Pras Curious person who passionate about tech and e-business

10 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik untuk Pemula!

7 min read

Aplikasi Edit Foto Android

Berbagai merk Android yang dilengkapi 2-4 kamera belakang dengan jumlah megapiksel yang besar, telah membuat trend fotografi smartphone berkembang cepat selama beberapa tahun ini. Tapi sebagus apapun kameranya, kamu tetap membutuhkan aplikasi edit foto Android untuk memberikan sentuhan istimewa.

Misalnya untuk menghilangkan objek yang tidak dibutuhkan, mengganti latar belakang, atau bahkan untuk memperhalus kulit wajah dan memolesnya dengan makeup.

Tapi, apa saja sih aplikasi edit foto paling rekomended untuk Android? Ini dia daftarnya:

10 Aplikasi Edit Foto di Android Terbaik

Memang benar bahwa sebagian besar smartphone sebenarnya sudah memiliki fitur edit foto paling dasar seperti crop dan efek atau filter.

Tapi jika kamu ingin membuat foto tampak lebih artistik, kamu membutuhkan aplikasi khusus seperti di bawah ini:

1. Lightroom

Lightroom ( Aplikasi Edit Foto Android )

Lightroom adalah aplikasi canggih yang bisa memperbaiki serta menyempurnakan foto apapun di perangkat Android kamu hanya dalam hitungan detik.

Aplikasi dari Adobe ini menawarkan sejumlah alat pengedit dasar dan lanjutan, bersama dengan tips berguna untuk membantu kamu menyelesaikan tugas mengedit dengan sempurna.

Tersedia sebagai aplikasi edit foto paling intuitif dalam daftar ini, Adobe Lightroom menawarkan masa uji coba gratis selama 7 hari sebelum kamu memutuskan untuk berhenti menggunakannya atau mengambil paket langganan bulanan seharga Rp 840.000.

Memiliki antarmuka yang ramping dan bersih membuat Lightroom sangat mudah dinavigasi bahkan untuk pemula.

Beberapa tools dasar yang ada di dalam Lightroom termasuk Brightness, Contrast, Color, Sharpen, Toning, dan Tone Curve.

Sedangkan tools lanjutannya terdiri dari Spot Gradient, Noise Reduction, Healing Brush, dan Clarity.

Aplikasi ini juga menyertakan tools lain seperti crop, rotate, dan straighten untuk membantu kamu mendapatkan bingkai yang diinginkan untuk foto.

Selain itu, fitur bernama “Batch edits function” memungkinkan kamu menerapkan perubahan yang kamu buat pada satu foto ke foto lain dengan sangat mudah. Kamu bisa download langsung Lightroom ke perangkat Android dengan klik di sini.

2. PicsArt

PicsArt ( Aplikasi Edit Foto Android )

PicsArt termasuk salah satu aplikasi paling populer di kalangan editor foto seluler dalam beberapa tahun terakhir, dan per 2021 ini sudah diinstall oleh lebih dari 500 juta orang.

Salah satu alasan kenapa PicsArt sangat hits adalah banyaknya pilihan filter dan fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto yang indah.

Contohnya adalah fitur kamera dalam aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto langsung dari dalam aplikasi dan mengeditnya secara instan.

Ada juga fitur “Share” untuk memposting langsung hasil foto kamu ke media sosial. Beberapa fitur menarik lainnya termasuk:

  • Alat pengedit dasar seperti flip, crop, dan rotate.
  • Koleksi puluhan stiker, clipart, dan border.
  • Tools pembuat kolase dan pembuat tulisan.
  • Tools pembuat GIF animasi.
  • Brush untuk efek khusus di beberapa titik saja (jadi bukan ke seluruh bagian foto).
  • Puluhan efek keren berbasis AI (kecerdasan buatan).
  • Fitur double exposure untuk menggabungkan dua foto atau lebih dalam satu frame, dan tingkat transparansinya bisa kamu ubah sendiri sesuai sendiri.

Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store tapi dengan beberapa pembelian dalam aplikasi, yaitu dengan harga mulai dari Rp 3.000 – Rp 1.703.558 per item.

Satu-satunya sisi negatif dari aplikasi ini adalah kamu akan melihat beberapa iklan selama proses pengeditan berlangsung.

3. Pixlr

Pixlr ( Aplikasi Edit Foto Android )

Pixlr adalah aplikasi pengedit foto gratis yang memiliki ratusan opsi filter, efek, dan overlay.

Tools pengeditan umum seperti crop, rotate, flip, brightness, dan kontras bisa kamu temukan di dalam aplikasi ini. Penyesuaian lain yang sama pentingnya termasuk Splash, Vibrance, Red-eye, Healing, Focal, dan Blur.

Kamu juga bisa membuat kolase dengan menggabungkan hingga 25 foto lho, dengan opsi background, tata letak, dan jarak yang bisa kamu sesuaikan sendiri.

Jika ingin menyeimbangkan warna pada foto dengan cara mudah, kamu tinggal klik saja fitur bernama “Auto-fix“.

Sedangkan untuk menerapkan opsi gaya yang berbeda ke foto, kamu bisa menggunakan efek Dapple, Pencil Sketch, Halftone, Poster, Cross, Watercolor, Bokeh, Flame, Grunge, Light Paint, Neon, Retro Poster, Smoke, Tie Dye, Vignette, dan banyak lagi.

Setiap efek dilengkapi dengan pengaturan lanjutan yang memungkinkan kamu mengatur ketajaman dan transparansi sendiri.

Puluhan efek lainnya bisa kamu cek sendiri setelah mendownload aplikasinya dari Google Play Store, ya.

4. PicSay

PicSay ( Aplikasi Edit Foto Android )

PicSay adalah aplikasi pengedit foto dengan konsep “Fun and Full Color“.

Hal ini terlihat dari banyaknya pilihan stiker dan clip-art lucu warna-warni di dalam aplikasi. Koleksi gaya font dari PicSay juga lebih unik dan berwarna dibanding beberapa aplikasi pengedit foto lainnya.

Sepertinya developer dari PicSay, yaitu Shinycore, mengembangkan aplikasi ini untuk kalangan remaja, ya. Tapi orang dewasa juga boleh menggunakannya, kok.

Hasilkan foto indah dengan koreksi warna otomatis, tambahkan grafik dan efek, serta atur kontras, saturasi, dan kecerahan foto.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai sign, simbol, dan border ke foto kamu, dan bahkan menggambar bentuk tertentu menggunakan ujung jari.

Berkat alat seperti ini, kamu bisa memberikan sentuhan pribadi ke dalam foto dan proses editing menjadi lebih menyenangkan.

Selanjutnya kamu bisa dengan cepat membagikan hasil foto yang sudah diedit kepada teman-teman kamu menggunakan WhatsApp, Facebook, Instagram, atau aplikasi pengirim pesan lainnya.

Kamu bisa mendownload dan menggunakan PicSay secara gratis sepenuhnya, karena tidak ada opsi pembelian produk di dalam aplikasi.

Jika tertarik untuk mencoba, kamu bisa langsung klik di sini untuk download PicSay ke perangkat Android.

5. Snapseed

Snapseed ( Aplikasi Edit Foto Android )

Snapseed adalah aplikasi edit foto di Android yang dikembangkan langsung oleh Google LLC.

Aplikasi ini tampil dengan jumlah filter yang lumayan dan bisa digunakan oleh editor pemula hingga semi-pro. Snapseed tersedia gratis di Play Store dan yang paling menarik adalah tidak ada iklan dalam aplikasi.

Aplikasi ini dirancang dengan UI (User Interface) yang sangat ramah pengguna, sehingga hampir semua fitur dan tools di dalamnya mudah digunakan.

Ada lebih dari 25+ filter dan fitur yang dimiliki oleh Snapseed, termasuk Vignette, Add Teks, Lens Blur, Tonal Contrast, Glamour Glow, HDR Scape, Grunge, Vintage, Retrolux, dan Noir. Ada juga tools dan fitur lain seperti:

  • Tools kuas bisa kamu gunakan untuk mengedit bagian tertentu saja dari foto.
  • Seluruh fitur dan filter yang kamu terapkan pada foto yang baru selesai di edit bisa kamu simpan untuk diterapkan otomatis ke foto selanjutnya yang akan di edit.
  • Kamu bisa sesuaikan warna dan eksposur foto secara manual atau otomatis.
  • Potong foto sesuai dengan keinginan atau ukuran standar dengan “Crop”.
  • Luruskan foto sesuai bias horizon atau putar hingga 90 derajat dengan “Rotate”.
  • Sempurnakan geometri horizon atau perbaiki garis bias dengan tombol “Perspektif”.
  • Hapus orang atau bagian tertentu di dalam foto dengan “Healing”.

Setelah proses editing selesai, kamu bisa ekspor file dengan sangat mudah untuk menyimpannya langsung ke perangkat Android kamu, atau bisa kamu pamerkan ke teman-teman di media sosial dengan klik tombol “Share“.

6. VSCO

VSCO ( Aplikasi Edit Foto Android )

Memiliki kepopuleran yang setara dengan Snapseed, VSCO adalah aplikasi pengedit foto dan video yang bisa digunakan di Android dan iOS.

Aplikasi berukuran 84 MB ini memiliki lebih dari 100 filter keren untuk menyempurnakan foto kamu secara instan, seperti black and white, pudar, klasik, vintage, dan banyak lagi.

VSCO juga memiliki beragam alat pengeditan foto dasar untuk menyempurnakan warna, kecerahan, dan ketajaman, yang juga dibekali dengan alat penyesuaian untuk memotong, meluruskan, dan mengoreksi masalah perspektif pada foto kamu.

Misalnya “Exposure” yang memungkinkan kamu mengubah kecerahan foto.

Geser ke kiri untuk membuat foto lebih gelap, dan geser ke kanan untuk membuatnya lebih cerah.

Ada juga “Kontras” yang berguna untuk menyesuaikan jumlah kontras antara area terang dan gelap, yang akhirnya menciptakan gambar lebih dramatis.

Jika kamu ingin membuat detail di foto tampak lebih tajam dan lebih jelas, kamu bisa menggunakan alat bernama “Sharpen”.

Tapi hati-hati menggunakannya ya, karena ketajaman yang terlalu tinggi justru bisa menurunkan kualitas foto kamu dan membuatnya tampak sedikit berbintik.

Alasan mengapa VSCO masuk ke dalam daftar aplikasi edit foto terbaik Android adalah adanya tools profesional seperti Split Tones dan HSL. VSCO juga menawarkan kamu tombol share foto ke platform media sosial untuk memamerkan bakat mengedit kamu.

Kamu bisa download VSCO dari Google Play Store dan nikmati free trial selama 7 hari.

Setelahnya kamu bisa memilih untuk berlangganan tahunan seharga Rp 389.000, atau hanya melakukan pembelian produk tertentu dalam aplikasi seharga Rp 4.000 – Rp 279.900 per item.

7. Photo Lab

Photo Lab ( Aplikasi Edit Foto Android )

Hadir dengan UI yang simpel namun intuitif, Photo Lab sangat cocok digunakan oleh kamu yang pemula namun hobi upload foto ke media sosial.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Linerock Investments LTD ini memiliki 900+ efek yang bisa memberikan sentuhan unik pada foto kamu.

Beberapa opsi efek ini termasuk foto bergaya animasi, black and white, oil painting, neon glow, efek ilusi, dan banyak lagi. Dua fitur khusus lainnya adalah:

  • 50+ gaya preset yang bisa disimpan dan diterapkan langsung ke foto hanya dengan satu sentuhan.
  • Fitur deteksi wajah canggih yang bisa digunakan untuk montase foto wajah.

Aplikasi yang tersedia di Google Play ini juga hadir dengan alat pengedit dasar yang bisa kamu gunakan untuk memutar, membalikkan, memotong, dan mengatur ketajaman serta pencahayaan foto.

Jika proses pengeditan telah selesai, kamu memiliki opsi untuk menyimpan kreasi kamu ke galeri dan kirimkan ke orang tertentu via Whatsapp atau bagikan ke teman-teman online di Twitter, Facebook, dan Instagram.

Photo Lab tersedia dalam dua versi, yaitu versi free gratis yang menampilkan iklan dan watermark, serta versi premium bulanan seharga Rp 349.000.

8. Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor ( Aplikasi Edit Foto Android )

Telah diinstall oleh lebih dari 50 juta orang membuat Prisma Photo Editor layak mendapat julukan sebagai salah satu aplikasi edit foto Android terbaik tahun ini.

Prisma Labs, Inc. mengemas aplikasi Prisma Photo Editor dengan lebih dari 300 gaya seni unik yang bisa kamu pilih untuk melepaskan kreativitas kamu dalam hal mengedit foto.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan filter seni baru hampir setiap minggu lho, yang berarti kamu akan selalu update dengan filter kekinian.

Salah satu filter paling favorit dari Prisma adalah bisa mengubah foto menjadi lukisan.

Setelah memilih filter seni lukis terbaik menurut kamu, selanjutnya kamu bisa atur sendiri ketajaman, pencahayaan, kontras, dan kecerahan foto agar hasil edit lebih maksimal. Prisma Photo Editor merupakan aplikasi pengeditan foto yang sangat lengkap dan sangat mudah digunakan.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat menerapkan banyak perubahan pada foto tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Penasaran seperti apa hasilnya?

Maka kamu bisa download aplikasinya dari sini dan langsung saja pilih salah satu foto dari galeri hape kamu untuk di-edit.

9. Photo Editor Pro

Photo Editor Pro ( Aplikasi Edit Foto Android )

Photo Editor Pro adalah aplikasi lain untuk mengedit foto yang dapat digunakan oleh pengguna Android.

Kamu bisa mendapatkannya secara gratis di Play Store dengan klik di sini.

Selain tools pengeditan dasar seperti crop, flip, dan rotate, aplikasi ini juga memiliki beberapa tools yang sedang trend saat ini seperti:

  • Glitch effect
  • Sketch effect
  • Abstract
  • Efek tubuh lebih langsing atau tinggi
  • Tools penambah tato serta stiker lucu berbagai tema

Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan teks custom lho, yang warna, ukuran, jenis font, dan transparansinya bisa kamu atur sendiri sesuai preferensi.

Begitu pula dengan tingkat kontras, shadow, kecerahan, dan highlight dari setiap foto yang kamu edit bisa kamu atur sendiri.

Jika ingin membuat kolase foto, aplikasi ini juga bisa melakukannya, kok.

Sedangkan untuk tools lanjutan seperti luminance, hue, dan saturation hanya bisa kamu gunakan setelah upgrade akun ke versi Premium seharga Rp 229.000/bulan.

Keuntungan lain dari menggunakan versi Premium adalah kamu tidak akan melihat iklan dan watermark seperti pada versi free. Tersedia juga pembelian produk dalam aplikasi dengan harga mulai dari Rp 13.000/item.

10. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express ( Aplikasi Edit Foto Android )

Hadir dengan antarmuka yang sederhana dan minimalis, Adobe Photoshop Express adalah aplikasi edit foto yang mudah digunakan sehingga bisa mempersingkat proses mengedit.

Aplikasi berukuran 71MB ini memiliki sejumlah fitur dasar seperti crop, rotate, flip (balikkan), dan straighten (luruskan) foto.

Ada juga koleksi bingkai yang bisa kamu tambahkan ke dalam foto, aktifkan fitur perbaikan otomatis, gunakan salah satu dari 80 filter yang ada, ubah nada warna, atau gabungkan beberapa foto dengan fitur “Rendering”.

Jika hasil foto kamu miring, kamu bisa menggunakan fitur bernama “Koreksi Perspektif“, dan jika ada bintik-bintik hitam pada foto kamu (biasanya karena foto diambil saat kekurangan cahaya, misalnya malam hari), maka kamu bisa gunakan fitur “Noise“.

Beberapa fitur lainnya termasuk:

  • Fitur pembuat kolase foto.
  • Fitur print untuk mencetak foto langsung dari aplikasi.
  • Mempertajam detail foto.
  • Dua efek buram (buram penuh dan buram radial).
  • Koleksi meme dan stiker berbagai tema.
  • Border berbagai gaya dan beragam font dalam banyak warna berbeda. Font bisa kamu atur sendiri sesuai keinginan dengan memperbesar atau memperkecil ukurannya, geser, putar, atau atur opacity-nya.
  • Pengaturan eksposur, kontras, dan white balance.

Beberapa fitur ada yang bisa kamu gunakan gratis dan beberapa yang lain hanya bisa digunakan setelah kamu melakukan pembelian dalam aplikasi.

Harga per item sekitar Rp 36.500 – Rp 499.000. Tapi jangan khawatir, untuk aplikasinya sendiri bisa kamu download secara gratis, kok.

Jika kamu ingin langsung memposting foto ke media sosial, ada juga lho fitur “Share” untuk membagikan file ke Instagram, Twitter, dan Facebook.

Buat kamu yang sudah penasaran dengan kehebatan Adobe Photoshop Express, bisa langsung download aplikasinya dari sini, ya.

Baca Juga :

Inilah 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Smartphone !

Dengan banyaknya aplikasi edit foto Android seperti pada daftar di atas, kini kamu bisa mengubah foto apapun menjadi mahakarya artistik yang indah. Pilihan aplikasi terbaik adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, ya.

Pras Curious person who passionate about tech and e-business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *