Beranda » Aplikasi » 15 Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021, Paling Ampuh !

15 Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021, Paling Ampuh !

Namanya juga smartphone, pasti punya banyak kesanggupan dan kemampuan. Sayangnya, sepintar apapun smartphone Android kamu, dia nggak ada apa-apanya di hadapan virus. Jadi, kamu perlu memasang antivirus Android yang mampu melindungi smartphonemu dari marabahaya virus.

Di Google Play Store ada banyak banget pilihan antivirus yang berusaha meyakinkanmu kalau mereka adalah antivirus terbaik Android yang harus kamu download.

Tapi sebelum download, coba temukan salah satu aplikasi di bawah ini yang sudah dinobatkan sebagai antivirus terbaik khusus buat Android:

15 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android

Kenapa 15 aplikasi di bawah ini bisa masuk ke jajaran aplikasi antivirus paling direkomendasikan buat smartphone Android?

Karena mereka nggak makan banyak ROM dan RAM smartphone kamu. Beberapa juga bahkan sangat ringan. Yuk, langsung cek saja semua aplikasinya!

1. Safe Security

Safe Security

Data di Google Play Store menunjukkan kalau app ini sudah diunduh oleh 16 juta lebih pengguna smartphone.

Safe Security menyediakan banyak fitur buat smartphone Android, termasuk speed booster serta cleaner lacking untuk mengusir berbagai junk files dan caches.

KelebihanKekurangan
Membawa fitur smart battery saver untuk menghemat baterai Android.Fitur penguncian aplikasi kadang nggak berfungsi sebagaimana mestinya.
Mampu membersihkan junk files dan cache hingga tuntas.
Gratis dan praktis untuk digunakan bahkan oleh pemula.

Safe Security berukuran 26 MB dan dirancang buat smartphone dengan versi Android 4.1 ke atas.

Untuk mengunduh aplikasi antivirus Safe Security, kamu tinggal masuk ke Google Play Store atau mengklik link download ini:

2. AVG AntiVirus

AVG AntiVirus

Selain dirancang buat smartphone, AVG juga bisa diunduh dan dijalankan di PC.

Kalau kamu mencari antivirus yang gratis tapi terpercaya dalam mengamankan smartphone dan menghindarkan virus, AVG jawabannya. Pengguna AVG tercatat sudah melebihi angka 100 juta. Jadi, jangan remehkan app ini.

KelebihanKekurangan
Menyediakan perlindungan terhadap virus secara realtime.Dalam beberapa kasus mampu mendeteksi virus, tapi tidak bisa menghapus virus tersebut.
Mempunyai fitur yang sangat lengkap seperti app lock, anti-theft, dan lain sebagainya.
Menawarkan user interface yang nyaman untuk digunakan.

Kalau kamu masih penasaran bagaimana wujud asli dari aplikasi antivirus yang sudah banyak digunakan di seluruh dunia ini, langsung download saja aplikasi antivirus Android lewat link download berikut:

Sebelum mendownload app ini pastikan smartphone Androidmu memenuhi syarat ya, karena AVG Antivirus dirancang buat smartphone dengan versi Android minimal 5.0.

3. Avast Antivirus

Avast Antivirus

Aneh rasanya kalau Avast sampai nggak masuk ke deretan rekomendasi antivirus Android, pasalnya app ini sudah banyak dipakai dan dikenal luas di berbagai belahan bumi.

Avast dikenal sebagai antivirus terpercaya untuk PC, jadi wajar saja kalau banyak orang percaya app ini juga efektif buat smartphone.

KelebihanKekurangan
Menawarkan proteksi terhadap virus secara realtime.Adanya masalah crash di beberapa jenis smartphone Android.
Mengamankan jaringan WiFiPemindaian otomatis dan notifikasi muncul terlambat.
Menghadirkan fitur yang lengkap dan berguna.

Avast Software sudah mengunggah versi terbaru Avast Antivirus ke Google Play Store pada 18 Februari 2021.

Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone dengan versi Android 5.0 atau versi yang lebih tinggi. Klik link ini untuk mengunduh Avast Antivirus di smartphone Androidmu:

4. Avira Antivirus

Avira Antivirus

Avira adalah software antivirus khusus yang sanggup melindungi semua data pribadi yang ada di smartphone Androidmu.

Semua info penting yang kamu simpan termasuk kontak, foto, nomor kartu kredit, dan email bisa terlindung dengan dengan aman berkat Avira. Apa saja keunggulan app ini?

KelebihanKekurangan
Menawarkan fitur anti-theft yang bisa mencegah pencurian data.Ada sedikit masalah pada bagian device administration.
Menyediakan daftar blacklist untuk memblokir kontak yang nggak kamu kenal.
Mempunyai dukungan banyak bahasa.

Kalau ada virus yang menghilangkan beberapa data kamu, Avira bisa membantu melacak keberadaan file yang hilang tersebut.

Soalnya, virus biasanya menyerang smartphone Android dan mencecerkan data ke folder-folder lain. Untuk mendapatkan app ini kamu tinggal klik link berikut ini:

Sayangnya, Avira hanya bisa dipasang di versi Android 6.0 atau versi di atasnya. Kalau Androidmu lebih rendah, kamu perlu mencari antivirus lain.

5. DFNDR Security

DFNDR Security

App ini punya nama lengkap DFNDR Security: Antivirus, Anti-Hacking & Cleaner. Dari namanya saja sudah jelas aplikasi ini menyuguhkan fitur yang lengkap dan mumpuni.

Salah satu kemampuan app ini adalah mendeteksi upaya hacking dan kemungkinan adanya serangan malware. Apa lagi kemampuannya?

KelebihanKekurangan
Adanya fitur alert untuk memberitahu pengguna smartphone setiap ada upaya penyusupan.Versi gratis hanya membawa sebagian fitur sedangkan fitur lain mengharuskan upgrade.
Mampu menjaga credentials, sehingga tidak dimanfaatkan oleh tangan-tangan jahat.
Menyediakan perlindungan terhadap pencuri-pencuri Wi-Fi.

DFNDR disediakan untuk smartphone Android dengan spek minimal 5.0.

Kalau kamu yakin app ini jawaban dari semua permasalahan smartphonemu dan gadget Android kamu memenuhi persyaratan minimal, kamu bisa download DFNDR Security langsung dari link ini:

6. Kaspersky

Kaspersky

Nggak cuma buat smartphone Android saja, Kaspersky juga bisa dipasang di PC dan perangkat iOS milikmu.

Selain mendeteksi adanya virus di smartphone, Kaspersky juga sanggup melacak dan mengetahui dimana sebenarnya virus tersebut bersembunyi. Canggih, kan?

KelebihanKekurangan
Perlindungan terhadap virus secara realtime yang berlangsung di background.Nggak support di beberapa aplikasi pencarian atau browser.
Fitur yang komplit dan bermanfaat seperti app lock dan anti-theft.
Adanya web protect yang menjalankan keamanan saat kamu melakukan browsing.

Kaspersky Mobile Antivirus: AppLock & Web Security mendapatkan update terbaru dari Kaspersky Lab Switzerland pada tanggal 1 Maret 2021 kemarin.

Salah satu antivirus Android terbaik ini bisa dipasang di smartphone dengan versi Android minimal 4.2. Download app yang ringan ini langsung lewat link berikut:

7. Lookout

Lookout

Kalau kamu lagi nyari antivirus yang nggak cuma menawarkan perlindungan dan keamanan, tapi juga kemudahan dalam penggunaannya, kamu butuh Lookout.

Lookout menyediakan fitur yang akan memindai terus menerus untuk menjaga smartphone terhindar dari virus apapun yang membahayakan.

KelebihanKekurangan
Adanya fitur find my phone untuk mendeteksi lokasi smartphone Android yang hilang.Banyak fitur bisa diakses setelah kamu upgrade Lookout ke versi berbayar atau premium.
Perlindungan terhadap data pribadi, privasi, dan gadget Android.
Berbagai macam fitur lain yang sangat berguna.

Aplikasi antivirus ini juga sudah mendapatkan update terbaru pada 20 Januari 2021 yang lalu.

Dengan ukuran yang cuma 14 MB saja, antivirus ini sudah mampu menyediakan perlindungan dan keamanan yang dibutuhkan smartphone Androidmu.

Untuk mendapatkan app ini, smartphonemu harus sudah dilengkapi dengan versi Android 5.0 ke atas. Ini dia link download buat Lookout antivirus:

8. Norton Mobile Security

Norton Mobile Security

Kadang malware menyerang waktu kamu menjelajahi dunia maya. Tapi tenang saja, serahkan masalah ini ke Norton Mobile Security yang mampu memberikan perlindungan secara real time dan menjaga semua data pribadimu.

Norton juga akan memberitahumu kalau ada app yang menghabiskan baterai HPmu.

KelebihanKekurangan
Melindungi smartphone Android dari virus secara realtime.Hadir beserta iklan yang lumayan mengganggu kenyamanan pengguna.
Mengunci smartphone jika kartu SIMnya dicabut.
Dilengkapi dengan fitur lost phone dan anti-theft.

Kalau privasi adalah prioritas utamamu, kamu butuh Norton di smartphone Androidmu.

App ini bahkan mampu memblokir aplikasi yang nakal semacam fintech yang akan semena-mena mengambil kontak pribadi dan menggunakannya tanpa persetujuanmu.

Untuk mengunduh app ini kamu wajib punya smartphone yang versi Androidnya minimal 6.0. Klik link ini untuk mengunduh Norton 360:

9. ESET Mobile Security & Antivirus

ESET Mobile Security & Antivirus

Menghapus virus yang sudah terlanjur menyerang smartphone dan mencegah datangnya virus baru adalah keunggulan utama ESET.

App ini juga bisa mengunci smartphone kamu dan melakukan scanning untuk mencari malware tersembunyi. ESET tersedia gratis jadi kamu nggak perlu bimbang memakainya.

KelebihanKekurangan
Menawarkan proteksi terhadap virus secara real timeProses pemindaian yang cukup berat dan membebani smartphone.
Menyediakan user interface yang ringan dan mudah untuk dipahami.
Membawa fitur yang beragam dan lengkap.

ESET Mobile Security & Antivirus bisa diunduh dari link di bawah ini. Setelah mendapatkan update dari developernya pada 5 Februari 2021 lalu, app berukuran 26 MB ini diharapkan bisa berfungsi dengan lebih optimal.

Bagi pengguna smartphone Android dengan versi 4.1, app ini bisa jadi pilihan utama.

Link download:

10. Web Security Space

Web Security Space

Nggak seperti antivirus lain yang kamu baca sebelumnya, Dr. Web Security Space menyediakan aplikasi antivirus gratis cuma selama 2 minggu saja atau 14 hari masa trial.

Setelah masa trialnya habis kamu perlu berlangganan dengan biaya yang lumayan yaitu 9.99 dolar per tahunnya.

KelebihanKekurangan
Tidak membebani smartphone Android secara berlebihan.Masa trial yang terlalu singkat dan biaya berlangganan yang terlalu mahal bagi sebagian orang.
Mengkonsumsi hanya sedikit daya baterai smartphone Android.
Menghadirkan widget yang informatif dan mudah digunakan di layar smartphone Androidmu.

Ada satu cara untuk mendapatkan Dr. Web Security Space dengan gratis di smartphone Androidmu, yaitu dengan membeli versi PCnya.

Kalau kamu cuma penasaran sama versi gratis trialnya, kamu bisa pasang antivirus Android ini di smartphone yang versi Androidnya minimal 4.4. Download aplikasinya di sini:

11. TotalAV Antivirus

TotalAV Antivirus

App ini punya nama asli TotalAV Antivirus & VPN-Total Mobile Security 2021. Jadi, dia nggak cuma antivirus HP terbaik, tapi juga penyedia VPN buat Android.

Selain menyediakan perlindungan dari virus, TotalAV juga mempu meningkatkan performa smartphone Android dengan cara mengosongkan ROM.

KelebihanKekurangan
Hadir dengan fitur optimasi unggulan seperti browser bawaan aman, VPN, serta penguncian app.Biaya berlangganan untuk mendapatkan upgrade fitur lumayan mahal.
Mampu menghapus file yang tidak berguna untuk menjaga performa Android tetap tinggi.
Bisa didownload secara gratis.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendownload TotalAV, pastikan tersedia cukup ruang di HP karena ukuran app ini lumayan besar, yaitu 59 MB.

Versi Android yang diwajibkan untuk mengunduh aplikasi ini adalah 5.0 ke atas. Download TotalAV Antivirus dari link berikut ini:

12. Bitdefender

Bitdefender

Bitdefender juga merupakan app antivirus yang menyediakan versi PC dan seluler.

Khusus versi Androidnya, bahkan pernah menggaet gelar aplikasi terbaik versi AV-Test tahun 2015 dan tahun 2016.

Kalau cuma perkara mengamankan smartphone sih nggak usah ragu lagi sama kemampuan Bitdefender.

KelebihanKekurangan
Proteksi terhadap virus secara realtime.
Pengaturan aplikasi yang mudah.
Pemindaian aplikasi secara otomatis tanpa membebani smartphone Android.

Ukuran Bitdefender cuma 9,9 MB saja, bagaimana nggak ringan coba. Kamu juga nggak usah repot mikirin biaya langganan karena app ini tersedia gratis.

Kamu cuma perlu memastikan kalau smartphone kamu punya versi Android setidaknya 5.0 atau lebih tinggi. Unduh appnya lewat link ini:

13. Malwarebytes Security

Malwarebytes Security

Malwarebytes Security: Virus Cleaner, Anti-Malware menjanjikan perlindungan yang bisa dipercaya secara gratis tapi cuma untuk 30 hari saja.

Setelah masa trialnya, app ini hanya akan mendeteksi virus lalu membersihkannya tanpa bisa mencegah datangnya virus yang baru akan menjangkiti smartphone kamu.

KelebihanKekurangan
Menjalankan audit privasi ke seluruh aplikasi yang kamu pasang di smartphone Android.Fitur khusus untuk mendeteksi ransomware sebelum virus itu membahayakan smartphone hanya tersedia untuk versi premium.
Mencari malware dan adware ke semua aplikasi dan data yang ada di smartphone mu.
Biaya upgrade yang relatif lebih murah dibandingkan dengan aplikasi antivirus lain.

Malwarebytes Security dibuat khusus untuk Android dengan versi 6.0 ke atas.

Kalau versi Android kamu memenuhi syarat kamu bisa download Malwarebytes Security lewat link ini:

14. V3 Mobile Security

V3 Mobile Security

Virus bisa bikin smartphone Androidmu jadi lemot. Jangan sampai antivirus yang kamu download juga bikin tambah lemot.

V3 Mobile Security adalah pilihan terbaik karena dia nggak akan menyedot daya CPU smartphonemu sebanyak aplikasi lain. App ini juga nggak bakal menguras baterai smartphone.

KelebihanKekurangan
Menyediakan pemindaian yang benar-benar mudah.Masih belum mampu bekerja sama dengan fitur biometrik di beberapa smartphone Android.
Hadir dengan fitur optimasi untuk membuat smartphone kamu menjadi lebih segar.
Mempunyai filter anti sinar biru yang membuatmu makin betah berlama-lama memainkan smartphone.

Aplikasi antivirus berukuran 30 MB ini tersedia untuk smartphone Android versi 6.0 ke atas. Kamu bisa download versi gratisnya dulu lewat link di bawah.

Kalau dirasa cocok kamu bisa upgrade ke versi berbayar dengan harga yang luar biasa murah, yaitu sekitar Rp 14.000 sampai Rp 18.000 saja per itemnya.

15. SAFE Internet Security: F-Secure Corporation

SAFE Internet Security F Secure Corporation

Rekomendasi antivirus Android terakhir hadir dengan banyak fitur yang mampu menjaga smartphonemu dari malware.

App ini juga menyediakan fitur phone finder dan parental control. Ada juga berbagai kelebihan lain yang ditawarkannya.

KelebihanKekurangan
Menawarkan antarmuka yang sangat mudah digunakan oleh para pengguna smartphone.Harga langganan yang mahal untuk versi berbayarnya.
Mampu mengenali aplikasi yang mengakses informasi pribadimu, sehingga kamu bisa punya kontrol lebih atas privasi kamu sendiri.
Menyediakan safe browser untuk mendukung proses selancar di dunia maya menjadi jauh lebih aman.

Ukuran app ini cuma 10 MB, jadi kamu nggak perlu khawatir smartphone Android kamu akan terbebani oleh SAFE Internet Security & Mobile Antivirus.

Smartphone dengan versi Android minimal 5.0 bisa mendapatkan SAFE Internet Security lewat link berikut:

Baca Juga :

Rekomendasi 11 Aplikasi Antivirus Terbaik 2021

Virus zaman sekarang sudah semakin canggih dan nggak bisa dipandang remeh. Antivirus yang terpasang di smartphone kamu pun harus sama canggihnya atau bahkan lebih canggih dari virus yang ada.

Pastikan kamu download app antivirus dari sumber terpercaya di atas, ya.

Leave a Comment