Pras Curious person who passionate about tech and e-business

17 Aplikasi Edit Foto PC Terbaik yang Ringan Untuk Pemula

7 min read

Aplikasi Edit Foto PC

Mulai dari aplikasi sederhana untuk mengedit foto dengan cepat hingga aplikasi pro yang dilengkapi fitur-fitur canggih, ada banyak sekali aplikasi edit foto PC yang bisa kamu pilih. Aplikasi semacam ini sudah tidak asing lagi di zaman modern seperti sekarang. Bahkan, anak sekolah pun banyak yang menggunakan.

Alasannya sangat sederhana, yaitu karena saat ini hampir setiap orang memiliki galeri seni virtualnya sendiri, misalnya saja di Instagram.

Diikuti oleh banyak orang, meskipun kamu tidak benar-benar mengenalnya di kehidupan nyata, tapi pastinya kamu ingin feed Instagram terlihat keren dong.

17 Aplikasi Edit Foto PC dan Laptop Terbaik

Buat kamu yang masih pemula dalam hal mengedit foto dan mungkin sama sekali belum tahu aplikasi edit foto terbaik PC apa yang harus dipilih, kamu bisa cek daftar di bawah ini:

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Kamu bisa mengedit foto apapun dan dengan hasil seperti apapun yang kamu inginkan dengan Adobe Photoshop, mulai dari desain grafis hingga foto animasi dan foto yang terlihat seperti lukisan digital.

Kamu juga bisa menghapus objek dan background, warnai ulang, atau tambahkan percikan warna (splash color) untuk tampilan lebih artistik.

Dengan sederet alat pengeditan canggih dan fitur pintar berbasis AI, Adobe akan membantu kamu menciptakan efek magis dan membuat foto menjadi karya seni.

Kamu bisa download versi gratis 7 hari dari sini dan selanjutnya pertimbangkan untuk berlangganan Rp 200.000/bulan atau stop menggunakan.

2. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Lightroom adalah salah satu aplikasi edit foto PC ringan paling populer di dunia.

Jika menggunakan Lightroom, kamu bisa mempercepat alur kerja dengan membuat preset sendiri yang nantinya bisa kamu terapkan ke foto lain hanya dengan satu klik.

Misalnya begini, kamu telah berhasil mengedit 1 foto dengan menggunakan 7 tools, 5 filter, dan 5 fitur.

Jika kamu ingin mengedit foto lain dengan hasil yang sama persis, kamu hanya perlu klik 1 kali pada preset yang telah kamu simpan tadi. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengedit dengan tools/filter satu per satu.

Fitur keren lainnya adalah “Batch Processing“, yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan preset ke beberapa foto sekaligus, yang pastinya akan menghemat lebih banyak waktu lagi dong.

Lightroom juga dikemas dengan tools manajemen warna, masking warna, luminansi, koreksi perspektif, dan spot healing (penghilang titik-titik pada foto).

Ingin mencoba Lightroom? Klik di sini untuk download langsung ke PC, ya.

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator

Masih dari developer raksasa Adobe, Adobe Illustrator adalah perangkat lunak grafik vektor yang ketenarannya sejajar dengan dua saudaranya (Adobe Lightroom dan Adobe Photoshop).

Software berbasis AI ini sudah digunakan oleh jutaan perancang dan seniman untuk membuat berbagai karya seni, mulai dari grafik web dan seluler hingga ikon, logo, kemasan produk, poster, ilustrasi sampul buku dan majalah, dan banyak lagi.

Sedangkan untuk sekedar mengedit foto, ada banyak tools dan fitur yang bisa membantu kamu merubah warna asli foto, hapus dan ganti background, memotong foto, menambahkan efek khusus, tambahkan tulisan, atau berikan filter tertentu.

Kamu bisa download aplikasinya dari sini.

4. PhotoScape

PhotoScape

PhotoScape adalah perangkat lunak pengedit foto all-in-one yang memungkinkan kamu meningkatkan hasil foto menggunakan berbagai alat profesional namun intuitif.

Aplikasi ini dikemas dengan hal-hal penting untuk pengeditan foto yang mendalam, seperti mask, layer, dan alat manajemen warna.

PhotoScape juga menawarkan banyak alat retouching seperti brush spot healing, clone stamp, koreksi mata merah, dan hapus noda, yang semuanya sangat berguna untuk membuat potret diri kamu terlihat lebih sempurna di foto.

Dengan PhotoScape, kamu juga tidak akan kesulitan mengubah background foto, menghilangkan noise atau kabut, melakukan pewarnaan ulang, dan meluruskan gambar.

Selain itu, PhotoScape hadir dengan ratusan filter dan efek yang bisa membuat foto terlihat jauh lebih indah. Kamu bisa download aplikasinya ke PC atau laptop dengan klik di sini, ya.

5. Paintshop Pro

Paintshop Pro

Paintshop Pro adalah alternatif aplikasi edit background foto PC yang bagus selain Photoshop. Kamu bisa mengubah palet warna pada foto asli, tambahkan pola, gradien, dan tekstur baru.

Kamu juga bisa membuat tampilan foto lebih indah dalam bentuk kolase, berikan percikan warna, buat foto berlayer, berikan bingkai ke foto, atau buat desain baru, seperti kartu nama dan gambar untuk spanduk.

Jika kamu membutuhkan alat perbaikan cepat seperti crop, clone, straighten, remove red-eye, dan retouch, Paintshop Pro juga memilikinya.

Jika ingin tampilan foto yang bisa menarik perhatian, kamu bisa terapkan salah satu dari 100 filter dan efek yang ada.

Software ini dirancang dengan antarmuka yang ramah pengguna, sehingga kamu yang pemula pun bisa menavigasikan hampir semua fiturnya dengan cepat.

Sebelum memutuskan untuk berlangganan sekitar 800 ribuan per bulan, kamu bisa mencoba versi gratis terlebih dulu dengan download dari sini.

6. Artweaver

Artweaver

Jika ingin mengedit foto dengan cara yang lebih mudah daripada menggunakan Photoshop, Artweaver adalah salah satu yang terbaik untuk dicoba.

Aplikasi ini ringan, gratis, dan fokus utamanya adalah mengedit serta meningkatkan hasil foto. Kamu bisa coba menggunakannya dengan download dari sini.

Selain bisa digunakan untuk mengedit foto, Artweaver juga bisa kamu gunakan untuk membuat sketsa digital lho.

Untuk tujuan ini, Artweaver menyertakan berbagai macam alat dan filter dalam antarmuka yang ramah pengguna. Beberapa fitur utama ini adalah:

  • Dukungan untuk berbagai jenis brush.
  • Kemungkinan untuk mengkonfigurasi opsi berbeda untuk setiap brush atau bahkan untuk membuat brush baru.
  • Mendukung penggunaan layer dan transparansi.
  • Menyertakan alat dasar seperti gradien, seleksi, potong, putar, dll.
  • Mendukung sebagian besar format umum, seperti GIF, BMP, JPEG, PNG, TGA, PSD, dan TIFF.
  • Program Artweaver dapat disesuaikan melalui penggunaan plug-in.

7. GIMP

GIMP

GIMP adalah salah satu alat pengeditan foto paling populer untuk PC yang dapat kamu download secara gratis dari sini.

Terutama akhir-akhir ini, GIMP telah diperbarui dengan banyak fitur baru dan peningkatan fitur yang sudah ada.

Saat menggunakan GIMP, kamu mungkin akan merasa sedang menggunakan Photoshop.

Hal ini karena GIMP memiliki interface, fungsi, dan sederet tools yang menyerupai Photoshop tapi dalam versi lebih sederhana.

Tak jauh beda dengan aplikasi edit foto kebanyakan, GIMP dikemas dengan alat pengeditan dasar seperti untuk mengubah dan memotong foto dan alat untuk pekerjaan yang lebih kompleks, seperti layer, mask, blending mode, tools manajemen warna, alat retouching, blur, dan pertajam detail.

Tapi sayangnya, GIMP tidak mendukung profil warna CMYK, yang berarti GIMP bukan pilihan terbaik untuk foto yang akan dicetak.

Sebaliknya, GIMP adalah salah satu opsi terbaik untuk foto-foto yang akan dipamerkan secara digital.

8. PicturesToExe 9

PicturesToExe 9

PicturesToExe 9 adalah aplikasi edit foto jadi video, dengan cara mengubah beberapa foto menjadi animasi slideshow, dan hasil akhirnya bisa kamu download dalam bentuk file exe.

Versi terbaru dari PicturesToExe 9 hadir dengan fitur animasi dan sejumlah fitur hebat lain seperti:

  • Panel garis waktu yang dapat menampilkan semua bingkai utama untuk objek yang dipilih di beberapa trek.
  • Perubahan bisa dilakukan secara bersamaan ke beberapa objek di tab “Properti”.
  • Ada banyak pilihan frame dan efek transisi.
  • Tools untuk mengatur kecepatan (Smooth, Linear, Accelerate, Decelerate, dan custom).
  • Tools pengeditan dasar (Zoom, Pan, Rotate, Opacity, dll.).
  • Sesuaikan kontras, kecerahan, level, saturasi, dan rona untuk gambar atau video.
  • Ubah filter warna secara dinamis pada bingkai utama, atau campurkan beberapa filter warna untuk mendapatkan efek visual yang diinginkan.
  • Gaya slide bawaan yang cocok untuk kumpulan pernikahan, traveling, dan sejenisnya.

Buat kamu yang membutuhkan aplikasi semacam ini, silahkan langsung download versi gratisnya dari sini, ya. Sedangkan untuk upgrade atau berlangganan, kamu bisa klik di sini.

9. GIMPshop

GIMPshop

GIMPshop adalah modifikasi dari GIMP, yang dimaksudkan untuk mereplikasi nuansa Adobe Photoshop.

Adapun tujuan GIMPShop ini menjadikan pengguna Photoshop lebih merasa nyaman dalam mengedit foto.

GIMPshop menyesuaikan terminologi program agar sesuai dengan Adobe, dan dalam versi Windows menggunakan sebuah plugin bernama ‘Deweirdifier‘.

Plugin ini digunakan untuk meng-combine banyak jendela aplikasi, mirip dengan sistem MDI pada paket grafis Windows.

Intinya, GIMPshop memiliki semua fitur GIMP, menunya sangat mirip dengan Photoshop, dan menggunakan terminologi Photoshop.

Jika kamu adalah pengguna Photoshop yang sedang mempertimbangkan untuk beralih ke aplikasi edit foto pc gratis dan open source GIMP, GIMPshop adalah opsi yang bagus untuk dipertimbangkan.

Kamu bisa download dari sini.

10. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro

 

Aplikasi gratis lain yang bisa kamu coba adalah Photo Pos Pro, yang hadir dengan antarmuka sederhana untuk para pemula.

Photo Pos Pro mendukung format file RAW dan ada banyak pilihan filter serta efek, mulai dari black and white, film, klasik, hingga splash color.

Ada juga tools yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan bintik-bintik pada foto, menghaluskan foto, tambahkan teks, buat layer, dan tambahkan texture, gradients, atau pola.

Kamu bisa mencoba langsung kinerja dari Photo Pos Pro dengan mendownload aplikasinya dari situs ini.

11. CyberLink PhotoDirector

CyberLink PhotoDirector

Selain tersedia dalam bentuk aplikasi seluler yang bisa kamu download di Play Store dan App Store, CyberLink PhotoDirector juga bisa kamu install ke PC dengan mendownloadnya dari sini.

Program ini menawarkan antarmuka yang mulus dan sederet fitur berkemampuan hebat yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi GIF, memberikan efek glitch, hapus objek/orang di dalam foto, dll.

Ada juga tools yang bisa kamu gunakan untuk memoles wajah, menggambar dengan pena, efek blur, penandaan wajah, dan pelangsing tubuh.

PhotoDirector tersedia untuk Windows (7 SP1 dan lebih baru) dan MacOS (10.11 dan lebih baru). Kedua versi ini membutuhkan prosesor 64-bit dan minimal 4 GB RAM.

12. CorelDraw Graphics Suite

CorelDraw Graphics Suite

CorelDRAW adalah salah satu perangkat lunak desain grafis profesional yang telah merevolusi retouching gambar, melalui alat pengeditan foto berbasis lapisan yang unik dan teknologi vektor bitmap-to-trace.

Kamu bisa download CorelDRAW Graphics Suite ori dari sini.

Beberapa fitur yang telah ditingkatkan oleh pihak developer termasuk fitur retouch dengan hasil akhir yang menakjubkan, penghapusan ketidaksempurnaan, penyesuaian nada dan warna, koreksi perspektif, serta pengeditan HDR dari gambar RAW.

Fitur-fitur utama lainnya termasuk:

  • Pengeditan non-destruktif.
  • Koleksi efek, mask, dan lensa yang tak terhitung lagi jumlahnya.
  • Suite pengeditan foto yang komprehensif.
  • Toolkit ilustrasi vektor profesional (teknologi pelacakan bitmap-ke-vektor yang didukung AI).
  • Menghilangkan noise dari gambar JPEG.
  • Koreksi tingkat ahli dan peningkatan pada gambar RAW atau JPEG.
  • Fitur ganti warna, blend, mesh fill, patterns, gradients, dan banyak lagi.

13. Phase One Capture One Pro

Phase One Capture One Pro

Phase One Capture One Pro hadir dengan alat impor foto digital, konversi file kamera mentah, penyesuaian gambar, pengeditan lokal dan lapisan, serta beberapa fitur organisasi.

Perangkat lunak ini juga mendukung pemotretan langsung dan alat fokus dari aplikasi.

Capture One Pro bisa kamu gunakan untuk mengedit file dari hampir semua merek kamera, seperti Fujifilm, Sony, Nikon, dsb.

Kamu bisa download free trial dari sini, dan selanjutnya bisa memilih di antara berlangganan Rp 279.000 per bulan atau pembelian sekali untuk seumur hidup seharga Rp 4.190.000.

14. ACDSee Ultimate

ACDSee Ultimate

Mirip dengan Adobe, ACDSee telah ada sejak awal fotografi digital. Software ini tersedia secara gratis untuk kamu download dari situs web ini.

Meski tidak sepopuler Adobe, ACDSee telah berkembang selama bertahun-tahun dan kini dilengkapi dengan sejumlah alat dan fitur canggih, seperti:

  • Alat deteksi wajah dan pengenalan wajah.
  • Alat “Focus Stack” yang bisa menyelaraskan dan memadukan gambar secara otomatis.
  • Tambahkan teks sebagai lapisan, sesuaikan font, ukuran, warna, gaya, dan opacity.
  • Ubah ukuran kanvas untuk memperluas konten berlapis atau tambahkan latar belakang solid.
  • Kuas untuk white balance, vibrance, color overlay, saturation, brightness, hue, contrast, tone curves, dan banyak lagi.

15. Vintager 2

Vintager 2

Ingin membuat tampilan kuno, retro, atau vintage untuk foto yang akan kamu post ke media sosial seperti Instagram?

Maka kamu wajib mencoba Vintager 2 dengan download dari situs ini.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan modifikasi dasar, seperti mengubah ukuran, memotong, memutar gambar, menambahkan bingkai, atau menghapus elemen dari latar belakang. Fitur lainnya termasuk:

  • 32 efek berbeda.
  • Berbagai macam tekstur dan efek blur, ubah kecerahan, warna, pencahayaan, kontras, eksposur, dan saturasi.
  • Efek Polaroid yang cocok untuk foto yang akan dicetak.
  • Alat pembuat kolase dengan 5 foto berbeda.
  • Menerapkan banyak efek pada beberapa foto sekaligus.

16. Krita

Krita

Sepertinya tak banyak yang mengenal “Krita“, yang merupakan program gratis dan open source untuk mengedit foto yang terjangkau untuk semua orang.

Krita mencakup berbagai macam alat dan fitur, seperti Brush Presets, mask, layer, Color Selector, efek ilustrasi dan animasi, dll.

Buat kamu yang benar-benar masih pemula, Krita cocok banget nih untuk dicoba, karena hampir semua fitur dan tools di atas sangat mudah untuk dioperasikan.

Kamu bisa download Krita versi dekstop dari sini, ya. Informasi lebih detailnya juga bisa kamu cek dari situs tersebut.

17. Firealpaca

Firealpaca

Firealpaca adalah aplikasi edit foto PC bagi pemula yang 100% gratis untuk digunakan.

Aplikasi ini disukai oleh fotografer dari semua tingkat keahlian karena antarmukanya yang sederhana, sehingga memudahkan proses mengedit dan ada banyak fitur unik di dalamnya.

Ada pena, pensil, airbrush, dan cat air siap pakai dalam pengaturan default yang ramah pengguna.

Kamu juga dapat menyesuaikan ukuran dan warna pena kamu sendiri, lho. Kamu bisa download Firealpaca dengan klik di sini.

Baca Juga :

Inilah 11 Aplikasi Edit Foto Online Terbaik yang Wajib Dicoba!

Baik kamu seorang pengguna media sosial yang tahu betapa pentingnya memposting foto indah, atau kamu seorang fotografer profesional yang selalu membutuhkan sentuhan magic untuk mengubah foto klien, 17 aplikasi edit foto PC di atas adalah pilihan terbaik yang bisa kamu coba.

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *