamu mencari sesuatu yang bisa mengedit foto dengan langsung dan cepat.

Desain antarmuka Afterlight yang sederhana dan dipasangkan dengan berbagai tools canggih, Afterlight akan membuat tampilan foto menjadi lebih indah hanya dalam hitungan detik.

Afterlight tidak seperti aplikasi pengedit foto kebanyakan, karena aplikasi ini menawarkan konten yang baru setiap bulannya, jadi kamu akan selalu update dengan fitur dan tools kekinian.

Kabar baiknya lagi, tidak ada biaya berlangganan baru, asalkan kamu sudah melakukan pembayaran satu kali di awal.

Tapi sebelum memutuskan untuk berlangganan, pihak developer Afterlight, yaitu Afterlight Collective, Inc menawarkan uji coba gratis selama satu minggu.

Baru selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil paket bulanan Rp 45.000, paket tahunan Rp 259.000, atau paket seumur hidup Rp 579.000.

  • Aplikasi berukuran 35 MB ini memiliki tools reguler seperti crop, brightness, dan exposure, yang juga dilengkapi dengan alat yang lebih mendalam seperti Curves, Clarify, Selective Hue/Saturation, Gradient, Tone, dan sebagainya.
  • Sedangkan total filternya ada sekitar 130 buah, dan 66 opsi tekstur berbeda termasuk tekstur goresan, grain, film, klasik, natural light, dan banyak lagi.
  • Jika kamu membutuhkan sesuatu untuk membingkai foto, Afterlight juga memiliki 77 koleksi frame dan overlay keren yang bisa kamu coba.

Jika tertarik untuk memiliki Afterlight di smartphone kamu, kamu bisa langsung download dari sini untuk Android, dan dari sini jika kamu adalah pengguna iOS.

7. Photo Editor Pro

Photo Editor Pro

Dikembangkan oleh Inshot, Photo Editor Pro adalah salah satu dari sedikit aplikasi luar biasa yang paling direkomendasikan untuk kamu yang hobi memotret dari smartphone.

Aplikasi ini menawarkan kustomisasi yang mendalam, sehingga hasil akhir dari foto kamu nantinya bisa sangat memuaskan.

Kamu tidak hanya bisa menyesuaikan warna, efek, dan detail sorotan untuk suatu foto, tapi juga dapat menggabungkan banyak foto indah bersama-sama menurut tema tertentu sehingga terciptalah kolase foto.

Fitur Collage Maker ini sangat bagus untuk kumpulan foto-foto pernikahan, liburan atau traveling, dan OOTD.

Bisa juga untuk menggabungkan foto produk tertentu lho, misalnya makanan dan minuman atau bahkan skincare.

Jadi, Photo Editor Pro juga sangat cocok untuk kamu yang berjualan secara online, nih. Beberapa fitur berguna lainnya termasuk:

  • Body Shape: fitur ini bisa mengedit detail pada tubuh subjek untuk membuat keseluruhan foto terlihat lebih menarik. Misalnya untuk membuat pinggang dan betis wanita lebih kecil, buat pipi lebih tirus, kaki tampak lebih jenjang, ciptakan kesan kekar pada tubuh pria, dll.
  • Add Sticker dan Add Border: ada ribuan koleksi stiker lucu yang bisa kamu tempelkan ke foto kamu, atau bingkai foto kamu dengan border agar objek di dalamnya terlihat menonjol.
  • Add Teks: kamu bisa menambahkan tulisan dalam nada warna monokrom atau berwarna. Jenis font-nya juga ada banyak, lho.

Meskipun dilengkapi dengan banyak fitur, Photo Editor Pro tetap memiliki tampilan bersih yang tidak akan membuat kamu bingung.

Hal ini karena pihak developer menempatkan fitur-fiturnya ke dalam kategori berbeda, dan tidak ada fitur yang memakan terlalu banyak ruang di layar sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pengguna.

Kamu bisa download versi resmi Photo Editor Pro dari sini, ya.

Gunakan smartphone kamu untuk mengabadikan berbagai momen istimewa dan buat hasil foto menjadi lebih indah dengan salah satu dari tujuh aplikasi edit foto terbaik dalam daftar di atas.

Dengan banyaknya fitur yang berguna dan menarik, dijamin kamu tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi tersebut.

Leave a Comment